Cara Merebut Hati Pelanggan Tanpa
Banting Harga : Berkompetisi untuk mencari pelanggan dengan cara perang harga
dengan kompetitor, merupakan hal yang sudah biasa di Dunia Bisnis , yang
menjadi tantangan adalah, bagaimana caranya agar pembeli tetap menjadi pasar
wirausaha Anda tanpa harus membanting harga. Berikut kiat bagaimana caranya
merebut hati pelanggan tanpa harus Membanting Harga ;
- Berikan pelayanan terbaik pada
konsumen agar mereka menjadi pelanggan setia anda,
Belajar dari bisnis yang sudah besar. Mereka ternyata memfokuskan pelayanan
yang baik pada customer-nya. Itu yang membedakan dengan perusahaan atau bisnis
lain yang serupa.
- Promosi besar-besaran bukanlah
jaminan banyaknya customer datang ke sebuah tempat usaha, Promosi hanya
mengundang customer pertama kali saja, selanjutnya customer akan melakukan
penilaian. Kalau pelayanannya tidak bagus, ya mereka akan pergi mencari tempat
lain. Jadi promosi besar-besar akan percuma tanpa ada pelayanan yang baik.
- Layaknya pepatah lama,pengelola
usaha harus memperlakukan konsumen sebagai raja. Strategi jadikan konsumen
raja' yaitu berhasil mengambil hati konsumen . Meski menetapkan harga lebih
tinggi, tetapi tetap dibeli bahkan lebih lama dalam bisnisnya .
- wirausaha yang sukses adalah yang
bisa mengambil hati konsumennya . Apalagi esensi bisnis adalah menciptakan
konsumen, menjaga konsumen dan menciptaka.
Berikut poin-poin yang harus dipuaskan
oleh para pengelola usaha ;
ada tujuh service bites yang harus dipenuhi. Diantaranya, akses, kompetensi,
keramahtamahan, responsif, kecepatan dan keamanan.
- Akses misalnya, sebuah tempat usaha akan ditinggalkan jika sulit dijangkau
oleh konsumen, baik dari letak fisik, telepon atau online. Tempatnya harus
mudah dicari dan punya tempat parkir, kalau tidak akan susah. Telepon juga
harus selalu bisa dihubungi, kalau tidak, konsumen jadi malas.
- Untuk kompetensi, karyawan di sebuah tempat usaha sudah seharusnya mengetahui
info produk dan dapat menjelaskan pada konsumen. Kalau ditanya kenapa batiknya
lebih mahal, jangan jawab tidak tahu. Pemilik tempat usaha harus men-training
karyawannya untuk ini,
- Tak hanya info produk, karyawan juga harus memiliki karakter yang ramah,
responsif dan mampu memenuhi harapan konsumen. Selamat Mencoba Semoga bisa
Menjadi Pengusaha yang Sukses tan haru banting harga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar