do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 02 September 2009

Memilih pemimpin dengan kreteria sifat rosul


Maraknya pemilihan kepala daerah di berbagai wilayah di indonesia saat ini sungguh sangat memprihatinkan. baik pemilihan bupati,gubenur, maupun president tidak lepas dari unsur politik uang, yang hal ini bisa mempengaruhi pilihan seseorang dalam memilih pemimpin.

  Sungguh ironis memang, di jaman seperti ini kita sebagai warga masyarakat yang mendambakan seorang pemimpin yang adil, tapi disisih lain pilihan kita dipengaruhi oleh berbagai hal yang bisa mempengaruhi pilihan itu sendiri, sehingga kita tidak bisa obyektif dalam memilih pemimpin kita, oleh karena itu ada empat kreteria yang harus kita pengang dalam memilih pemimpin.
 1. Shidiq/jujur: sifat ini sebagai pondasi pertama bagi seorang pemimpin, karena sebagi seorang   pemimpin  harus selalu bersifat,bertindak dan berucap jujur dalam setiap tindak tanduknya, sehingga bisa menjadi tauladan bagi seluruh bawahannya.
 2. Amanah/bisa dipercaya: sifat ini sebagai salah satu sifat utama yang harus dimiliki seorang pemimpin, karena dengan sifat ini seorang pemimpin akan melaksanakan apa yang telah diamahkan kepadanya dan akan menjalankan tugas dengan baik.
 3. Tabligh/penyampai: dengan sifat ini seorang pemimpin akan selalu menyanpaikan tanggung jawabnya dengan Transparan dan akuntabel, dengan tidak menutup-nutupi sedikitpun apa yang telah dia kerjakan.
 4. Fatonah/cerdas: seorang pemimpin harus cerdas, sehingga bisa  menyelesaikan semua persoalaan dengan baik tanpa tanpa menyisakan persoalan-persolan lain dibelakang hari.
 Inilah empat acuan kita dalam memilih seorang pemimpin berdasarkan sifat-sifat rosul. semoga kedepan kita dapat realistis dalam memilis pemimpin tanpa dipengauhi oleh berbagai faktor terutama politik uang, sehingga apa yang kita pilih dapat melaksanakan amanah dengan baik sesuai apa yang kita inginkan.





Posting Komentar