do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 19 September 2015

1000 Cara Mencegah Radiasi Komputer Terhadap Mata-




Komputer kini telah banyak digunakan oleh masyarakat umum, baik di kantor maupun di perumahan. Karena dianggap untuk memfasilitasi pekerjaan. Komputer juga banyak digunakan oleh berbagai profesi, seperti desainer, guru, akuntan, fotografer, dan banyak lagi. Karena dianggap komputer memiliki beberapa fungsi.
Namun di balik sifatnya yang fleksibel, komputer juga dapat merusak kesehatan kita, terutama mata. Karena radiasi yang dikeluarkan oleh monitor atau komputer yang dapat merusak kesehatan mata. Seiring dengan perkembangan teknologi, radiasi komputer dapat diminimalkan.
dosenpendidikan.com/ Sebelumnya layar komputer berbentuk seperti balok, sangat besar dan radiasi yang dihasilkan juga cukup besar. Tapi sekarang layar telah efisien dan radiasi sudah semakin kecil, atau sering disebut sebagai layar LCD.
Berdasarkan penelitian tingkat emisi gelombang elektromagnetik terhadap kesehatan, disarankan untuk tidak menempatkan peralatan elektronik rumah tangga terlalu terpusat, terutama TV, komputer dan lemari es tidak harus terkonsentrasi di satu area atau berdekatan satu sama lain karena dapat meningkatkan dosis radiasi yang berlebihan jumlah. Untuk posisi dalam penempatan spasial komputer sangat penting.
Bagian belakang layar komputer tidak harus menghadapi orang lain, karena radiasi komputer terbesar di belakang layar, sementara bagian depan layar memiliki tingkat terendah radiasi. Untuk pengguna komputer juga disarankan untuk rajin mencuci muka dan tangan, latihan ringan untuk menjaga hangat tubuh setelah berjam-jam di depan komputer.
Para ahli kesehatan mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari di mana-mana ada radiasi gelombang elektromagnetik. Jadi setiap orang harus bisa melindungi diri mereka sendiri dalam inisiatif, tetapi tidak perlu merasa terlalu tegang dan ketakutan, meskipun karena gelombang elektromagnetik dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.
Mungkin bukan hanya saya yang kadang-kadang lupa di depan komputer sampai mendengar adzan subuh, mungkin juga tidak hanya penulis yang setia di depan laptop dengan atau tanpa ditemani lagu. Mungkin Anda juga sama dengan saya orang-orang yang benar-benar seperti ‘mengobrol’ dengan berita dunia maya meskipun benar-benar benci bahwa nama chat. orang-orang yang kadang-kadang tidak menyadari bahwa ia meletakkan komputer sebagai soulmatenya termasuk saya.
Orang-orang (termasuk saya) kadang-kadang lupa bahwa komputer atau laptop yang kita gunakan memiliki banyak rahasia yang tak terhitung.
Dari berbagai penelitian diketahui bahwa radiasi dari layar dapat merusak kesehatan mata. Kabar baiknya, radiasi komputer tidak mengandung radiasi radioaktif. Radiasi komputer dapat menyebabkan mata rabun, katarak, epilepsi. Efeknya dirasakan 15 atau 20 tahun kemudian. Efeknya adalah proses yang terjadi secara bertahap yang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa risiko ini benar-benar bisa terjadi.
Seperti yang telah kita bahas dalam bab pertama, bahwa semua perangkat elektronik memancarkan jenis medan elektromagnetik (medan elektromagnetik, atau EMF), yang merupakan salah satu jenis radiasi. Namun, EMF adalah jenis radiasi non-ionisasi, atau radiasi yang bahkan tidak cukup energi untuk mengionisasi atom atau elektron menggairahkan, berbeda dengan radiasi uranium, yang radiasi pengion.
Contoh radiasi yang ekstrim dari perangkat elektronik radiasi dari microwave, yang memancarkan medan frekuensi tinggi yang dapat dideteksi meskipun dalam beberapa meter. Namun, sebagian lainnya elektronik radiasi perangkat akan berkurang dalam beberapa inci. Selama kita menjaga jarak yang cukup saat menggunakan alat ini, maka tidak perlu khawatir.
Namun, ada kasus-kasus seperti penggunaan laptop. Banyak orang menaruh laptop di paha mereka ketika mereka bekerja. Artinya, jarak antara tubuh laptop adalah nol. Berarti risiko yang lebih besar. Radiasi yang berasal dari laptop sebagian besar dari komponen laptop, seperti hard drive dan chip memori, daripada keluar dari layar.
Namun, WHO (World Health Organization) menyangkal hal ini dan mengatakan bahwa efek WI-FI masih di bawah batas yang dapat merusak tubuh manusia.
Berikut adalah sedikit penjelasan tentang bagian-bagian dari sebuah komputer yang umumnya membentuk unit komputer dengan atau tanpa WI-FI.

A. WI-FI
Wi-Fi (wireless fidelity) yang lebih dikenal sebagai jaringan lokal nirkabel, yang digunakan semakin populer di negara-negara maju dan negara berkembang. Dengan jaringan Wi-Fi orang bisa pergi ke internet tanpa harus repot menyambungkan kabel dari komputer ke saluran telepon. Di balik kemudahan yang ditawarkan oleh Wi-Fi ada beberapa keyakinan yang menganggap publik wi-fi berdampak negatif terhadap kesehatan, antara bahaya yang dihasilkan adalah bahaya yang menyebabkan kepala dapat menyebabkan nyeri, gangguan tidur (insomnia), mual, terutama bagi mereka yang electrosensitif.
Transceiver (receiver) koneksi nirkabel juga menghasilkan radiasi microwave, sehingga ada juga dugaan yang menyebutkan bahwa sinyal wireless (atau wi-fi, wireless fidelity) jauh lebih berbahaya.
Apakah jaringan nirkabel wireless-fidelity (Wi-Fi) benar-benar menjadi ancaman bagi kesehatan manusia. Pertanyaan itu muncul dan perdebatan percikan setelah Apakah jaringan nirkabel wireless-fidelity (Wi-Fi) benar-benar menjadi ancaman Panorama-program stasiun televisi Inggris, BBC-menyiarkan hasil investigasinya.
Menurut temuan Panorama, tingkat radiasi yang dipancarkan oleh peralatan Wi-Fi di sebuah sekolah di Norwich, yang memiliki lebih dari seribu siswa, lebih tinggi dari tingkat radiasi yang dipancarkan dari ponsel menara transmisi operator umumnya. Pengukuran Panorama menunjukkan kekuatan sinyal Wi-Fi di dalam kelas adalah tiga kali lebih kuat daripada intensitas radiasi dari menara ponsel.
Temuan ini penting karena anak-anak memiliki tengkorak yang lebih tipis daripada orang dewasa dan masih dalam tahap pertumbuhan. Pengujian menunjukkan bahwa anak-anak menyerap lebih banyak radiasi daripada orang dewasa. Di Inggris perkotaan, hotspot Wi-Fi muncul seperti jamur. Menurut Panorama, dalam 18 bulan terakhir ada 2 juta pengguna Wi-Fi baru. Wi-Fi digunakan pada 70 persen dari sekolah menengah dan 50 persen sekolah dasar.
Berbeda dengan Panorama, pengukuran tingkat radiasi di sekolah Norwich jauh di bawah ambang batas keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah. Bahkan masih 600 kali di bawah ambang batas. Tetapi beberapa ilmuwan menduga ambang dasar itu tidak benar. Para peneliti juga prihatin dengan kurangnya penelitian tentang dampak radiasi jaringan nirkabel (Wi-Fi). Sedangkan untuk penelitian serupa pada ponsel dan ada ribuan menara radio.
B. MONITOR
Jika Anda bekerja dengan komputer 12 jam sehari dan memonitor komputer Anda tidak dilindungi dengan filter anti radiasi akan menyebabkan mata Anda sakit dan merah. Monitor komputer menghasilkan radiasi sinar-X, ultraviolet, dan radiasi elektromagnetik (mirip dengan yang dihasilkan oleh microwave).
Radiasi hasil penelitian terutama monitor komputer juga menunjukkan bahwa: radiasi monitor komputer kebocoran radiasi diagonal terjadi jauh lebih besar jika kita berhadapan langsung. Misalnya: jika kita berhadapan, jumlah radiasi x; maka dengan monitor yang sama jika kita berada dalam posisi diagonal, jumlah radiasi x + y.
Waspada keretakan retina karena gelombang radiasi beta yang dihasilkan oleh monitor komputer Anda. Monitor komputer produksi mulai tahun 2004 telah menyertakan lemah komponen silikon radioaktif (metaloid kelompok) yang mampu membuat warna XVGA lebih cerah dengan biaya rendah. Sinar radioaktif akan terus aktif sampai meluruh habis selama 20 tahun. kerusakan mata belum tentu, tapi bertahap. selalu isitirahatkan mata Anda dengan menutup mata setiap 3 jam dari komputasi selama 5 menit. Penelitian lebih lanjut dilakukan di pusat mata USA.
C. KONTRAS dan BRIGHTNESS
Pekerjaan yang berhubungan dengan keakuratan warna misalnya design, tentu saja, sangat tergantung pada kecerahan monitor dan kontras; dari hasil penelitian menetapkan kecerahan yang lebih tinggi dan kontras, semakin tinggi radiasi. Setiap mata orang memiliki daya tahan yang berbeda; nyeri, air mata, iritasi, dll, yang merupakan konsekuensi dari atas.
Jika terus-menerus dialami dalam jangka waktu yang lama, maka salah satu hasilnya adalah: menderita asthenopia mata sangat lambat untuk bereaksi terhadap cahaya, karena intensitas cahaya radiasi komputer, kontras kecerahan, sinar matahari, dll yang berlebihan.
Desktop komputer yang dilengkapi dengan casing logam sehingga membentuk perisai pelindung dari radiasi Gauss. Tapi pembuat laptop ada yang menghilangkan ini melindungi produk mereka untuk laptop ringan dan lebih menarik pengguna.
Menurut Profesor Olle Johansson dari Karolinska Institute di Swedia, yang diwawancarai Panorama, Jika Anda melihat literatur, Anda dapat menemukan sejumlah efek radiasi, seperti kerusakan kromosom, berdampak pada kapasitas konsentrasi dan penurunan pendek memori jangka, serta peningkatan kejadian berbagai jenis kanker.
Radiasi adalah jaringan yang sangat mengganggu tubuh, terutama kulit, telinga, mata, sistem saraf dan dapat menyebabkan gangguan sel yang menyebabkan mutasi gen. Seperti terjadi pada laptop. Ini salah satu sarana komunikasi telah membudaya penggunaan. Selain penggunaannya kadang sewenang-wenang terlalu sering akrab dibawa kemana-mana dan sangat akrab dengan perilaku pemiliknya.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebanyak mungkin sebelum kita menghindari pengaruh yang besar pada radiasi memantau dan sistem mekanik. Karena dalam penelitian ditemukan pada 30.000 kasus pada pekerja komputer pada tahun 1969, menemukan bahwa sebagian besar kasus terjadi di samping kanker otak juga gangguan sistem saraf pusat manusia juga menyebabkan kematian.
Ini bukan hal yang mudah untuk menghindari radiasi komputer karena untuk menjalankan pekerjaan sehari-hari kita selalu dituntut untuk tetap di depan komputer. Namun, masih ada beberapa cara di atas yang dapat menguntungkan mengurangi efek buruk dari radiasi komputer.
Ada rekomendasi bahwa medan elektromagnetik dapat membatasi tubuh adalah 2,5 mili ditoleransi. Namun, laptop ini mampu menghabiskan lebih dari 150 mG saat digunakan.

Cara Mencegah Radiasi Komputer Terhadap Mata Kita Sebagi Berikut :
  1. Ketika bekerja dengan komputer, masing-masing ± 30 s / d 50 menit, istirahatkan mata Anda selama 5 menit, lihat tanaman hijau, melihat objek dengan perubahan visibilitas dari terdekat terjauh (lihat ke awan). Dalam perusahaan yang berkaitan dengan komputer di LN, bahkan setiap 50 menit seluruh layar komputer di set auto shut down, untuk mengistirahatkan mata sejenak seluruh karyawan selama 5 menit.
  2. Gunakan monitor LCD (liquid crystal display) dan filter layar untuk mengurangi radiasi komputer. Radiasi yang disebabkan oleh monitor LCD cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan tabung radiasi monitor.
  3. Sesuaikan pengaturan pada monitor Anda. Akan buruk bagi mata jika setting monitor Anda terlalu gelap atau terlalu terang. Cobalah untuk membuat pengaturan pada cahaya dan kontras untuk menjadi nyaman untuk mata.
  4. Sesuaikan posisi monitor yang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika lokasi monitor terlalu tinggi maka akan mengganggu pasokan udara ke otak. Posisi ideal untuk monitor di tingkat mata.
  5. Jaga jarak monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan komputer adalah 45 cm.
Untuk menjaga mata kita dari radiasi komputer cukup mudah :
  • Dengan menjaga jarak mata Anda ke komputer, minimal 30cm.
  • Sesuaikan tingkat layar untuk tingkat mata.
  • Mengatur warna layar dan pencahayaan yang tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.
  • Pencahayaan sekitar komputer juga harus cukup, jangan gunakan komputer di ruangan gelap.
  • Gunakan monitor dalam bentuk LCD / Plasma.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A.
Ada beberapa cara untuk menjaga mata Anda lebih maksimal bekerja dengan komputer :
  1. Jika Anda lelah, istirahatkan mata Anda sebentar. Jangan memaksakan diri untuk terus menatap komputer ketika Anda lelah.
  2. Jangan lupa untuk terus makan makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung vitamin A wortel. Namun perlu diingat bahwa konsumsi vitamin A yang akan disesuaikan dengan dosis. Jika terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan overdosis vitamin A. Untuk konsumsi vitamin A, menurut penelitian baru dari Inggris, antara lain: kebutuhan konsumsi vitamin A untuk anak-anak: 200 SI / kg berat badan, sedangkan untuk orang dewasa: 70 SI / kg. Jadi tidak perlu mengkonsumsi vitamin A tablet khusus dan terus menerus, karena dapat menyebabkan batu ginjal. Vit A tablet dapat diambil 1x seminggu. Hal lain dengan Wortel / sayuran / buah hijau / Jeruk segala sesuatu yang secara alami mengandung Pro vit. Sebuah tubuh yang bisa diurai dengan baik agar tidak Dampak terhadap kesehatan. Wortel segar dapat dimakan langsung.
  3. Dalam dikompresi dengan air hangat / boorwater / dengan mentimun (baik untuk mata dan kulit).
  4. Tidur / istirahat yang teratur selama 8 jam.
  5. Terutama di daerah tropis, masih banyak orang yang belum sadar dan ‘perawatan’ mata sendiri: melindungi mata Anda dari sinar matahari sebagai intensitas cahaya jauh lebih besar dan dapat menyebabkan katarak.
  6. Khusus Orangtua dan Calon Orangtua: Dorong anak Anda dari ekarang, menonton TV / main playstation, dll, dengan jarak minimal 3 meter. Jangan membaca sambil tidur / tempat pencahayaan kurang. Hal ini penting inisangat ditanamkan awal.

Poskan Komentar