do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 09 Desember 2009

Strategi Peningkatan Industri Kecil Rumah Tangga di Indonesia Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/2275201-strategi-peningkatan-industri-kecil-rumah/#ixzz1vPF1sK8M


Industri Kecil Rumahan atau UMKM harus selalu di berdayakan dan juga di kembangkan untuk membentuk suatu kekuatan ekonomi kerakyatan, yang akan membuat rakyat lebih produktif dalam berkarya untuk menunjang perekonomiannya. Banyak Sekali Produk rumahan yang tidak tersentuh pemerintah padahal potensi mereka untuk berkembang dan sukses sangatlah besar.


Namun seperti halnya beberapa industri rumahan yang ada di Indonesia, kendala klasik selalu menjadi hambatan para pelaku usaha untuk bisa mengembangkan usahanya sehingga menjadi sebuah kekuatan perekonomian keluarganya lebih jauh masyarakat disekitarnya. Kendala yang selalu menjadi hambatan para usahawan kecil rumah tangga adalah Modal, SDM, Teknologi dan Pemasaran.
Strategi yang sangat rasional saat ini adalah program kemitraan. Bagi IRT, peningkatan kemitraan, baik dalam bidang pemasaran, teknologi maupun permodalan perlu segera dilakukan. Fasilitasi pemerintah masih tetap sangat diperlukan dan dalam intensitas yang tinggi. Pengembangan IRT perlu dilakukan secara terintegrasi dan sinergi dengan pengembangan industri berskala menengah dan besar, karena kebijakan pengembangan sektoral tidak bisa mengkotak-kotakkan kebijakan menurut skala usaha. Untuk itu strategi pengembangan IRT dilaksanakan melalui (1) Pemberdayaan IRT yang sudah ada; (2) Pembinaan IRT secara terpadu; dan (3) Meningkatkan keterkaitan IRT dengan industri besar dan sektor ekonomi lainnya. Inovasi produk adalah salah satu strategi untuk lebih memikat konsumen yang lama dan menarik konsumen yang baru, hal ini pun akan menambah keragaman produk dan menguatkan imej usaha rumahan tersebut.

Dan ujung tombak dari usaha apapun adalah pemasaran, hal inipun bisa dimulai dengan strategi kemitraan. Seperti halnya di Jawa Barat, Rumah Kemasan adalah salah satu cara awal untuk lebih menarik konsumen, dan harus berani dengan memanfaatkan teknologi internet untuk mempromosikan produk yang di produksinya.
Untuk itu, dukungan aspek kelembagaan yang mengatur tugas dan fungsi pembangunan dan dukungan terhadap sektor industri rumah tangga baik secara sektoral maupun antara pusat dan daerah secara nasional akan menentukan keberhasilan pembangunan sektor industri rumah tangga yang di cita-citakan. Menjadi suatu kekuatan ekonomi kerakyatan.


Seyogyanya Pemerintah Melalui Kementrian UMKM, BUMN, dan Perusahaan Swasta Besar, untuk mendukung Program Pemberdayaan UMKM, sehingga Tonggak perekonomian Masyarakat benar-benar berbasis ekonomi kerakyatan.




Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/2275201-strategi-peningkatan-industri-kecil-rumah/#ixzz1vPEkRzVe
Poskan Komentar