Manfaat sumber-sumber informasi usaha
Pemanfaatan teknologi informasi, akan
mengarahkan perusahaan pada cara kerja perusahaan, perluasan kompetisi,
pemasaran, penjualan, distribusi, promosi, dan lain-lainnya. Adanya teknologi
informasi akan menyebabkan orang-orang dengan cepat mengetahui berita dan
dengan cepat pula dapat mengirim berita. Pemakaian teknologi informasi banyak
menimbulkan perubahan pada berbagai segi kegiatan dalam perusahaan. Oleh karena
itu, dalam rangka memajukan dan membesarkan usaha atau
bisnis, peran teknologi informasi harus
dioptimalkan penggunaannya.
? Informasi semakin sedikit yang relevan.
Orang-orang politik bilang
“informasi adalah kekuasaan”. Sementara
orang-orang bisnis bilang
“untuk mengetahui masa depan bisnis. Untuk itu
kuasailah dan cari
sebanyak-banyaknya informasi.
? Keberhasilan wirausaha dalam mengelola
informasi, bukan terletak pada banyaknya informasi yang ia miliki, melainkan
pada relevansinya. Dengan adanya sumber-sumber informasi, maka para Wirausaha
akan mengetahui bahwa informasi itu sangat penting untuk bahan masukan bagi
pengambilan suatu keputusan dalam bisnis. Zaman
sekarang dikenal abad informasi, yang mana
kemampuan untuk mendapatkan dan menggunakan sumber informasi merupakan aktiva
yang terbesar. Orang-orang politik bilang: “Siapa yang memiliki informasi
paling banyak, dialah yang paling berkuasa”. Sementara orang-orang bisnis
mengatakan:”Untuk dapat mengelola bisnis dengan baik, pasarkan sesuatu untuk
masa depan; untuk mengetahui masa depan, kuasailah
sebanyak-banyaknya
informasi”
Dengan memanfaatkan sumber-sumber informasi, para
Wirausaha
akan melaksanakan perubahan atau perbaikan
hal-hal berikut.
a. Perluasan kompetisi bisnis.
b. Pembuatan produk
c. Pemasaran dan penjualan produk.
d. Ketenagakerjaan.
e. Cara mengelola bisnis.
f. Memilih produk.
Dari penjelasan uraian di atas, dapat diambil
kesimpulan bahwa dengan adanya sumber-sumber informasi, maka para Wirausaha
akan dapat:
a. Memilih dan membuat produk dengan lebih cepat
dan lebih murah.
b. Memilih dan membuat produk yang bermutu laku
dijual, dan harga bersaing.
c. Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang
menguntungkan.
d. Memilih dan membuat desain baru atau
kombinasi.
e. Memilih dan membuat produk yang lebih baik
dengan harga relative murah.
Sumber:http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1943999-manfaat-sumber-sumber-informasi-usaha/#ixzz1vOshBGw1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar