do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 17 Maret 2011

Dasar -Dasar Perencanaa Ide Usaha



1. Tahap merumuskan misi
Rumuskanlah dengan jelas apa misi yang mendasari keinginan anda untuk membuat suatu usaha. Misi ini berisi filosofi dari usaha yang akan anda lakukan. Misi ini akan membantu anda dalam memperkukuh keyakinan di dalam diri.

2. Tahap pembuatan Rencana
Yang harus dilakukan dalam pembuatan rencana:
  • Tulis rencana, tujuan, dan gagasan-gagasan anda ke atas kertas, dengan tujuan untuk membantu anda memusatkan pikiran anda saat menuangkan apa saja keinginan anda.
  • Tulis daftar peluang usaha yang menarik minat dan perhatian anda.
  • Tulis rencana yang anda inginkan di atas kertas agar anda memiliki panduan untuk mencapai tujuan-tujuan yang anda harapkan dan mengukur langkah anda selanjutnya.
  • Fokuskan pilihan anda pada satu peluang usaha.
  • Tulis apasaja yang harus anda lakukan untuk mengevaluasi kembali gagasan yang anda pilih (apakah ide peluang usaha yang anda pilih itu sudah layak untuk anda lakukan) ?
  • Tulis rencana jangka pendek dan jangka panjang dari usaha anda.
  • Manfaat pembuatan rencana jangka pendek penting bagi anda untuk mengetahui hasil yang anda inginkan sesuai dengan tujuan yang telah anda rumuskan. Dengan demikian, anda tahu kearah mana anda harus melangkah sebelum memutuskan untuk melakukannya di luar perencanaan
  • Sedangkan manfaat pembuatan rencana jangka panjang akan membantu anda untuk mengetahui sasaran dan tujuan-tujuan apa yang anda harapkan dalam dua hingga lima tahun ke depan.
3. Tahap Menentukan Usulan Usaha
Pada tahap ini, anda harus sudah dapat menentukan satu usulan apa yang anda lakukan (apakah berupa usaha produk barang/jasa). Pilihlah dari salah satu peluang yang telah anda cermati dan sesuai dengan keinginan/kemampuan anda.

4. Tahap Pemantapan Rencana
Anda harus bisa mendefinisikan dengan jelas dan manta apa rencana bisnis anda dan bagaimana seharusnya bisnis yang akan anda lakukan. Anda harus bisa mendefinisikan perincian ide usaha yang anda bayangkan. Mantapkanlah rencana anda dengan matang, jangan sampai setengah hati dalam menjalankannya. Pada tahap ini anda harus bisa merumuskan rencana secara detai yang berisi:
  • Latar belakang
  • Gambaran usaha
  • Analisis pasar
  • Perencanaan Operasi Usaha
  • Perancanaan SDM
  • Perencanaan Dana
5. Tahap Perumusan Gagasan Ide Usaha
Anda dapat menuangkan gagasan-gagasan apa saja yang anda inginkan terhadap suatu ide usaha (berupa produk atau jasa) yang anda anggap potensial untuk anda lakoni. Tuangkan gagasan-gagasan yang baik secara jelas, agar langkah anda dapat berjalan dengan lacar.

6. Tahap Evaluasi
Evaluasi usaha dilakukan agar mengetahui kekurangan atau kelebihan dari produk usaha atau jasa anda. Pada tahap ini anda dapat menguji diri anda guna mempersiapkan “ketahanan masa depan” usaha yang tengah anda rintis. Oleh karena itu, tulislah rencana evaluasi anda.

7. Tahap Rencana Pengembangan Usaha
Anda dapat merumuskan dengan jelas rencana pengembangan usaha seperti yang anda inginkan. Pada tahap ini anda harus bersiap-siap untuk menerima kenyataan sukse atau gagal.

8. Tahap Menentukan Peluang Pasar
Untuk melihat celah peluang pasar, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu:
  • Produk barang/jasa apa yang tengah dibutuhkan oleh konsumen
  • Bagaimana dengan lokasi/tempat usaha? Apakah sudah layak/strategis untuk jenis usaha yang akan anda jalankan?
  • Berapa banyak barang yang mereka butuhkan?
  • Bagaimana dengan daya beli masyarakat? Apakah mendukung dengan harga yang anda tetapkan?
  • Target yang ingin anda capai?
  • Bagaimana dengan peluang pasarnya? Apakah usaha yang anda lakukan belum digarap oleh pesaing anda?
Merumuskan Strategi
Untuk membawa usaha anda pada titik keberhasilan. Beberapa bentuk strategi yang dapat anda lakukan antara lain :
a) Strategi langkah awal usaha
Misalnya bagaimana anda harus cermat dalam meluncurkan produk barang/jasa kepada masyarakat.
b) Startegi kemampuan menangkap peluang pasar
Yaitu sautu langkah jitu bagaiman anda mampu membaca peluang yang anda ciptakan.
c) Strategi inovasi
Yaitu perlunya kemampuan daya kreativitas dan inovasi dalam kegiatan wirausaha. Seab, dengan strategi ini anda dapat mengasah kemampuan untuk terus berkarya dan melakukan inovasi tiada henti terutama dalam menciptakan inovasi baru dari produk barang/jasa yang anda tawarkan.
d) Strategi membidik peluang pasar
Adalah suatu kemampuan seseorang wirausahawan melakukan analisis dalam bersaing memperebutkan celah pasar dengan para pesain.
Memilih Ide Usaha
Berikut ini ide yang dapat anda jadikan alternatif dalam memilh ide usaha :
  1. Penuhi Kebutuhan Konsumen.
  2. Jual Keunikan.
  3. Duplikasi Usaha Lain.
  4. Cari Fasilitas Tambahan
  5. Jual Keterampilan.
  6. Jadi Agen
  7. Jual Barang Bekas.
  8. Buka Kantor Sendiri.
  9. Jalankan Bisnis MLM atau Direct Selling.
  10. Beli Waralaba.
  11. Beli Usaha Prospektif
  12. Beli Usaha Sekarat.
  13. Buka Lokasi Usaha di Tempat Baru.
  14. Usaha Bersama.
  15. Mulai Usaha dari Rumah.
  16. Memulai Usaha Dari Hobi. 
  17. Menumbuhkan Keberanian Mewujudkan Ide Usaha
Menjadi seorang wirausaha bisa dikatakan gampang-gampang susah. Tetapi jika di dalam diri anda sudah tumbuh niat dan keinginan untuk menjadi seorang wirausaha, anda harus bisa mengasah keberanian itu dan wajib hukumnya bagi anda untuk mencobanya.
Untuk membakar diri anda agar siap menjadi seorang wirausaha, anda harus bisa menerapkan langkah berikut ini :
  • Perluas pergaulan anda
  • Tumbuhkan Keberanian untuk Memulai
  • Berpikir positif
  • Banyak Belajar
  • Berani Memimpin
  • Belajar Mencintai Pekerjaan Anda
  • Tekun
  • Jangan Lupa Bersyukur
  • Prinsip 5M (Mengamati, Mengikuti, Meniru, Menambahi,Mempromosikan)usaha anda dengan penuh keyakinan.


Tidak ada komentar: