do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 30 November 2009

proses pembuatan es krim

Bahan Utama Yang Diperlukan :
1. 475 ml cream/kepala susu
2. 125 ml Susu cair (atau bisa juga santan kelapa)
3. 4 butir telur
4. 100 ml gula (lebih bagus lagi kalau gula halus)
5. 1 sendok teh vanilli
Rasa yang akan kita coba dalam resep es krim kali ini adalah dengan menggunakan alpukat jadi siapkan paling sedikit 1 buah alpukat, dan tidak menjadi masalah jika anda ingin mencobanya dengan rasa yang lain.
Alat Yang Diperlukan
1. blender
2. lemari es (kulkas n freezer)
3. panci kecil
4. wadah es krim
5. kompor
Berikut Cara Pembuatan
Adonan 1
Apokat diblender, kemudian ditaruh ke dalam panci. Masukkan cream dan susu/santan. Seluruhnya dipanaskan pelan-pelan sambil terus diaduk. Jika sudah panas (gelembung udara mulai naik), panci diturunkan.
Adonan 2
Telur (kuning+putihnya), gula, dan vanili diblender (dikocok). Lalu dituangkan ke dalam panci berisi adonan 1.
Catatan : Krim / Kepala susu  adalah bagian dari susu yang kental yang lebih dikenal dengan kepala susu dan mengandung lemak sekitar 18%-48%. Untuk krim dengan kandungan lemak tinggi diatas 30% bila dikocok menjadi kaku seperti es krim dengan cita rasa gurih. Biasanya krim dipakai untuk memperkaya rasa gurih pada masakan, beragam cake, minuman dan dessert. Baik sebagai campuran, olesan, maupun topping dan hiasan. Biasanya di jual di supermarket seperti carefour ada koq…bisa merk Anchor Cream cari di bagian keju (tempat yg ada kulkasnya)
Semuanya kemudian dipanaskan lagi, sambil diaduk terus hingga mengental. Setelah kental, dituangkan ke dalam wadah es krim (rantang atau sejenisnya) ditaruh ke dalam kulkas selama 3-4 jam. Setelah itu dipindahkan ke dalam freezer, setiap 1 jam diaduk, supaya tidak terjadi pengkristalan es. Setelah 3-4 kali pengadukan ( = 3..4 jam) menurut pengalaman tidak perlu lagi diaduk. Jika es krim yang jadi terlalu keras/liat, sebaiknya 10 menit dikeluarkan sebelum disajikan.
Sangat klop bila di hidangkan dengan kue kering atau sejenisnya. seperti biasanya untuk konsumsinya jelas ngga baik bila terlalu berlebihan apalagi yang sedang rutin melakukan tips mengecilkan perut , karena lemak yang berlebihan bisa mengagalkan itu semua, Ok deh langsung take action aja dah buat yang ga sabar mempraktekkan cara membuat es krim di atas.

Minggu, 29 November 2009

cara pembuatan pupuk kompas

Kompos merupakan hasil fermentasi atau dekomposisi dari bahan-bahan organik seperti tanaman, hewan, atau limbah organik lainnya. Kompos yang digunakan sebagai pupuk disebut pupuk organik karena penyusunnya terdiri dari bahan-bahan organik.

Berikut ini adalah proses pembuatan kompos dengan menggunakan cara yang praktis:


Bahan yang diperlukan:

Bahan organik sisa-sisa pertanian, misal: jerami, tongkol batang jagung, rumput dan kotoran ternak yang telah dibasahi.


Cara membuat kompos:
  1. Potong-potong bahan organik diatas (kecuali kotoran ternak) sehingga berukuran kecil
  2. Setelah itu, tumpuk dan taruh rumput di bagian atas. Buat tumpukan setebal 15 cm
  3. Taruh kotoran ternak yang telah dibasahi pada bagian paling atas tumpukan
  4. Lakukan menggunakan cara yang sama sampai semua bahan habis.
  5. Tumpuk semuanya sampai mencapai ketinggian maksimal 1,2 m
  6. Jaga kelembaban dalam tumpukan bahan agar tetap lembab dan tidak becek
  7. Apabila pengomposan berlangsung baik, pada minggu ke 3-4 akan terjadi kenaikan suhu. Gunakan tongkat kayu untuk mengetahui telah terjadi kenaikan suhu dengan cara menusukkan tongkat kayu tersebut ke dalam tumpukan kompos kemudian tarik dan lihat ujung tongkatnya, apakah sudah terasa lembab dan hangat. Bila iya, berarti proses pengomposan berjalan dengan normal dan baik. Jika ujung tongkat terasa kering, segera siramkan air ke dalam kompos. Bila ujung tongkat terasa dingin, berarti pengomposan gagal dan harus diulang kembali pembuatannya dari awal.
  8. Setelah terjadi kenaikan suhu, maka suhu akan mengalami penurunan. Pada saat inilah tumpukan kompos harus dibalik.
  9. Sebulan setelah terjadi penurunan suhu dan kompos telah dibalik, maka kompos telah jadi dan siap dipakai

Sabtu, 28 November 2009

proses pembuatan sabun mandi

Membuat sabun mandi sendiri ternyata lebih asik dan jauh lebih bermanfaat daripada membeli sabun mandi di pasaran, sebab dengan membuat sabun sendiri, kita tahu apa saja kandungan yang ada dalam sabun tersebut.
Sabun mandi yang biasa kita pakai atau banyak di pasaran memakai bahan dasar SLS (Sodium Lauryl Sulfate). SLS ini adalah bahan yang dipakai untuk membuat detergent. SLS disebut juga surfactant (agen pembersih). Faktanya SLS juga dipakai untuk bahan pembersih lantai.
Kenapa pakai SLS? karena produsen bisa membuat sabun dengan harga yang murah.

Sabun natural mengandung gliserin alami
yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit menjadi kering. Anda tidak perlu memakai hand body lotion lagi, karena dengan memakai sabun natural kulit halus sepanjang hari.
* info dari http://heniez.multiply.com/journal/item/14

Cara Membuat Sabun Mandi
akan diterangkan sebagai berikut:
**sumber dari http://ketrampilanhomeindustry.blogspot.com/2008/12/cara-membuat-sabun-mandi.html

Bahan-Bahan yang dibutuhkan :

  1. Minyak atau Lemak – Hampir semua minyak / lemak alami bisa dibuat menjadi sabun. Contoh: Minyak Kelapa, Minyak Sawit, Minyak Zaitun, Minyak Jagung, Minyak Kedelai…
  2. NaOH / KOH – Untuk mengubah minyak / lemak menjadi sabun mandi.
  3. Air – Sebagai katalis/pelarut. Pilih air sulingan atau air minum kemasan. Air dari pam tidak bagus, banyak mengandung mineral.
  4. Essential dan Fragrance Oils – Sebagai pengharum.
  5. Pewarna – Untuk mewarnai sabun. Bisa juga memakai pewarna makanan.
  6. Zat Aditif – Rempah, herbal, talk, tepung kanji/maizena dapat ditambahkan pada saat “trace”.
Alat-alat yang dibutuhkan :

  1. Sebuah masker sederhana - Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja.
  2. Kacamata - Dipakai selama pembuatan larutan NaOH / KOH saja.
  3. Sepasang sarung tangan karet - Dipakai selama pembuatan sabun.
  4. Botol plastik - Untuk wadah air.
  5. Timbangan dapur (dengan skala terkecil 1 atau 5 gram).
  6. Kantong plastik kecil - Untuk menimbang NaOH/KOH.
  7. Sendok stainless steel atau plastik-polipropilen - Untuk menuangkan NaOH / KOH dan mengaduknya.
  8. Wadah dari gelas atau plastik-polipropilene - Untuk tempat larutan NaOH/KOH dengan air.
  9. Wadah dari plastik - Untuk menimbang serta tempat air dan minyak.
  10. Kain - Untuk menutup cetakan setelah diisi sabun.
  11. Plastik tipis - Untuk melapisi cetakan.
  12. Cetakan.
  13. Blender dengan tutupnya.
  14. Kain - Untuk menutup blender.
Cara pembuatan :

Siapkan cetakan. Cetakan bisa apa saja. Bisa loyang yang diminyaki, baki plastik yang dialasi plastik tipis atau pipa PVC yang diminyaki. Siapkan cetakan yang cukup untuk menampung semua hasil pembuatan sabun.
Cetakan: Untuk cetakan anda bisa menggunakan kayu atau karton yang dilapisi plastik tipis, bahkan pipa PVC bisa dipakai. Jika menggunakan pipa PVC tutup bagian bawah dengan plastik yang diikat dengan karet gelang, semprotkan minyak ke dalamnya, tuangkan hasil sabun. Setelah mengeras buka tutupnya, dorong lalu potong akan menghasilkan sabun yang bulat.

Timbang air dan NaOH / KOH, sesuai dengan Resep. Larutkan NaOH / KOH ke dalam air sejuk / dingin (Jangan menggunakan wadah aluminium. Gunakan stainless steel, gelas pyrex atau plastik-poliproplen). Jangan menuangkan air ke NaOH / KOH. Tuangkan NaOH / KOH ke dalam air sedikit demi sedikit. Aduk higga larut. Pertama-tama larutan akan panas dan berwarna keputihan. Setelah larut semuanya, simpan di tempat aman untuk didinginkan sampai suhu ruangan. Akan didapatkan larutan yang jernih.

Timbang minyak (Minyak Kelapa, Minyak Sawit, Minyak Zaitun, Minyak Jagung, Minyak Kedelai...) sesuai dengan Resep.
Tuangkan minyak yang sudah ditimbang ke dalam blender.
Hati hati tuangkan larutan NaOH / KOH ke dalam minyak.

Pasang cover blender, taruh kain di atas cover tadi untuk menghindari cipratan dan proses pada putaran terendah. Hindari jangan sampai menciprat ke muka atau badan anda. Hentikan blender dan periksa sabun untuk melihat tahap “trace”. “Trace” adalah kondisi dimana sabun sudah terbentuk dan merupakan akhir dari proses pengadukan. Tandanya adalah ketika campuran sabun mulai mengental. Apabila disentuh dengan sendok, maka beberapa detik bekas sendok tadi masih membekas, itulah mengapa dinamakan “trace”.

Pada saat “trace” tadi anda bisa menambahkan pengharum, pewarna atau aditif. Aduk beberapa detik kemudian hentikan putaran blender.

Tuang hasil sabun ini ke dalam cetakan. Tutup dengan kain untuk insulasi. Simpan sabun dalam cetakan tadi selama satu hingga dua hari. Kemudian keluarkan dari cetakan, potong sesuai selera. Simpan sekurang-kurangnya 3 minggu sebelum dipakai.

Jumat, 27 November 2009

cara pembuatan garam dari air laut

Proses Pembuatan Garam dari Air Laut
Tubuh manusia tidak dapat berfungsi tanpa garam. Tidak mengherankan, garam telah berperan penting dalam pembangunan manusia dan peradabannya.
Garam adalah pengawet pertama untuk makanan, yang memungkinkan manusia bisa melakukan perjalanan dan perdagangan jauh. Garam juga merupakan alat pertama pembayaran. Istilah "salary" atau "gaji" berasal dari bahasa Romawi "salarium," ketika itu para tentara dibayar ( sebagiannya) dengan garam (salt). Kita beruntung karena lebih dari 70 persen permukaan bumi berupa air. Dari 70% itu 97 persennya mengandung garam, sedangkan sisanya air tawar 3 %.
Istilah yang tepat untuk proses pembuatan garam yang dimaksud di sini adalah pengambilan / pemisahan garam dari air laut.
Untuk itu harus terlebih dahulu mengumpulkan air laut di kolam, tambak, danau atau penampung (reservoir) khusus lainnya. Ini agar air yang sudah dikumpulkan tidak terganggu oleh pasang air laut.

Reservoir dapat berupa buatan manusia maupun ciptaan alam, seperti kolam, tambak, waduk atau danau. Tapi tanah yang pori-porinya halus akan lebih baik karena memiliki dasar yang dapat mencegah air laut serta kandungan mineralnya agar tidak banyak meresap ke dalam tanah. Berikutnya, hamparan air laut dijemur oleh panas matahari sampai warna air berubah merah. Dalam skala luas, lebih murah menggunakan penguapan matahari untuk membuat garam. Tentu dibutuhkan cuaca yang panas, karena di musim hujan prosesnya akan sulit. Untuk skala kecil, bisa saja menggunakan tungku dan panci. Berikutnya, mengeringkan air garam. Beberapa pembuat garam mengetahui sudah waktunya untuk menguras air garam ketika air berubah menjadi merah. Warna merah berasal dari alga yang berubah warna akibat konsentrasi garam yang semakin tinggi. Berikutnya pengurasan air garam ke kolam kristalisasi atau tempat pengasinan. Di sinilah natrium klorida - garam - akhirnya mengkristal di dasar kolam. Setelah garam mengkristal di bagian bawah reservoir, garam lalu dipanen/dikumpulkan dengan alat garuk. Garam kristal ini masih harus diproses agar bersih dan bisa dipakai, dikemas kemudian dipasarkan.

Kamis, 26 November 2009

cara pembuatan tenpe dengan cara di rendam

Tempe dan tahu merupakan makanan tradisional sebagian besar masyarakat Indonesia, namun ketahuilah bahwasanya saat ini Tempe telah menyebar keseluruh penjuru dunia.
Kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging.  Akibatnya sekarang tempe diproduksi di banyak tempat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Berbagai penelitian di sejumlah negara, seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat.
Teknik pembuatan tempe ini telah dikerjakan masyarakat Indonesia khususnya bermula dari masyarakat Jawa selama beberapa abad yang lalu  dengan prosedur pembuatannya masih sangat sederhana. Berbagai bahan dasar yang dapat digunakan dalam pembuatan tempe, tetapi yang paling populer dan paling banyak dipergunakan adalah tempe berbahan dasar kedelai.
Untuk memperoleh tempe yang berkualitas baik, maka kedelai yang digunakan juga harus yang berkualitas baik dan tidak tercampur dengan biji-bijian yang lain, seperti jagung, kacang hijau dan biji-bijian lainnya. Selain itu, prosedur pengolahan harus dilakukan dengan cermat. Proses pembuatan tempe pada dasarnya adalah proses menumbuhkan spora jamur tempe, yaitu Rhizopus sp., pada biji kedelai.
Dalam pertumbuhannya, Rhizopus sp. membentuk benang-benang yang disebut sebagai benang hifa. Benang-benang hifa ini mengikatkan biji kedalai yang satu dengan biji kedelai lainnya, sehingga biji-biji kedelai ini membentuk suatu massa yang kompak. Massa kedelai inilah yang selanjutnya disebut sebagai tempe.
Selama masa pertumbuhannya, jamur Rhizopus sp. juga menghasilkan enzim yang dapat menguraikan protein yang terdapat dalam biji kedelai, sehingga protein-protein dalam biji kedelai ini mudah dicernakan. Selama masa pertumbuhan jamur Rhizopus sp. Selain Rhizopus, diperkirakan banyak jenis mkiroorganisme lain yang mungkin turut campur, tetapi tidak menunjukkan aktifitas yang nyata.
Namun demikian, aktifitas yang nyata dari mikroorganisme yang mungkin turut campur ini akan terlihat setelah aktifitas pertumbuhan Rhizopus sp. melampaui masa optimumnya, yakni setelah terbentuknya spora-spora baru yang berwarna putih-kehitaman. Hal ini dapat diketahui, terutama pada tempe yang dibiarkan atau disimpan dalam suhu kamar, yaitu dengan terciumnya bau amoniak. Adanya bau amoniak pada tempe menunjukkan bahwa tempe tersebut mulai mengalami pembusukan. Bau amoniak ini masih terasa sekalipun tempe telah dimasak, sehingga dapat menurunkan cita rasa konsumen.
Oleh karena itu, agar diperoleh tempe yang berkualitas baik dan tahan agak lama, maka selama proses pembuatan tempe perlu diperhatikan mengenai sanitasi dan kemurnian bibit (inokulum) yang akan digunakan.
A. ALAT DAN BAHAN
B. 1 ALAT
1.  Baskom
2.  Saringan
3.  Dandang
4.  Kipas Angin /Kipas
5.  Sotel kayu
6.  Tampah
7.  Kompor
8.  Peralatan lain yang diperlukan
B. 2 BAHAN
1. Kacang kedelai
2. Ragi tempe (inokulum RAPRIMA) atau biakan murni Rhizopus sp.
3. Kantong plastik, atau daun pisang, atau daun jati.
B. CARA KERJA
  1. Cucilah tampah, ayakan, kipas dan cukil yang akan digunakan, kemudian dikeringkan.
  2. Bersihkan kacang kedelai dari bahan-bahan lain yang tercampur, kemudian cuci hingga bersih.
  3. Rendam kacang kedelai yang telah dicuci bersih selama 12-18 jam dengan air dingin biasa (proses hidrasi agar biji kedelai menyerap air sebanyak mungkin ).
  4. Lepaskan kulit biji kedelai yang telah lunak, kemudian cuci atau bilas dengan menggunakan air bersih.
  5. Kukus / rebus biji kedelai tersebut sampai empuk.
  6. Setelah biji kedelai terasa empuk, tuangkan biji-biji tersebut pada tampah yang telah dibersihkan, lalu diangin-angin dengan kipas/ kipas angin sambil diaduk-aduk hingga biji-biji tersebut terasa hangat.
  7. Taburkan ragi tempe (RAPRIMA) yang telah disiapkan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya merata (1,5 gram ragi tempe untuk 2 kg kedelai). 8. Siapkan kantong plastik atau daun pisang, atau daun jati untuk pembungkus.  Bila kantong plastik yang digunakan sebagai pembungkus, berilah lubang-lubang kecil pada kantong tersebut dengan menggunakan lidi atau garpu.
  8. Masukan kedelai yang telah diberi ragi tempe (RAPRIMA) ke dalam pembungkusnya, atur ketebalannya sesuai dengan selera
  9. Proses fermentasi kacang kedelai ini pada suhu kamar selama satu atau dua hari atau hingga seluruh permukaan kacang kedelai tertutupi jamur.
Catatan:
  1. 1.Perhatikan kebersihan tempat kerja dan kebersihan peralatan kerja akan meningkatkan kualitas tempe yang dihasilkan.
  2. 2. Suhu ruang yang lebih hangat mempercepat proses fermentasi jamur pada tempe.

Rabu, 25 November 2009

cara pembuatan tenpe dengan cara di masak

Tempe adalah makanan yang sangat terkenal di Indonesia, Tempe adalah makanan murah tapi mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi. tak heran jika tempe menjadi makanan yang populer di Indonesia.

Dan selama ini, orang-orang hanya tahu bagaimana cara mengolah tempe, tapi tidak tahu agaimana proses pembuatanya. Di sini, saya akan membagikan sedikit tentang proses pembuatan tempe. Lengkpa diserta dengan gambar. Proses pembuatan tempa yang saya berikan disini saya dapat langsung dari tetangga saya yang kebetulan punya usaha pembuatan tempe.

Oke, langsung saja kita mulai

Pertama, Kedelai direbus dalam kuali selama kurang lebih 1 jam sampai matang, (hal ini dimaksudkan agar kedelai menjadi lembek dan lunak, sehingga memudahkan dalam proses penggilingan). Kedelai yang sudah matang direbus, ukuranya menjadi lebih besar karena melar.

http://3.bp.blogspot.com/-4ev9R5OSceI/Tp9nfI7hzuI/AAAAAAAAFU8/C9OkvSIrLUI/s1600/1.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-t2GwNLB0zv0/Tp9nfbtPaAI/AAAAAAAAFVE/E4hfbt4DEV8/s1600/2.jpg

Setelah itu, kedelai digiling dengan mesin giling, Hal ini bertujuan agar biji kedelai bisa pecah menjadi dua. Proses penggilingan ini bisa menggunakan mesin penggiling atau dengan menggunakan alat giling tradisional (di tempat tetangga saya mesin gilingnya maih menggunakan mesin giling tradisional yang dibuat dari batu, yang katanya belum pernah diganti sejak tahun 70-an, Edan, awet bener)

http://4.bp.blogspot.com/-zoMly9y2w4Q/Tp9nfVQBrQI/AAAAAAAAFVU/rNGT4ng1ztA/s1600/3.jpg

Jika sudah, saring dan cuci kedelai hasil gilingan, ini bertujuan untuk menghilangkan kulit tipis kedelai. cara pencucianya dengan menggunakan saringan nampan berbentuk kerucut. Atau nampan apa saja, yang penting berlubang.

http://3.bp.blogspot.com/-fr6VPFRrQtA/Tp9nf9r6C2I/AAAAAAAAFVc/6LLl8lR_JEw/s1600/4.jpg

Jika sudah, Dinginkan kedelai dengan cara meletakkanya di atas eblek (nampan lebar berbetuk lingkaran), jika sudah agak dingin, taburkan ragi tempe dan aduk secara merata.

http://2.bp.blogspot.com/-iojWI3zpfQQ/Tp9nfycBUHI/AAAAAAAAFVs/jWqe_2OrsdM/s1600/5.jpg

Bungkus kedelai dengan menggunakan daun atau plastik (Untuk pembungkusan dengan menggunakan plastik pastikan plastik sudah diberi lubang lubang kecil).

http://1.bp.blogspot.com/-zaJ4PeESaD0/Tp9nqeaeGDI/AAAAAAAAFV4/1ElaRFdQxPY/s1600/6.jpg

Tunggu selama 2-3 hari sampai kedelai benar-benar jadi dan siap diolah. Lihat hasilnya.

http://1.bp.blogspot.com/-mEFtZkVGrEg/Tp9nqY6qczI/AAAAAAAAFWE/6sFRsldIfcY/s1600/7.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-eTawtGIFk6Y/Tp9nqsL2VrI/AAAAAAAAFWM/cpivTAiQCCA/s1600/8.jpg 
sumber  http://sekedar-tahu.blogspot.com/2011/10/proses-pembuatan-tempe-disertai-gambar.html

Selasa, 24 November 2009

Bagaimana Cara Berfikir Secara Kreatif


Anda akan berlaku sesuai dengan apa yang ada di dalam pikiran anda, berfikirlah seperti orang yang besar maka anda akan seperti orang yang besar. berfikirlah secara kreatif, maka segala sesuatunya akan dapat dilakukan dengan mudah dan akan menghasilkan sesuatu yang menakjubkan.
Seperti di bawah ini terdapat beberapa cara tentang bagaimana cara berfikir secara kreatif seperti yang ditulis oleh David J. Schwartz Ph.D dalam bukunya  "Berfikir dan Berjiwa Besar" :
1. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan. Jika anda percaya bahwa sesuatu itu dapat dilakukan, maka otomatis pikiran anda akan mencari cara-cara untuk melakukannya. Percaya akan suatu solusi melicinkan jalan menuju solusi.

Hapuskan kata “tidak mungkin,” “tidak akan berhasil,” “tidak dapat dikerjakan,” “tidak ada gunanya mencoba” dari pikiran dan kosakata pembicaraan anda.



2. Jangan biarkan tradisi melumpuhkan pikiran anda. Bersikaplah menerima gagasan baru. Lakukan eksperimen. Coba pendekatan baru. Bersikaplah progresif dalam semua yang anda kerjakan.



3. Bertanyalah kepada diri sendiri, “Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik ?” Tidak ada batas untuk perbaikan diri. Ketika anda bertanya kepada diri sendiri, “Bagaimana saya dapat bekerja dengan lebih baik ? Jawaban yang tepatpun akan muncul, cobalah dan lihat hasilnya.



4. Bertanyalah kepada diri sendiri, “Bagaimana saya dapat bekerja lebih banyak?” Kapasitas adalah keadaan pikiran. Mengajukan pertanyaan ini kepada diri sendiri membuat pikiran anda bekerja mencari jalan pintas yang cerdik. Kombinasi yang berhasil di dalam bisnis : Kerjakan apa yang anda kerjakan dengan lebih baik (perbaiki kualitas keluaran anda), dan : kerjakan lebih banyak apa yang anda kerjakan (tingkatkan kuantitas keluaran anda).



5. Praktekan bertanya dan mendengarkan. Bertanya dan mendengarkan maka anda pun akan mendapatkan bahan mentah untuk mencapai keputusan yang tepat. Ingat : orang besar memonopoli kegiatan mendengarkan, sedangkan orang kecil memonopoli kegiatan berbicara.



6. Bentangkan pikiran anda. Dapatkan stimulasi. Bergaul dengan orang yang dpat membantu anda memikirkan gagasan baru, cara baru mengerjakan segala sesuatunya. Berbaurlah dengan orang dari minat pekerjaan dan social yang berbeda.



Senin, 23 November 2009

Cara mengembangkan sisi kreatif anda


Setiap orang memiliki sisi kreatif meskipun kadang-kadang tersembunyi dan tidak muncul ke permukaan begitu cepat seperti halnya untuk orang lain, namun anda dapat mengembangkan kreativitas dengan menggali lebih intensif dan berlatih, mencari sisi kreatif anda dan membawanya ke permukaan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu anda menarik keluar sisi kreatif anda dan memperluas kreativitas anda.

1. Lakukan perubahan dalam hidup anda, kadang-kadang kita bisa mendapatkan blok kreatif jikakita terjebak dalam masalah.

2. Tantang diri anda dan orang lain, jika anda menantang diri dengan mengatakan diri anda tidak bisa melakukan sesuatu dengan cara anda selalu melakukannya, anda kemudian harus memikirkan cara-cara baru untuk menghindari masalah yang dapat menyebabkan beberapa saran sangat kreatif.

3. Doodle, jika anda terjebak untuk ide-ide dan solusi , ambil pena dan kertas dan tulislah asal-asal membiarkan imajinasi anda jelas dan doodle ide pada kertas.

4 . Dorong sisi berpikir dari otak anda - sisi kanan otak anda di sinilah kreativitas mulai sehingga tersentak dan bangun itu dengan mengaktifkan menggunakan sisi kiri, cobalah bernapas dengan 
menggunakan hanya lubang hidung sebelah kiri beberapakali.

5. Berpikir seperti seorang anak , melepaskan semua kewajiban dewasa anda, tegangan, dan kekhawatiran dan kembali ke masa kecil anda, anak-anak memiliki yang terbaik
imajinasi dan kreativitas mereka tidak mengenal batas, berpikir seperti anak kecil
ketika anda terjebak untuk ide-ide kreatif .

6. Relaks, kreativitas sering dapat menjadi habis jika kita berada di bawah 
stres, belajar teknik relaksasi tidak hanya membuat anda merasa lebih baik
tetapi dapat membantu untuk membersihkan pikiran anda, memberikan anda awal yang segar dan mendapatkan sisi kreatif anda mengalir kembali.



Minggu, 22 November 2009

Cara Meningkatkan KEPEKAAN KREATIF Untuk Kesuksesan Hidup


Manusia , sebenarnya sejak lahir sudah dibekali oleh Tuhan Yang Maha Kuasa suatu KEMAMPUAN KREATIF . Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan perjalanan kehidupan dari setiap orang yang tidak sama, kadangkala seseorang melupakan potensi kemampuan kreatif tersebut yang sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menyembuhkan pikiran yang carut marut maupun untuk menyembuhkan gangguan penyakit di dalam tubuh. 


Herbert Benson, MD , seorang pakar psikologi dari Harvard Medical School mempunyai kiat jitu yang dapat dipraktekkan untuk meningkatkan KEPEKAAN KREATIF individu. Coba Anda jalani beberapa tips berikut ini :



1. LATIHAN MELIHAT KEAJAIBAN



Jika mengalami masalah , cobalah Anda lihat ke sekeliling dengan mata lebih terbuka. Tanpa disadari, Anda akan menemukan sesuatu yang membuat Anda kagum, sehingga melupakan masalah yang menghantui kehidupan Anda. Misalnya , di saat mengalami kemacetan lalu - lintas , tiba - tiba mata Anda tertumbuk pada senyum lucu seorang anak kecil di mobil sebelah. Ajaib, pada saat orang lain mengalami stres, eh si anak malah menikmati kemacetan dengan gembira. Anda bisa menjadi lebih bahagia dan menertawakan diri sendiri, masak dengan anak kecil aja kalah dalam menghadapi stres pada saat terjadi kemacetan di jalan raya ?



2. LIHAT MASALAH APAPUN DARI SISI BAIKNYA.



Marah pada seseorang ? Anda mengutuknya ? Stres Anda akan menjadi semakin berat. Coba cara baru, doakan sesuatu sesuatu yang baik untuknya. Doa Anda tersebut akan berpengaruh langsung pada diri Anda, dan saat bertemu dengan dia, Anda tidak akan stres lagi.



3. TABURKAN DEBU AJAIB KHAYALAN / IMAJINASI ANDA 



Bayangkan Anda sedang memegang tongkat ajaib seperti yang dimiliki para peri baik hati seperti dalam cerita dongeng, dan menggerakannya . Sret ! " Saya menjadi lebih gembira hari ini ". Dengan optimisme tersebut, Anda bisa melihat masalah dengan lebih kreatif.



4. UNGKAPAN KATA UNTUK MEMPERKUAT DIRI



Ucapakan " Saya bisa " !. Anda akan lebih yakin akan kemampuan untuk mengatasi masalah. Seperti doa, ucapan tersebut akan memberikan kekuatan tambahan semangat bagi diri Anda sendiri. 



Selamat mencoba dan semoga sukses selalu bersama saya , Anda dan semua ! ! !

Sabtu, 21 November 2009

Tips Cara Berpikir Kreatif


Kemampuan berpikir kreatif bukanlah soal genetika. Dia dapat dilatih dan dikembangkan. Buku berjudul Seni Berpikir Kreatif (the Art of Creative Thinking) menguraikan bagaimana kita dapat melatih diri kita mengembangkan pikiran kreatif untuk dijabarkan ke dalam tindakan yang produktif. Berikut adalah poin-poin yang terdapat dalam buku tersebut:


Anda bukan manusia kreatif yang serba bisa, tetapi Anda mempunyai peluang untuk mengembangkan kreativitas yang Anda miliki dan mempersembahkan suatu sumbangan buat masyarakat.



Cara memupuk kreativitas:



1. Sisihkan waktu-waktu tertentu setiap hari/malam guna berpikir kreatif. Coba waktu-waktu yang berlainan untuk mengetahui waktu terbaik buat kita
2. Mencari lingkungan/tempat terbaik buat memupuk kreativitas
3. Membuat alat-alat pengingat agar kita selalu konsisten untuk terus berpikir kreatif
4. Membantu dan mendorong orang lain untuk menjadi kreatif akan memupuk juga kreativitas diri kita sendiri



Memanfaatkan metode brainstorming:



1. Tunda keputusan. Jangan mengkritik dan mengevaluasi gagasan ketika pembahasan tengah berlangsung. Pilih gagasan yang terbaik


2. Dapatkan sejumlah besar gagasan. Tuliskan sebanyak mungkin gagasan secepatnya. Gunakan gagasan aneh dan menggelikan untuk merangsang lahirnya gagasan konvensional. Jangan membatasi diri/terikat pada satu gagasan tertentu sebelum Anda meneliti sebanyak mungkin gagasan yang dapat dikembangkan



Menjadi kreatif melibatkan risiko kegagalan, ketidakpastian, dan kerja keras yang sia-sia. Setiap hal yang baru akan menuai penolakan. Namun mengucurkan keringat untuk bekerja kreatif jauh lebih baik daripada membiarkan diri berkarat dalam kebiasaan



Tentukan sasaran Anda, pilih waktu terbaik, pecahkan masalah, dan jadikan hidup lebih menyenangkan, produktif, dan memiliki segi-segi petualangan.



Dalam hidup kita, berapa banyak kita perlu bersikap tuli, berhenti mempercayai orang-orang yang bersikap negatif, yang mengatakan pada kita bahwa kita telah gagal, padahal dalam batin kita tahu kita sungguh mempunyai kemauan untuk menang?

Jumat, 20 November 2009

Ciri-Ciri Orang Kreatif


1. Mampu Bekerja Keras

Orang yang kreatif selalu mencurahkan pikiran dan tenaganya untuk menemukan hal-hal baru. mereka tidak pernah bosan dan lelah untuk selalu mencari terobosan-terobosan baru yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, walaupun untuk itu ia harus mengobankan tenaga, pikiran, dan waktunya.



2. Memiliki Rasa Ingin Tahu
Orang yang kreatif memiliki rasa ingin tahu dan minat yang besar terhadap berbagai hal yang ia temui dalam hidupnya. Mereka memiliki banyak pertanyaan mengenai berbagai hal dan akan berusaha untuk mencari tahu pertanyaan-pertanyaan yang ada yang ada di kepalanya terjawab. Mereka berusaha untuk mencari jawaban dengan tindakan nyata dan tidak akan berhenti mencari jawaban hingga di temukan jawaban atas pertanyaannya itu.



3. Independen
Orang-orang yang kreatif biasanya memiliki sikap mandiri. Mereka berusaha memecahkan masalah dan mengambil keputusan sendiri. Mereka juga tidak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain. Walaupun mereka mandiri tapi mereka tetap menghargai pendapat orang lain. Biasanya pendapat orang lian itu di jadikan sebagai bahan pertimbangan sedangkan keputusannya tetap diambil sendiri.



4. Pantang Menyerah
Orang yang kreatif biasanya pantang menyerah. Ketika mereka menghadapi kesulitan mereka menghadapinya dan menganggap kesulitan itu sebagai sebuah tantangan yang harus ditaklukan, sehingga mereka selalu bersikap positif dalam menghadapi kesulitan dan selalu berusaha untuk mengatasi kesulitan tersebut.



5. Memiliki Orientasi Hidup
Orang yang kreatif menyadari akan hakikat hidupnya di dunia ini. Mereka memiliki visi dan misi dalam menjalankan kehidupannya sehingga kehidupan yang dilaluinya tidak sekedar mengalir laksan air sungai tapi juga menggunakan perencanaan yang matang. hal ini dikarenakan mereka paham dari mana mereka berasal dan kemana mereka akan kembali.


Kamis, 19 November 2009

Orangtua adalah Kunci Membuat Anak Kreatif


Betapa berbedanya permainan anak sekarang dengan permainan anak zaman dulu. Dulu alam masih merupakan sumber daya yang sangat luas, sekarang tidak lagi. Tapi, jangan buru-buru menyalahkan siapa pun, karena menurut penelitian, kekurangan gairah untuk berkreasi pada anak justru disebabkan oleh para orangtua. 


Kebanyakan anak membawa sikap dan sifat yang mereka pelajari dari lingkungan, secara spesifik, orangtuanya. Sayangnya, menurut literatur yang disebutkan oleh situs MSN, sebanyak 61 persen orangtua bergantung pada sekolah, televisi, dan permainan komputer untuk perkembangan kreatif anak-anaknya. Padahal, peran orangtua sangat penting untuk mendukung proses berpikir kreatif dan imajinatif anak-anaknya.. Paul Geraghty, pengarang cerita anak The Hunter and Dinosaur in Danger mengatakan, "Kreativitas adalah bagian penting dalam perkembangan setiap anak". Sama seperti matematika dan bahasa, kreativitas perlu latihan dan dukungan. Alasan para orangtua, mengapa mereka tidak meluangkan waktu untuk berkreasi dengan anak-anaknya, antara lain adalah karena para orangtua tidak punya kemampuan kreatif atau karena tak punya waktu luang. 



Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa membaca buku bersama adalah kegiatan orangtua-anak yang paling digemari. Artinya, sebenarnya tidak sulit membuat anak merasa senang dan nyaman. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk menyelesaikan puzzle bersama, membuat kreasi seni, atau membuat hastakarya dari situs-situs arts and crafts untuk anak-anak yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.


Rabu, 18 November 2009

Berpikir kritis dan kreatif


Ini cara berpikir tingkat tinggi memiliki banyak keunggulan yang bermanfaat bagi setiap orang sebagai individu dengan cara berikut:


-Meningkatkan otoritas diri dalam individu; Seseorang dapat membuat keputusan sendiri. Dia bisa bertanggung jawab atas hidupnya daripada masyarakat mengatur dia, karena ia memiliki pemahaman yang lebih baik dari dirinya.



-Mulai memungkinkan individu untuk membedakan benar dan salah atau salah dari sekarang; Menggunakan tinggi tingkat berpikir kritis (berpikir), ia akan self-directed. Ini adalah dengan berpikir sebelum bertindak untuk mencegah konsekuensi yang tidak menguntungkan. masyarakat tidak pernah akan berhasil untuk menyesatkan karena dia sudah moral.



-kemungkinan seorang individu untuk mengembangkan kemampuan inovatif dan kreatif; Dia mampu memikirkan cara-cara baru untuk mengembangkan item selain cara biasa dari masyarakat. Dia dapat menggunakan keahlian sihir untuk mengubah masyarakatnya untuk masa depan yang lebih baik logika.



-kemungkinan individu menjadi apa yang ia inginkan; Dia dapat secara efektif memecahkan masalah dan bentuk rencana bagus untuk masa depan. Tindakan ini dilakukan untuk alasan terbaik dan tidak dapat bertentangan karena mereka benar-benar.



-seorang individu harus memiliki pengetahuan; Karena rasa ingin tahunya ia akan mencari informasi mengenai isu-isu yang mengganggu sehingga dapat menyelesaikannya pada sebuah contoh. Daya pengetahuan ini akan sangat membantu dalam tantangan masa depan. 



Di masa kanak-kanak (lahir - 12 tahun), seorang manusia tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk rasionalisme dan hati nurani. Ini berarti ia tidak mampu untuk alasan hal-hal yang tidak bisa ia membedakan benar dan salah.



Dalam masa remaja (12 - 24 tahun), dengan kapasitas yang cukup untuk manusia memiliki rasionalisme tetapi kapasitas terbatas untuk moralitas. Jadi dia bisa alasan hal-hal yang kurang jelas tapi kemampuan lengkap untuk membedakan benar dan salah. Dia tidak bisa dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya). 



Dewasa Pada tahap (25 tahun ke atas), ia penuh memiliki kapasitas untuk rasionalisme dan moralitas (hati nurani. Dia memiliki seluruh kemampuan untuk alasan keluar dan membedakan benar dan salah. Dia benar-benar bertanggung jawab dan bertanggung jawab atas tindakannya 


Selasa, 17 November 2009

Langkah-langkah pembelajaran kreatif dan menyenangkan


Pembelajaran

merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling
berkaitan. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan
menyenangkan diperlukan berbagai ketrampilan, diantaranya adalah ketrampilan
membelajarkan atau ketrampilan mengajar. Ketrampilan mengajar merupakan
kompetensi profesional yang cukup kompleks, sebagai integrasi dari berbagai
kompetensi guru secara utuh dan menyeluruh. Beberap keterampilan mengajar yang
sangat berperan dan menentukan kualitas pembelajaran, meliputi:



Pertama, ketrampilan
bertanya sangat perlu dikuasai guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif
dan menyenangkan, karena hampir dalam setiap tahap pembelajaran guru dituntut
untuyk mengajukan pertanyaan, dan kualitas pertanyaan yang diajukan guru akan
menentukan kualitas jawaban peserta didik.



Kedua, penguatan merupakan
respon terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan terulangnya
kembali perilaku tersebut. Penguatan bertujuan untuk meningkatkan perhatian
peserta didik terhadap pembelajaran, merangsang dan meningkatkan motivasi
belajar, meningkatkan kegiatan belajar, dan membina perilaku yang produktif.



Ketiga, mengadakan variasi
merupakan ketrampilan yang harus dikuasai guru yang bertujuan untuk
meningkatkan perhatian peserta didik terhadap materi standar yang relevan,
memberikan kesempatan bagi perkembangan bakat peserta didik terhadap berbagai
hal baru dalam pembelajaran, memupuk perilaku positif peserta didik dalam
pembelajaran, serta memberi kesempatan kepada peserta didik untuk belajar
sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuannya. Variasi dapat dilakukan
pada gaya mengajar, penggunaan media dan sumber belajar, pola interaksi, dan
variasi dalam kegiatan pembelajaran.



Keempat, menjelaskan adalah
mendeskripsikan secara lisan tentang sesuatu benda, keadaan, fakta, dan data
sesuai dengan waktu dan hukum-hukum yang berlaku. Penjelasan dapat diberikan
selama pembelajaran, baik di awal, di tengah, maupun di akhir pembelajaran.
Penjelasan harus bermakna dan menarik perhatian peserta didik dan sesuai dengan
materi standar dan kompetensi dasar. Penjelasan dapat diberikan untuk menjawab
pertanyaan peserta didik dan harus sesuai dengan latar belakang dan tingkat
kemampuan peserta didik.



Kelima, membuka dan menutup
pelajaran merupakan dua kegiatan rutin yang dilakukan guru untuk memulai dan
mengakhiri pelajaran. Membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan secara profesional
akan memberikan pengaruh positif terhadap kegiatan pembelajaran diataranya
adalah membangkitkan motivasi belajar, siswa memiliki kejelasan mengenai
tugas-tugas yang harus dikerjakan, siswa memperoleh gambaran yang jelas
mengenai pembelajaran yang akan berlangsung, siswa memahami hubungan antara


pengalaman belajar yang telah dimiliki sebelumnya dengan hal-hal baru yang akan
dipelajari, siswa dapat menghubungkan konsep-konsep atau genelalisasi dalam
suatu peristiwa pembelajaran. Pada akhirnya siswa mengetahui tingkat
keberhasilannya terhadap materi yang dipelajari dan guru dapat mengetahui
tingkat keberhasilan atau efektifitas kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan.



Keenam, membimbing diskusi
kelompok kecil yang bermanfaat agar siswa dapat berbagi informasi dan
pengalaman dalam pemecahan suatu masalah, meningkatkan pemahaman terhadap
masalah yang penting dalam pembelajaran, meningkatkan ketrampilan dalam
perencanaan dan pengambilan keputusan, mengembangkan kemampuan berfikir dan
berkomunikasi, membina kerjasama yang sehat dalam kelompok yang kohesif dan
bertanggung jawab.



Ketujuh, mengelola kelas
merupakan keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif,
dan mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran. Hal-hal yang
harus diperhatikan dalam pengelolaan kelas adalah kehangatan dan keantusiasan,
tantangan, variasi, fleksibel, penekanan pada hal-hal positif, dan penanaman
disiplin diri. Komponen keterampilan mengelola kelas adalah penciptaan dan
pemeliharaan iklim pembelajaran yang optimal, keterampilan yang berhubungan
dengan pengendalian kondisi belajar yang optimal, pengelolaan kelompok dengan
cara peningkatan kerjasama dan keterlibatan siswa dan menangani konflik dan
memperkecil masalah yang timbul, serta menemukan dan mengatasi perilaku yang
menimbulkan masalah.



Kedelapan, mengajar kelompok
kecil dan perorangan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan guru
memberikan perhatian terhadap setiap peserta didik, dan menjalin hubungan yang
lebih akrab antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan
peserta didik. Khusus dalam melakukan pembelajaran perorangan perlu
diperhatikan kemampuan dan kematangan berfikir peserta didik, agar apa yang
disampaikan bisa diserap dan diterima oleh peserta didik.



Penguasaan terhadap semua
ketrampilan mengajar tersebut harus utuh dan terintegrasi, sehingga diperlukan
latihan yang sistematis, misalnya dapat dilakukan melalui pembelajaran mikro.

Senin, 16 November 2009

Mengapa Kita Harus Kreatif?


Menurut para ahli, seseorang yang kreatif selalu melihat segala sesuatu dengan cara berbeda dan baru. Orang yang kreatif pada umumnya mengetahui permasalahan dengan sangat baik dan disiplin, dapat melakukan sesuatu yang berbeda dari cara-cara yang biasa orang lakukan. Proses kreativitas melibatkan adanya ide-ide baru, berguna dan tidak terduga tetapi dapat dilaksanakan.


Manfaat kreativitas dalam kehidupan:



1. Memecahkan Masalah
Dengan berpikir kreatif kita akan dapat memecahkan berbagai masalah karena berpikir kreatif berusaha melihat suatu hal dari berbagai sisi dan mencoba memecahkan masalah dari sisi-sisi baru sehingga bisa muncul solusi atas permasalahan yang dihadapi melalui sisi yang tidak terduga sebelumnya.



2. Mampu melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang
Dengan berpikir kreatif kita akan selalu berusaha untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang sehingga kita dapat melihat masalah secara utuh dan memudahkan dalam memecahkan permasalahan yang sedang di hadapi.



3. Menghindari kebuntuan
Berpikir kreatif akan dapat menghindarkan kita dari kebuntuan berpikir karena kita melihat segala hal dari berbagai sudut pandang dan dengan berpikir kreatif kita berpikir melalui berbagai sisi berbeda dari sisi sebelumnya.



4. Mampu mencurahkan banyak gagasan


Kita akan dapat melihat banyak gagasan-gagasan baru yang tidak akan pernah habis karena kita melihat dari berbagai sisi dan sudut pandang serta tidak ragu dalam menggunakan cara-cara berpikir yang tidak lazim digunakan orang.



5. Tidak kaku
Orang kreatif menggunakan berbagai pola pikir dan terbuka terhadap hal-hal yang baru sehingga pola pikirnya tidak kaku.



6. Dapat berpikir tentang sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain
Dengan kreativitas akan selalu muncul pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai hal dan selalu ada upaya untuk mencari jawabnya.



7. Merangsang penemuan-penemuan baru
Orang kreatif memiliki minat besar terhadap berbagai hal dan selalu berusaha untuk memodifikasi sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang baru.



8. Mengaktifkan pola berpikir
Berpikir kreatif melibatkan berbagai aktivitas mental diantaranya penglihatan, pendengaran, imajinasi, dan psikomotrik sehingga dengan berpikir kreatif kita telah mengaktifkan belahan otak kanan dan kiri sekaligus.