PEMETAAN SK SD DAN ASPEK
HUBUNGAN KEMANUSIAAN
SATUAN
PENDIDIKAN
MATA
PELAJARAN
KELAS
/ SEMESTER
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Indicator
Pencapaian Kompetensi
|
Aspek
|
|
|
Pengusaaan
konsep dan nilai-nilai
|
Penerapan
|
Ket
|
|||
1.
Menerapkan
hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal
|
1.1
mengidentivikasi
aspek umum hubungan antar manusia
1.2
menerapkan
hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
1.3
Menerapkan
1.4
Menrapkan
kepemimpinan diatas kapal
|
v hubungan
kemanusiaan dan tanggung jawab sosial diatas kapal diterapkan dengan
benar
v manajemen
perkapalan diidentivikasi dengan benar
v organisasi
diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
v tugas
pokok dan fungsi setiap persosial dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan
perusahaan
v system
kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
v aspek
social di identifikasi dengan benar
v keharmonisan
dan motifasi dipelihara dengan baik
v kedisiplinan
ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
v Tanggung
jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewajiban arahnya dan kode
kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal
v Kepemimpinan
diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi
masing-masing kapal perikanan
|
|
|
|
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
MATA PELAJARAN
HUBUNGAN KEMANUSIAAN
SEKOLAH
: SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
KELAS
:
SEMESTER
:
KKM
:
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
|
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
||||||
|
HASIL KKM
|
NILAI KKM %
|
|||||
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan
hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1 Mengidentivikasi aspek umum
hubungan antar manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
Hubungan kemanusiaan dan tanggung
jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menerapkan hubungan antar
manusia dalam kehidupan social di kapal
|
|
|
|
|
|
|
|
Manajemen perkapalan di
identivikasi dengna benar
|
|
|
|
|
|
|
|
Organisasi diatas kapal dibuat
sesuai kebutuhan diatas kapal
|
|
|
|
|
|
|
|
Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan
dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
|
|
|
|
|
|
|
|
Sistem kerja dikapal diatur dan
dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya.
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 Menerapkan hubungan sosial
dalam lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek social diidentivikasi
dengan benar
|
|
|
|
|
|
|
|
Keharmonisan dan motivasi
dipeliraha dengan baik
|
|
|
|
|
|
|
|
Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma
yang berlaku baik nasional maupun internasional
|
|
|
|
|
|
|
|
Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan
batas kewenangannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas
kapal.
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4 menerapkan kepemimpinan
diatas kapal
|
|
|
|
|
|
|
|
Kepemimpinan di atas kapal di
identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing masing kapal
perikanan.
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH 2 KD
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN AJARAN 2012 / 2013
SEKOLAH : SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
KELAS / SEMESTER :
X / 1 (SATU)
MATA PELAJARAN :
PENCEGAHASAN POLUSI
KODE KOMPETENSI :
STANDAR
KOMPETENSI : MENERAPKAN
HUBUNGAN KEMANUSIAAN DAN TANGGUNGJAWAB
SOSIAL DIATAS KAPAL
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI POKOK
|
ALOKASI
WAKTU
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMBER
|
OKTOBER
|
NOVEMBER
|
DESEMBER
|
||||||||||||||||||||||
1.1meidentivikasi aspek umum hubungan antar
manusia
|
Hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social
diatas kepal diterapkan dengan benar
|
- Perkembangan
perilaku kelompok
- Masalah
masalah social
- Terjadinya
konflik
- Kedudukan
awak kapal
|
2 JP
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.2menerapkan hubungan antar manusia dalam
kehidupan social di kapal
|
- Manajemen
perkapalan di identivikasi dengan cermat
- Organisasi
diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
- Tugas
pokok dan fungsi setiap per social dijabarkan dengan benar sesuai ketentuan
perusahaan
- System
kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
|
- Manajemen
perkapalan
- Tujuan,
fungsi, dan hambatan
- Organisasi
manajemen perkapalan
- System
kerja di kapal
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3 menerapkan hubungan sisial dama lingkungan
kerja
|
- Aspek
social di identivikasi dengan benar
- Keharmonisan
dan motivasi dipelihara dengan baik
- Kedisiplinan
ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
- Tanggung
jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode
kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4menerapkan kepemimpinan diatas kapal
|
- Kepemimpinan
diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi
masing-masing kapal perikanan
|
- Kepemimpinan
- Gaya
kepemimpinan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
HUBUNGAN KEMANUSIAAN
SATUAN
PENDIDIKAN :
MATA
PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS
/ SEMESTER : X / 1 (SATU)
TAHUN
AJARAN : 2012-2013
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
ALOKASI WAKTU
|
KET
|
||
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
|
|||
|
Menerapkan hubungan kemanusiaan
dan tanggung jawab sosial diatas kapal
|
1.1Mengidentivikasi aspek umum
hubungan antar manusia
|
-
Perkembangan
perilaku kelompok
-
Masalah-masalah
social
-
Terjadinya
konflik
-
Kedudukan awak
kapal
|
|
|
|
|
1.2 menerapkan hubungan antar
manusia dalam kehidupan sisial di kapal
|
-
Manajemen
perkapalan diidentivikasi dengan cermat
-
Organisasi
diatas kapal di buat sesuai kebutuhan kebutuhan ditas kapal
-
Tugas pokok
dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan
perusahaan
-
System kerja
di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
|
|
|
|
|
1.3 menerapkan hubungan Sosial
dalam lingkungan kerja
|
-
Aspek social
di identivikasi dengan benar
-
Keharmonisan
dan motivasi dipeliharan dengan baik
-
Kedisiplinan
diterapkan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
-
Tanggung jawab
individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode kompetensi
etik social yang berlaku diatas kapal
|
|
|
|
|
1.4menerapkan kepemimpinan diatas
kapal
|
-
Kepemimpinan
diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi
masing-masing kapal perikanan
|
|
|
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA
PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS
/ SEMESTER : X / 1 (SATU)
A.
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan
hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal
B.
KOMPETENSI DASAR
Mengidentivikasi
aspek umum hubungan antar manusia
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Perkembangan
perilaku kelompok
2.
Masalah-masalah
social
3.
Terjadinya
konflik
4.
Kedudukan awak
kapal
D.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
|
KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
|
1
|
Mengidentivikasi
hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal
|
Bersahabat /
komunikatif
Tanggung jawab
|
Kepemimpinan
|
2
|
Mengidentivikasi
perkembangan perilaku kelompok
|
|
|
3
|
Mengidentivikasi
masalah-masalah social
|
|
|
4
|
Mengidentivikasi
terjadinya konflik
|
|
|
5
|
Mengidentivikasi
kedudukan awak kapal
|
|
|
v Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok
v Mengidentifikasi masalah-masalah social
v Mengidentivikasi kedudukan awak kapal
E.
METODE
PEMBELAJARAN
v Penugasan
v Ceramah
v Tanggung jawab
F.
STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA
|
TERSTRUKTUR
|
MANDIRI
|
v
Mengidentivikasi
aspek umum hubungan antar manusia
v
Hubungan
kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar
v
Masalah-masalah
social
|
|
Siswa
|
G.
LANGKAH
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
BELAJAR
|
Nilai Budaya
dan Karakteristik bangsa
|
1
|
Kegiatan
Awal
|
|
|
Melakukan
doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini
|
Bersahabat
/ Komunikatif
|
|
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
|
|
2
|
Kegiatan
inti :
|
|
|
v
Eksplorasi :
|
|
|
Mengetahui
tentang hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal dengan
benar
|
|
|
v
Konfirmasi
|
|
|
Dalam
kegiatan konfirmasi siswa
|
|
|
-
Menyimpulkan
hal-hal yang belum diketahui
-
Menjelaskan
hal-hal yang belum diketahui
|
|
3
|
Kegiatan
akhir :
|
|
|
Refleksi
|
|
|
-
Guru
menyimpulkan pembelajaran hari ini
|
|
|
-
Melakukan doa
bersama untuk mengakhiri pembelajaran
|
|
H.
ALOKASI WAKTU
8
X 46 Menit
I.
SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi
v Perjanjian kerja laut
J.
PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Raha,……………………………2012
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA
PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS
/ SEMESTER : X / 1 (SATU)
A.
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan
hubungan antara manusia dalam kehidupan sisial di kapal
B.
KOMPETENSI DASAR
Menerapkan
hubungan antara manusia dalam kehidupan social di kapal
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Manajemen
Perkapalan
2.
Tujuan Fungsi
dan Hambatan
3.
Organisasi
Manajemen perkapalan
4.
System kerja di
kapal
D.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
NILAI
BUDAYA DAN KARAKTER
|
KEWIRAUSAHAAN
/ EKONOMI KREATIF
|
1
|
Manajemen
perkapalan di identivikasi dengan cermat
|
Bersahabat /
komunikatif
Tanggung jawab
|
Kepemimpinan
|
2
|
Organisasi diatas
kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
|
|
|
3
|
Tugas pokok dan
fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
|
|
|
4
|
Ssitem kerja di
kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
|
|
|
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa
dapat
v Memahami hubungan antar manusia dalam kehidupan
sisial dikapal sesuai hak dan tanggungjawabnya
v Memahami manajemen perkapalan
v Memahami tujuan, fungsi dan hambatan
v Memahami
organisasi manajemen perkapalan
v Memahami system kerja di kapal
F.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Penugasan
-
Ceramah
-
Tanya jawab
G.
STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP
MUKA
|
TERSTRUKTUR
|
MANDIRI
|
1.
Manajemen
perkapalan di identivikasi dengan cermat
|
|
|
2.
Organisasi
diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
|
|
|
3.
Tugas
pokok dan fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan
perusahaan
|
|
|
4.
Ssitem
kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
|
|
|
H.
LANGKAH
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN BELAJAR
|
Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
|
1
|
Kegiatan
Awal
|
|
|
Melakukan
doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini
|
Bersahabat
/ Komunikatif
|
|
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
|
|
2
|
Kegiatan
inti :
|
Tanggungjawab
|
|
v
Eksplorasi :
|
|
|
Dalam kegiatan Eksplorasi
|
|
|
Menerapkan
system kerja di kapal
|
|
|
v
Elaborasi
|
|
|
Dalam
Kegiatan Elaborasi
|
|
|
|
|
|
v
Konfirmasi
|
|
|
Dalam
kegiatan konfirmasi siswa :
|
|
|
-
Menyimpulkan
hal-hal yang belum diketahui
-
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui
|
|
3
|
Kegiatan
akhir :
|
|
|
Refleksi
|
|
|
-
Guru
menyimpulkan pembelajaran hari ini
|
|
|
-
Melakukan doa
bersama untuk mengakhiri pembelajaran
|
|
I.
ALOKASI WAKTU
8
X 45 Menit
K.
SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi di kapal
v Perjanjian kerja laut
L.
PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Raha,……………………………2012
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK
MATA
PELAJARAN : KOMPETENSI
KEJURUAN
KELAS
/ SEMESTER : X / 1 (SATU)
A.
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan
hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social di atas kapal
B.
KOMPETENSI DASAR
Menerapkan
hubungan social dalam lingkungan kerja
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Aspek-aspek
social diatas kapal
2.
Keharmonisan dan
Motivasi
3.
Disiplin
4.
Tanggung jawab
Individu
5.
Prevese
6.
Penggunaan
alcohol dan obat-obatan
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
NILAI
BUDAYA DAN KARAKTER
|
KEWIRAUSAHAAN
/ EKONOMI KREATIF
|
1
|
Aspek sosial di
identivikasi dengan cermat
|
Bersahabat /
komunikatif
Tanggung jawab
|
Kepemimpinan
|
2
|
Keharmonisan dan
motivasi dipelihara dengan baik
|
|
|
3
|
Kedisiplinan
ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun
internasional
|
|
|
4
|
Tanggung jawab
individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenangannya dan kode kompetensi
etik social yang berlaku diatas kapal
|
|
|
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa
dapat :
v Mengidentivikasi aspek social dengan benar
v Memahami
keharmonisan dan motivasi
v Memahami
disiplin
v Memahami
tanggung jawab individu
v Memahami
provesi
F.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Penugasan
-
Ceramah
-
Tanya jawab
G.
STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP
MUKA
|
TERSTRUKTUR
|
MANDIRI
|
1.
Memahami
aspek-aspek social diatas kapal
|
|
|
2.
Memahami
keharmonisan dan motivasi
|
|
|
3.
Memahami
disiplin
|
|
|
4.
Memahami
tanggungjawab individu
|
|
|
5.
Memahami
provesi
|
|
|
6.
Memahami
dampak penggunaan alcohol dan obat-obat terlarang
|
|
|
7.
Menerapkan
prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja
|
|
|
J.
LANGKAH
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN BELAJAR
|
Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
|
1
|
Kegiatan
Awal
|
|
|
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
|
Bersahabat
/ Komunikatif
|
|
Membuat
kelompok diskusi
|
|
2
|
Kegiatan
inti :
|
Tanggungjawab
|
|
v
Eksplorasi :
|
|
|
Dalam kegiatan Eksplorasi
|
|
|
-
Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
|
|
|
-
Memahami gaya
kepemimpinan
|
|
|
v
Elaborasi
|
|
|
Dalam
Kegiatan Elaborasi
|
|
|
-
Menuliskan
prinsip-prinsip kepemimpinan
|
|
|
-
Menyampaikan
secara lisan tanggung jawab individu diatas kapal
|
|
|
v
Konfirmasi
|
|
|
Dalam
kegiatan konfirmasi siswa :
|
|
|
-
Menyimpulkan
hal-hal yang belum diketahui
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui
|
|
3
|
Kegiatan
akhir :
|
|
|
Refleksi
|
|
|
-
Guru
menyimpulkan pembelajaran hari ini
|
|
|
-
Melakukan doa
bersama untuk mengakhiri pembelajaran
|
|
K.
ALOKASI WAKTU
8
X 45 Menit
M.
SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi
di kapal
v Perjanjian kerja laut
N.
PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Raha,……………………………2012
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN
KELAUTAN RAHA
MATA
PELAJARAN :
KELAS
/ SEMESTER : X / 1 (SATU)
A.
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan
hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab
social diatas kapal
B.
KOMPETENSI DASAR
Menerapkan
kepemimpinan diatas kapal
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Kepemimpinan
2.
Gaya
kepemimpinan
D.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
|
KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
|
1
|
Kepemimpinan diatas
kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing
kapal perikanan
|
v
Bersahabat
/ komunikatif
v
Tanggung
jawab
|
v
Kepemimpinan
|
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa
dapat :
v Memahami
Prinsip-prinsi Kepemimpinan
v Memahami gaya
kepemimpinan
v Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
F.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Penugasan
-
Ceramah
-
Tanya jawab
G.
STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA
|
TERSTRUKTUR
|
MANDIRI
|
1.
Kepemimpinan
diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai
dengan kondisi masing-masing kapal perikanan
|
|
|
2.
Memahami
prinsip-prinsip kepemimpinan
|
|
|
3.
Memahami
gaya kepemimpinan
|
|
|
4.
Menerapkan
kepemimpinan diatas kapal
|
|
|
H.
LANGKAH
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
BELAJAR
|
Nilai Budaya
dan Karakteristik bangsa
|
1
|
Kegiatan
Awal
|
|
|
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini
|
Bersahabat
/ Komunikatif
|
|
Membuat
kelompok diskusi
|
|
2
|
Kegiatan
inti :
|
Tanggungjawab
|
|
v
Eksplorasi :
|
|
|
Dalam kegiatan Eksplorasi
|
|
|
-
Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
|
|
|
-
Memahami gaya
kepemimpinan
|
|
|
v
Elaborasi
|
|
|
Dalam
Kegiatan Elaborasi
|
|
|
-
Menuliskan
prinsip-prinsip kepemimpinan
|
|
|
-
Menyampaikan
secara lisan tanggung jawab sosial diatas kapal
|
|
|
v
Konfirmasi
|
|
|
Dalam
kegiatan konfirmasi siswa :
|
|
|
-
Menyimpulkan
hal-hal yang belum diketahui
-
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui
|
|
3
|
Kegiatan
akhir :
|
Bersahabat
/ Komunikatif
|
|
Refleksi
|
|
|
-
Guru
menyimpulkan pembelajaran hari ini
|
|
|
-
Melakukan doa
bersama untuk mengakhiri pembelajaran
|
|
L.
ALOKASI WAKTU
8
X 45 Menit
O.
SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN
v Modul BST
v Struktur Organisasi
di kapal
v Perjanjian kerja laut
P.
PENILAIAN
Jenis tagihan
v Tugas individu
v Ulangan
Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
Mengetahu
Kepala Sekolah
SMK Kelautan dan Perikanan
Raha
LA HALISI, S.Pd., M.Pd
|
Raha,……………………………2012
Guru Mata
Pelajar
WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS :
X
SEMESTER : 1 (SATU)
STANDAR KOMPETENSI : Menerapkan Hubungan kemanusiaan
dan tanggung jawab social diatas kapal
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Nilai budaya dan karakteristik bangsa
|
Kewirausahaan / ekonomi kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
1.mengidentivikasi
aspek umum hubungan antar manusia
|
v Perkembangan
perilaku kelompok
v Masalah-masalah
social
v Terjadinya
kenhik
v Kedudukan awak
kapal
|
v Bersahabat /
komunikatif
v Tanggung jawab
|
v Kepemimpinan
|
v Mengidentivikasi
dan tanggung jawab social diatas kapal
v Mengidentivikasi
perkembangan perilaku kelompok
v Mengidentivikasi
masalah masalah social
v Mengidentifikasi
terjadinya konflik
v Mengidentivikasi
kedudukan awak kapal
|
Hubungan
kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar
|
v Jenis tagihan
:
v Tugas individu
v Ulangan
v Bentuk
instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban
singkat
|
2
|
v Model BST
v Struktur
organisasi di Kapal
v Perjanjian
kerja laut
|
2.Menerapkan
hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
|
Manajemen
perkapalan
Tujuan,
fungsi dan hambatan
Organisasi
manajemen perkapalan
System
kerja di kapal
|
v Bersahabat /
komunikatif
v Tanggung jawab
|
v Kepemimpinan
|
v Memahami
hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal seuai hak dan tanggung
jawabnya
v Mehahami
manajemen perkapalan
v Memahami
tujuan fungsi dan hambatan
v Memahami
organisasi manajemen perkapalan
v Memahami
system kerja di kapal
v Menerapkan
hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal sesuai hak dan
tangungjawabnya
|
v Manajemen
perkapalan diidentivikasi dengan cermat
v Organisasi
diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
v Tugas pokok
dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan
perusahaan
v System kerja
di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
|
v Jenis tagihan
:
v Tugas individu
v Ulangan
v Bentuk
instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban
singkat
|
2
|
v Model BST
v Struktur
organisasi di Kapal
v Perjanjian
kerja laut
|
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Nilai budaya dan karakteristik
bangsa
|
Kewirausahaan / ekonomi kreatif
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
3.mengidentivikasi
aspek umum hubungan antar manusia
|
v Aspek-aspek
social diatas kapal
v Keharmonisan
dan motivasi
v Disiplin
v Tanggung jawab
individu
v Prevesi
v Penggunaan
alcohol dan obat-obatan
|
v Bersahabat /
komunikatif
v Tanggung jawab
|
v Kepemimpinan
|
v Memahami
Aspek-aspek social diatas kapal
v Memahami
Keharmonisan dan motivasi
v Memahami
Disiplin
v Memahami
Tanggung jawab individu
v Memahami
Prevesi
v Memahami
dampak Penggunaan alcohol dan obat-obatan
v Menerapkan
prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja
|
v Aspek social di identivikasi dengan benar
v Keharmonisan
dan motivasi di pelihara dengan baik
v Kedisiplinan
ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun
internasional
v Tanggung jawab
individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dank ode kompetensi
etika sisial yang berlaku diatas kapal
|
v Jenis tagihan
:
v Tugas individu
v Ulangan
v Bentuk
instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban
singkat
|
2
|
v Model BST
v Struktur
organisasi di Kapal
v Perjanjian
kerja laut
|
4.Menerapkan
kepemimpinan diatas kapal
|
v Kepemimpinan
v Gaya
kepemimpinan
|
v Bersahabat /
komunikatif
v Tanggung jawab
|
v Kepemimpinan
|
v Memahami
prinsip prinsip kepemimpinan
v Memahami gaya
kepemimpinan
v Menerapkan
kepemimpinan diatas kapal
|
v Kepemimpinan
diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi
masing-masing kapal perikanan
|
v
|
2
|
v Model BST
v Struktur
organisasi di Kapal
v Perjanjian
kerja laut
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar