do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Selasa, 15 Desember 2009

Proses Produksi Krupuk


Proses produksi merupakan cara atau metode untuk menciptakan ataumenambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumbersumbertenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana yang ada. Uraian dibawahini memberikan gambaran mengenai proses produksi krupuk yang meliputibahan baku dan pembuatannya.A Bahan BakuBahan baku yang digunakan dalam proses pembuatan krupuk adalahsebagai berikut :Tepung tapioka, Gel atau kanji yang dibuat dari tepung tapioka, Garam,Pewarna, Udang, Bawang, Air.B. Proses / tahapan pembuatan krupukAdapun tahap pembuatan krupuk adalah sebagai berikut : 


1. Pembuatan Gel krupukGel krupuk dari campuran tepung tapioca dengan air yang mendidih.Dimasukkan dalam panci besar dan diaduk sampai membentuk sepertijelly.2. Tahap PencampuranGel yang sudah didinginkan kemudian dicampur dengan bahan-bahanseperti bumbu (garam, udang, bawang, air dan pewarna).3. PencetakanGel yang sudah bercampur dengan bumbu kemudian dicampur dengantepung, lalu dimasukkan ke dalam alat cetak.4. PemasakanTahap ini merupakan tahap terakhir sebelum cetakan krupukdikeringkan. Krupuk yang setengah matang dimasukkan ke dalam alatuntuk mengukus yang berfungsi sebagai pemasak krupuk.5. PengeringanTahap ini adalah yaitu krupuk yang telah masak dimasukkan dalamsebuah oven untuk dikeringkan.6. PenggorenganTahapan ini adalah tahapan yang terakhir yaitu krupuk yang telah dikeringkan lalu di goreng sehingga siap di konsumsi.




Posting Komentar