do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 06 Oktober 2015

PEMETAAN SK SD DAN ASPEK HUBUNGAN KEMANUSIAAN



PEMETAAN SK SD DAN ASPEK
HUBUNGAN KEMANUSIAAN


SATUAN PENDIDIKAN
MATA PELAJARAN
KELAS / SEMESTER

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indicator Pencapaian Kompetensi
Aspek

Pengusaaan konsep dan nilai-nilai
Penerapan
Ket
1.    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal
1.1       mengidentivikasi aspek umum  hubungan antar manusia
1.2       menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
1.3       Menerapkan
1.4       Menrapkan kepemimpinan diatas kapal
v hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab sosial diatas kapal diterapkan dengan benar 
v manajemen perkapalan diidentivikasi dengan benar
v organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
v tugas pokok dan fungsi setiap persosial dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
v system kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
v aspek social di identifikasi dengan benar
v keharmonisan dan motifasi dipelihara dengan baik
v kedisiplinan ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
v Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewajiban arahnya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal
v Kepemimpinan diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan





Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd

Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely


















KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
MATA PELAJARAN  HUBUNGAN KEMANUSIAAN

SEKOLAH    : SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
KELAS          :
SEMESTER :
KKM              :

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
STANDAR KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

HASIL KKM
NILAI KKM %
Standar Kompetensi
1.    Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal







1.1 Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia







Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar







1.2 Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal







Manajemen perkapalan di identivikasi dengna benar







Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal







Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan







Sistem kerja dikapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya.







1.3 Menerapkan hubungan sosial dalam lingkungan







Aspek social diidentivikasi dengan benar







Keharmonisan dan motivasi dipeliraha dengan baik







Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional







Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenangannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal.







1.4 menerapkan kepemimpinan diatas kapal







Kepemimpinan di atas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing masing kapal perikanan.







JUMLAH 2 KD









Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd

Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely




PROGRAM SEMESTER
TAHUN AJARAN 2012 / 2013

SEKOLAH                                        : SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN RAHA
KELAS  /  SEMESTER                   : X / 1 (SATU)
MATA PELAJARAN                      : PENCEGAHASAN POLUSI
KODE KOMPETENSI                    :
STANDAR KOMPETENSI            : MENERAPKAN HUBUNGAN KEMANUSIAAN DAN TANGGUNGJAWAB
  SOSIAL DIATAS KAPAL

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
ALOKASI WAKTU
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOVEMBER
DESEMBER
1.1meidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
Hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kepal diterapkan dengan benar
-   Perkembangan perilaku kelompok
-   Masalah masalah social
-   Terjadinya konflik
-   Kedudukan awak kapal


2 JP
1
2
3
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.2menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
-   Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat
-   Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
-   Tugas pokok dan fungsi setiap per social dijabarkan dengan benar sesuai ketentuan perusahaan
-   System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
-   Manajemen perkapalan
-   Tujuan, fungsi, dan hambatan
-   Organisasi manajemen perkapalan
-   System kerja di kapal

2 JP




























1.3 menerapkan hubungan sisial dama lingkungan kerja
-   Aspek social di identivikasi dengan benar
-   Keharmonisan dan motivasi dipelihara dengan baik
-   Kedisiplinan ditegakan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
-   Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal 































1.4menerapkan kepemimpinan diatas kapal

-   Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan

-   Kepemimpinan
-   Gaya kepemimpinan

2 JP
































Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd

Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely



PROGRAM TAHUNAN (PROTA)
HUBUNGAN KEMANUSIAAN


SATUAN PENDIDIKAN    :
MATA PELAJARAN          : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)
TAHUN AJARAN               : 2012-2013

NO
STANDAR KOMPETENSI
ALOKASI WAKTU
KET
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI



Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab sosial diatas kapal
1.1Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
-     Perkembangan perilaku kelompok
-     Masalah-masalah social
-     Terjadinya konflik
-     Kedudukan awak kapal




1.2 menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan sisial di kapal
-     Manajemen perkapalan diidentivikasi dengan cermat
-     Organisasi diatas kapal di buat sesuai kebutuhan kebutuhan ditas kapal
-     Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
-     System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya





1.3 menerapkan hubungan Sosial dalam lingkungan kerja
-     Aspek social di identivikasi dengan benar
-     Keharmonisan dan motivasi dipeliharan dengan baik
-     Kedisiplinan diterapkan sesuai norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
-     Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal 





1.4menerapkan kepemimpinan diatas kapal

-   Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan





Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd

Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN          : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

A.    STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal
B.     KOMPETENSI DASAR
Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
C.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Perkembangan perilaku kelompok
2.      Masalah-masalah social
3.      Terjadinya konflik
4.      Kedudukan awak kapal

D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
1
Mengidentivikasi hubungan kemanusiaan dan tanggungjawab social diatas kapal
Bersahabat / komunikatif
Tanggung jawab
Kepemimpinan
2
Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok


3
Mengidentivikasi masalah-masalah social


4
Mengidentivikasi terjadinya konflik


5
Mengidentivikasi kedudukan awak kapal



v  Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok
v  Mengidentifikasi masalah-masalah social
v  Mengidentivikasi kedudukan awak kapal
E.     METODE PEMBELAJARAN
v  Penugasan
v  Ceramah
v  Tanggung jawab
F.     STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA
TERSTRUKTUR
MANDIRI
v  Mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
v  Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar
v  Masalah-masalah social

Siswa


G.     LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
KEGIATAN BELAJAR
Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
1
Kegiatan Awal


Melakukan doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini
Bersahabat / Komunikatif

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 

2
Kegiatan inti :


v  Eksplorasi :


Mengetahui tentang hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal dengan benar


v  Konfirmasi


Dalam kegiatan  konfirmasi siswa


-          Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
-          Menjelaskan hal-hal yang belum diketahui

3
Kegiatan akhir :


Refleksi


-          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


-          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran



H.    ALOKASI WAKTU
8 X 46 Menit 

I.        SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v  Modul BST
v  Struktur Organisasi
v  Perjanjian kerja laut

J.      PENILAIAN
Jenis tagihan
v  Tugas individu
v  Ulangan
Bentuk instrument
v  Uraian bebas
v  Pilihan ganda
v  Jawaban singkat


Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd
Raha,……………………………2012
Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           : SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN          : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

A.    STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan antara manusia dalam kehidupan sisial di kapal  
B.     KOMPETENSI DASAR
Menerapkan hubungan antara manusia dalam kehidupan social di kapal
C.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Manajemen Perkapalan
2.      Tujuan Fungsi dan Hambatan
3.      Organisasi Manajemen perkapalan
4.      System kerja di kapal
D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
1
Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat
Bersahabat / komunikatif
Tanggung jawab
Kepemimpinan
2
Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal  


3
Tugas pokok dan fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan


4
Ssitem kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya  



E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat
v  Memahami hubungan antar manusia dalam kehidupan sisial dikapal sesuai hak dan tanggungjawabnya
v  Memahami manajemen perkapalan
v  Memahami tujuan, fungsi dan hambatan
v  Memahami  organisasi manajemen perkapalan
v  Memahami system kerja di kapal
F.     MATERI PEMBELAJARAN
-                 Penugasan
-                 Ceramah
-                 Tanya jawab 

G.    STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA
TERSTRUKTUR
MANDIRI
1.    Manajemen perkapalan di identivikasi dengan cermat


2.    Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal 


3.    Tugas pokok dan fungsi sesuai personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan


4.    Ssitem kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya 



H.      LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
KEGIATAN BELAJAR
Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
1
Kegiatan Awal


Melakukan doa bersama untuk memulai pelajaran hari ini
Bersahabat / Komunikatif

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 

2
Kegiatan inti :
Tanggungjawab

v  Eksplorasi :


Dalam kegiatan Eksplorasi


Menerapkan system kerja di kapal  


v  Elaborasi


Dalam Kegiatan Elaborasi





v  Konfirmasi


Dalam kegiatan  konfirmasi siswa :


-        Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
-        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

3
Kegiatan akhir :


Refleksi


-          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


-          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran


I.       ALOKASI WAKTU
8 X 45 Menit 

K.     SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v  Modul BST
v  Struktur Organisasi  di kapal
v  Perjanjian kerja laut

L.     PENILAIAN
Jenis tagihan
v  Tugas individu
v  Ulangan
Bentuk instrument
v  Uraian bebas
v  Pilihan ganda
v  Jawaban singkat

Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd
Raha,……………………………2012
Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           : SMK 
MATA PELAJARAN          : KOMPETENSI KEJURUAN   
KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

A.    STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social di atas kapal   

B.     KOMPETENSI DASAR
Menerapkan hubungan social dalam lingkungan kerja

C.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Aspek-aspek social diatas kapal
2.      Keharmonisan dan Motivasi
3.      Disiplin
4.      Tanggung jawab Individu
5.      Prevese
6.      Penggunaan alcohol dan obat-obatan

D.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
1
Aspek sosial di identivikasi dengan cermat
Bersahabat / komunikatif
Tanggung jawab
Kepemimpinan
2
Keharmonisan dan motivasi dipelihara dengan baik  


3
Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional 


4
Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenangannya dan kode kompetensi etik social yang berlaku diatas kapal  




E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat  :
v  Mengidentivikasi aspek social dengan benar
v  Memahami  keharmonisan dan motivasi
v  Memahami  disiplin 
v  Memahami   tanggung jawab individu 
v  Memahami  provesi 

F.     MATERI PEMBELAJARAN
-                 Penugasan
-                 Ceramah
-                 Tanya jawab 

G.    STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA
TERSTRUKTUR
MANDIRI
1.    Memahami aspek-aspek social diatas kapal  


2.    Memahami keharmonisan dan motivasi  


3.    Memahami disiplin 


4.    Memahami tanggungjawab individu  


5.    Memahami provesi


6.    Memahami dampak penggunaan alcohol dan obat-obat terlarang


7.    Menerapkan prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja











J.        LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
KEGIATAN BELAJAR
Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
1
Kegiatan Awal


Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 
Bersahabat / Komunikatif

Membuat kelompok diskusi

2
Kegiatan inti :
Tanggungjawab

v  Eksplorasi :


Dalam kegiatan Eksplorasi


-          Menerapkan  kepemimpinan diatas kapal  


-          Memahami gaya kepemimpinan


v  Elaborasi


Dalam Kegiatan Elaborasi


-          Menuliskan prinsip-prinsip kepemimpinan  


-          Menyampaikan secara lisan tanggung jawab individu diatas kapal 


v  Konfirmasi


Dalam kegiatan  konfirmasi siswa :


-        Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
-        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui

3
Kegiatan akhir :


Refleksi


-          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


-          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran


K.    ALOKASI WAKTU
8 X 45 Menit 
M.    SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v  Modul BST
v  Struktur Organisasi  di kapal
v  Perjanjian kerja laut
N.    PENILAIAN
Jenis tagihan
v  Tugas individu
v  Ulangan
Bentuk instrument
v  Uraian bebas
v  Pilihan ganda
v  Jawaban singkat


Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd
Raha,……………………………2012
Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH                           : SMK  PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN          :     
KELAS / SEMESTER         : X / 1 (SATU)

A.    STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan hubungan kemanusiaan dan tanggung  jawab social diatas  kapal
B.     KOMPETENSI DASAR
Menerapkan kepemimpinan diatas kapal 
C.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kepemimpinan
2.      Gaya kepemimpinan

D.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NO
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
NILAI BUDAYA DAN KARAKTER
KEWIRAUSAHAAN / EKONOMI KREATIF
1
Kepemimpinan diatas kapal diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan 
v  Bersahabat / komunikatif
v  Tanggung jawab
v  Kepemimpinan

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat  :
v  Memahami  Prinsip-prinsi Kepemimpinan
v  Memahami  gaya kepemimpinan
v  Menerapkan kepemimpinan diatas kapal

F.     MATERI PEMBELAJARAN
-                 Penugasan
-                 Ceramah
-                 Tanya jawab 

G.    STRATEGI PEMBELAJARAN
TATAP MUKA
TERSTRUKTUR
MANDIRI
1.    Kepemimpinan  diatas kapal  diidentivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan


2.    Memahami prinsip-prinsip kepemimpinan    


3.    Memahami  gaya kepemimpinan


4.    Menerapkan kepemimpinan diatas kapal    



H.      LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
NO
KEGIATAN BELAJAR
Nilai Budaya dan Karakteristik bangsa
1
Kegiatan Awal


Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini 
Bersahabat / Komunikatif

Membuat kelompok diskusi

2
Kegiatan inti :
Tanggungjawab

v  Eksplorasi :


Dalam kegiatan Eksplorasi


-          Menerapkan  kepemimpinan diatas kapal  


-          Memahami gaya kepemimpinan


v  Elaborasi


Dalam Kegiatan Elaborasi


-          Menuliskan prinsip-prinsip kepemimpinan 


-          Menyampaikan secara lisan tanggung jawab sosial diatas kapal 


v  Konfirmasi


Dalam kegiatan  konfirmasi siswa :


-        Menyimpulkan hal-hal yang belum diketahui
-        Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui



3
Kegiatan akhir :
Bersahabat / Komunikatif

Refleksi


-          Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini


-          Melakukan doa bersama untuk mengakhiri pembelajaran


L.     ALOKASI WAKTU
8 X 45 Menit 
O.     SUMBER BELAJAR / ALAT / BAHAN
v  Modul BST
v  Struktur Organisasi  di kapal
v  Perjanjian kerja laut
P.     PENILAIAN
Jenis tagihan
v  Tugas individu
v  Ulangan
Bentuk instrument
v  Uraian bebas
v  Pilihan ganda
v  Jawaban singkat


Mengetahu
Kepala Sekolah SMK Kelautan dan Perikanan
Raha



LA HALISI, S.Pd., M.Pd
Raha,……………………………2012
Guru Mata Pelajar




WA ODE SITTI SURATMIN, A.Md Pely





SILABUS PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                                             :  SMK PERIKANAN DAN KELAUTAN RAHA
MATA PELAJARAN                        : HUBUNGAN KEMANUSIAAN
KELAS                                                                 : X
SEMESTER                                                        : 1 (SATU)
STANDAR KOMPETENSI             : Menerapkan Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab  social diatas kapal
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Nilai budaya dan karakteristik bangsa
Kewirausahaan / ekonomi kreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
1.mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
v  Perkembangan perilaku kelompok
v  Masalah-masalah social
v  Terjadinya kenhik
v  Kedudukan awak kapal
v  Bersahabat / komunikatif
v  Tanggung jawab
v  Kepemimpinan
v  Mengidentivikasi dan tanggung jawab social diatas kapal
v  Mengidentivikasi perkembangan perilaku kelompok
v  Mengidentivikasi masalah masalah social
v  Mengidentifikasi terjadinya konflik
v  Mengidentivikasi kedudukan awak kapal
Hubungan kemanusiaan dan tanggung jawab social diatas kapal diterapkan dengan benar
v Jenis tagihan :
v Tugas individu
v Ulangan
v Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
2
v Model BST
v Struktur organisasi di Kapal
v Perjanjian kerja laut
2.Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal
Manajemen perkapalan
Tujuan, fungsi dan hambatan
Organisasi manajemen perkapalan
System kerja di kapal
v  Bersahabat / komunikatif
v  Tanggung jawab
v  Kepemimpinan
v  Memahami hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal seuai hak dan tanggung jawabnya
v  Mehahami manajemen perkapalan
v  Memahami tujuan fungsi dan hambatan
v  Memahami organisasi manajemen perkapalan
v  Memahami system kerja di kapal
v  Menerapkan hubungan antar manusia dalam kehidupan social di kapal sesuai hak dan tangungjawabnya

v Manajemen perkapalan diidentivikasi dengan cermat
v Organisasi diatas kapal dibuat sesuai kebutuhan diatas kapal
v Tugas pokok dan fungsi setiap personil dijabarkan dengan jelas sesuai ketentuan perusahaan
v System kerja di kapal diatur dan dilaksanakan sesuai tugas pokok dan fungsinya
v Jenis tagihan :
v Tugas individu
v Ulangan
v Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
2
v Model BST
v Struktur organisasi di Kapal
v Perjanjian kerja laut



Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Nilai budaya dan karakteristik bangsa
Kewirausahaan / ekonomi kreatif
Kegiatan pembelajaran
Indikator pencapaian kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber belajar
3.mengidentivikasi aspek umum hubungan antar manusia
v  Aspek-aspek social diatas kapal
v  Keharmonisan dan motivasi
v  Disiplin
v  Tanggung jawab individu
v  Prevesi
v  Penggunaan alcohol dan obat-obatan
v  Bersahabat / komunikatif
v  Tanggung jawab
v  Kepemimpinan
v  Memahami Aspek-aspek social diatas kapal
v  Memahami Keharmonisan dan motivasi
v  Memahami Disiplin
v  Memahami Tanggung jawab individu
v  Memahami Prevesi
v  Memahami dampak Penggunaan alcohol dan obat-obatan
v  Menerapkan prinsip dasar hubungan social dalam lingkungan kerja
v  Aspek social di identivikasi dengan benar
v Keharmonisan dan motivasi di pelihara dengan baik
v Kedisiplinan ditegakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku baik nasional maupun internasional
v Tanggung jawab individu dilaksanakan sesuai dengan batas kewenagannya dank ode kompetensi etika sisial yang berlaku diatas kapal

v Jenis tagihan :
v Tugas individu
v Ulangan
v Bentuk instrument
v Uraian bebas
v Pilihan ganda
v Jawaban singkat
2
v Model BST
v Struktur organisasi di Kapal
v Perjanjian kerja laut
4.Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
v  Kepemimpinan
v  Gaya kepemimpinan
v  Bersahabat / komunikatif
v  Tanggung jawab
v  Kepemimpinan
v  Memahami prinsip prinsip kepemimpinan
v  Memahami gaya kepemimpinan
v  Menerapkan kepemimpinan diatas kapal
v Kepemimpinan diatas kapal di identivikasi dan diaplikasikan sesuai dengan kondisi masing-masing kapal perikanan
v  
2
v Model BST
v Struktur organisasi di Kapal
v Perjanjian kerja laut



Poskan Komentar