Industri
Kecil Rumahan atau UMKM harus selalu di berdayakan dan juga di kembangkan untuk
membentuk suatu kekuatan ekonomi kerakyatan, yang akan membuat rakyat lebih
produktif dalam berkarya untuk menunjang perekonomiannya. Banyak Sekali Produk
rumahan yang tidak tersentuh pemerintah padahal potensi mereka untuk berkembang
dan sukses sangatlah besar.
Namun seperti halnya
beberapa industri rumahan yang ada di Indonesia, kendala klasik selalu menjadi
hambatan para pelaku usaha untuk bisa mengembangkan usahanya sehingga menjadi
sebuah kekuatan perekonomian keluarganya lebih jauh masyarakat disekitarnya.
Kendala yang selalu menjadi hambatan para usahawan kecil rumah tangga adalah
Modal, SDM, Teknologi dan Pemasaran.
Strategi yang sangat
rasional saat ini adalah program kemitraan. Bagi IRT, peningkatan kemitraan,
baik dalam bidang pemasaran, teknologi maupun permodalan perlu segera dilakukan.
Fasilitasi pemerintah masih tetap sangat diperlukan dan dalam intensitas yang
tinggi. Pengembangan IRT perlu dilakukan secara terintegrasi dan sinergi dengan
pengembangan industri berskala menengah dan besar, karena kebijakan
pengembangan sektoral tidak bisa mengkotak-kotakkan kebijakan menurut skala
usaha. Untuk itu strategi pengembangan IRT dilaksanakan melalui (1)
Pemberdayaan IRT yang sudah ada; (2) Pembinaan IRT secara terpadu; dan (3)
Meningkatkan keterkaitan IRT dengan industri besar dan sektor ekonomi lainnya.
Inovasi produk adalah salah satu strategi untuk lebih memikat konsumen yang
lama dan menarik konsumen yang baru, hal ini pun akan menambah keragaman produk
dan menguatkan imej usaha rumahan tersebut.
Dan ujung tombak dari
usaha apapun adalah pemasaran, hal inipun bisa dimulai dengan strategi
kemitraan. Seperti halnya di Jawa Barat, Rumah Kemasan adalah salah satu cara
awal untuk lebih menarik konsumen, dan harus berani dengan memanfaatkan
teknologi internet untuk mempromosikan produk yang di produksinya.
Untuk itu, dukungan
aspek kelembagaan yang mengatur tugas dan fungsi pembangunan dan dukungan
terhadap sektor industri rumah tangga baik secara sektoral maupun antara pusat
dan daerah secara nasional akan menentukan keberhasilan pembangunan sektor
industri rumah tangga yang di cita-citakan. Menjadi suatu kekuatan ekonomi
kerakyatan.
Seyogyanya Pemerintah Melalui Kementrian UMKM, BUMN, dan Perusahaan Swasta
Besar, untuk mendukung Program Pemberdayaan UMKM, sehingga Tonggak perekonomian
Masyarakat benar-benar berbasis ekonomi kerakyatan.
Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/2275201-strategi-peningkatan-industri-kecil-rumah/#ixzz1vPEkRzVe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar