do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Senin, 05 Oktober 2009

pemulihan ekonomi

Pendahuluan
Latar Belakang
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sangat pesat belakangan ini menyebabkan terlenanya para pelaku ekonomi dan institusi pemegang kebijkan. Kesuksesan ini menimbulkan suatu optimism yang berlebihan dan dipihak lain terjadi keteledoran yang ditunjukkan oleh kegiatan-kegiatan ekonomi dari pelaku tanpa pengawasan dan lepas kendali.
Untuk mengatasinya, pemerintah mengambil tindakan-tindakan penyehatan, seperti injeksi modal, upaya-upaya rekapitulasi, dan suatu pemberdayaan yang bermanfaat untuk memperbaiki ekonomi Indonesia. Sektor tradisional yang selama ini dianggap sebagai sektor yang kurang penting dan dianggap sebagai penghambat pertumbuhan ekonomi, ternyata dapat berperan sebagai pengganti beberapa sektor modern yang belakangan ini ambruk.
Strategi pemberdayaan ekonomi rakyat dalam rangka pemulihan ekonomi Indonesia diantaranya mengembangkan ekonomi rakyat yang berlandaskan sistem ekonomi pancasila dengan melakukan pendekatan institusional. Dalam hal ini pemerintah menciptkan iklim usaha yang kondusif, dengan membangung sinergi yang saling menguntukan antara ekonomi rakyat dengan swasta ataupun nasional dalam hal pemodalan, teknologi, pemasaran, dan pengembangan sumber daya manusia.
Inti Permasalahan
Melihat generasi saat ini banyak pelaku ekonomi yang telah sukses tumbang, maka diperlukan pula pembinaan kader-kader pelaku ekonomi generasi baru menggantikan generasi pelaku ekonomi yang sudah tumbang
Permasalahannya adalah bagaimana membentuk generasi baru sebagai pelaku ekonomi selanjutnya? Dan bagaimana cara menstabilkan perekonomian yang belakangan ini mengalaim penurunan? Serta bagaimana sikap yang seharusnya dilakukan agar tidak terjadi sika keterlalu optimisan yang melekat dalam sektor ekonomi tersebut. Sikap itu sebenarnya memang sangat bagus, tapi akibat dari sikap tersebut adalah ketika seseorang sedang berleyeh-leyeh menganggap semua itu bisa teratasi tapi realitanya jauh dari perkiraan, dalam artian bad. Dan realita seperti apa pemberdayaan ekonomi disekitarmu?
Inti Penyelesaian
Pemberdayaan ekonomi rakyat merupakan suatu cara yang harus dilakukan untuk memulihkan ekonomi nasional. Jatuhnya ekonomi nasional dan pembenahan kembali disebabkan oleh sumbangan yang besar dari ekonomi rakyat. Pulihnya ekonomi tersebut disebabkan oleh faktor kepercayaan pada program pemerintah, dalam kerja sama seperti pemberdayaan ekonomi
Ekonomi rakyat itu sendiri adalah satuan ragam perekonomian rakyat. Dengan mengelompokan perekonomian rakyat dapat mendominasi struktur dunia usaha. Pemberdayaan ekonomi yang dimaskud adalah untuk menstabilkan perekonomian dalam ruang lingkup kecil adalahpengembangan kegiatan simpan pinjam dan lembaga keuangan mikro (LKM) dan pengembangan usaha kecil mikro (UKM). Kedua fokus adalah salah satu pemberdayaan ekonomi yang banyak dilakukan dibanyak daerah. Sekarang ini, pemberdayaan ekonomi yang seperti ini saling terkait dan mendukung satu sama lainnya. Simpan pinjam merupakan kegiatan pintu masuk yang dipilih dalam pemberdayaan Pekka. Oleh karena itu, semua kelompok Peka yang dibentuk, dimotivasi untuk memulai kegiatan dengan simpan pinjam dengan menerapkan sistem koperasi. Pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan usaha kecil mikro bagi kelompok Pekka dilakukan dengan berbagai cara termasuk pendampingan dan pelatihan usaha.
Sikap yang harus dibangun adalah sikap kerja keras dan pantang menyerah sehingga apa yang kita kerjakan membuahkan hasil. Karena jerih payah seseorang tidak akan terbuang bagitu saja, melainkan pasti ada hasil yang dicapai. Selain itu menanamkan kembali sikap saling percaya, itu adalah modal awal untuk menjalankan suatu usaha. Contoh saja simpan pinjam, bila tidak ada sikap saling percaya, apakah program tersebut bisa jalan? Lalu, menjalin kerjasama. Dengan begitu usaha akan berkembang pesat.
Poskan Komentar