Berbicara mengenai strategi pemasaran,
tentunya tidak bisa lepas dari kreativitas para pelaku usaha. Beragam cara
maupun strategi dipilih para pelaku usaha untuk mendapatkan perhatian dari
calon konsumennya. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih beberapa cara
ekstrim untuk menarik simpati para konsumen.
Kira-kira, strategi pemasaran apa saja yang bisa Anda tiru dari para
pengusaha yang sukses memasarkan produk unggulannya?
Berikut adalah lima strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk
mendapatkan banyak pelanggan.
1.
Ciptakan sesuatu yang berbeda
Ketika yang lainnya mulai seragam, Anda pun harus tampil beda untuk mendapatkan
perhatian khusus dari para konsumen. Contohnya saja seperti kesuksesan strategi
pemasaran yang dijalankan restoran “Steak Kiloan” di Jakarta Timur, dimana
mereka menjual steak berdasarkan berat daging (per kilogram), sehingga para
pengunjung bisa memilih sendiri daging sapi yang akan mereka santap dan
menyesuaikan ukurannya dengan perut serta kondisi kantong dompet masing-masing.
Dengan konsep pemasaran yang terbilang unik (pertama di Indonesia) ini, tidak
heran bila restoran Steak Kiloan tersebut selalu ramai dikunjungi konsumen dan
mendatangkan omset penjualan yang cukup besar setiap harinya.
2.
Menawarkan pemasaran kreatif melalui situs pertemanan
Merealisasikan ide pemasaran unik ternyata tidak hanya melalui dunia nyata
saja. Namun Anda juga bisa menawarkan pemasaran kreatif melalui situs
pertemanan (jejaring
sosial) yang bisa dijangkau seluruh konsumen dengan mudah dan murah
menggunakan jaringan internet. Bila restoran Steak Kiloan memberikan kebebasan
bagi para konsumen untuk memilih ukuran daging sesuai dengan selera, pelaku
bisnis Steak Hotel Holycow lebih memanfaatkan twitter untuk mempromosikan
restorannya. Caranya yaitu dengan memberikan satu porsi tiramisu gratis pada
setiap pelanggan yang mention @holycowsteak dalam tweetnya. Strategi tersebut
cukuplah sukses, sehingga wajar adanya bila setiap hari para konsumen rela mengantri
untuk menikmati seporsi steak hotel ala Holycow dan mendapatkan tiramisu gratis
dari aktivitas mention yang mereka lakukan.
3. Rangkul
beberapa kalangan untuk menjadi Brand Ambassador Anda
Tak bisa kita pungkiri bila kehadiran Brand Ambassador menjadi salah
satu alat promosi yang cukup efektif. Dalam hal ini, tentunya Anda tidak harus
menyewa artis terkenal dengan bayaran yang sangat mahal, namun Anda bisa
memanfaatkan tokoh masyarakat ataupun orang-orang di sekitar Anda yang
sekiranya memiliki prestasi cukup bagus sebagai duta produk Anda. Misalnya saja
dengan menggandeng para atlet lokal, para pelajar yang memenangkan olimpiade
sains tingkat dunia, dan lain sebagainya.
4.
Libatkan peran aktif para konsumen
Selain menggandeng beberapa public figure sebagai brand ambassador
produk Anda, selanjutnya Anda juga bisa melibatkan para konsumen untuk berperan
aktif dalam menjalankan strategi promosi.
Contohnya saja seperti strategi promosi produk kosmetik Pond’s melalui program
promosinya Pond’s Make it Happen, sang produsen ingin membangun
loyalitas konsumen dengan mengajak mereka untuk bisa mewujudkan mimpi
5.
Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen Anda
Ketika memasarkan produk ataupun jasa, yang terpenting adalah pahami kebutuhan
konsumen dan jadilah solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Strategi
seperti ini bisa Anda lihat dari iklan produk baru Unilever “Pure it”
(pemurni air) untuk keluarga yang menggunakan teknologi canggih, sehingga bisa
menghasilkan air minum yang aman dikonsumsi tanpa perlu membutuhkan bahan bakar
gas maupun listrik.
Melalui terobosan baru yang Anda ciptakan, tidak menutup kemungkinan bila
kedepannya para konsumen akan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan dan
semakin loyal dengan perusahaan yang Anda jalankan. Semoga informasi lima strategi
pemasaran untuk mendapatkan pelanggan ini bisa
memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk
meningkatkan omset penjualannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar