Melakukan Penelitian Pasar
Dalam kegiatan
rutin sehari-hari, sadar atau tidak mungkin Anda sering atau pernah terlibat
dalam penelitian pasar. Misalnya, sebelum Anda membeli suatu barang, Anda
keliling ke toko/pasar swalayan untuk membandingkan barang yang akan Anda beli
dengan harga yang paling murah, kualitas yang paling baik dan model yang bagus.
Sebagai seorang wirausaha, Anda mungkin akan memeriksa barang yang
dikembalikan, untuk mengetahui alasannya mengapa barang dikembalikan pelanggan.
Anda mungkin menanyakan kepada pelanggan lama, mengapa mereka berhenti membeli
dari toko Anda. Anda mungkin mempelajari iklan dari koran, majalah atau
televisi, untuk mengetahui bagaimana mereka menjual produk.
Dari
kegiatan-kegiatan tersebut di atas, sebenarnya Anda telah melakukan peneiitian.
Penelitian pasar hanya membuat proses kegiatan tersebut menjadi lebih
sistematis. Melalui penelitian pasar, Anda dapat membuat suatu kerangka yang
memungkinkan Anda menilai arti informasi tentang pasar secara obyektif.
Langkah-langkah dalam melakukan penelitian pasar adalah sebagai berikut :
Ø
Merumuskan masalah
Ø Melakukan
penelitian pendahuluan
Ø Merencanakan
peneliti
Ø
Menggunakan sumber daya Anda sendiri atau dari luar
Ø Mengolah
dan menafsirkan data
Ø Membuat
kesimpulan atau keputusan
Ø Menerapkan
keputusan dan mengkaji ulang keputusan Anda.
Sumber:http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1944000-melakukan-penelitian-pasar/#ixzz1vOrJfsNw
Tidak ada komentar:
Posting Komentar