Online shop atau yang dikenal dengan
toko online adalah suatu jenis usaha di dunia Internet yang sangat naik daun
akhir-akhir ini. Menjamurnya bisnis toko online memang menjadi konsekuensi
logis dari tingginya tingkat penetrasi aksesInternet di masyarakat Indonesia.
Makin banyak konsumen potensial, makin menguntungkan pula prospek bisnisnya.
Akan tetapi di balik kemudahan membuka
sebuah toko online, Anda jangan mengharapkan datangnya laba yang cepat
danmudah. Dibutuhkan ketelatenan dan kerja keras untuk membuat nama toko online
Anda bisa terangkat. Dan modal yangdigunakan juga lumayan tinggi untuk itu.
Inilah 11 hal yang perlu Anda
perhatikan secara seksama saat hendak membuka sebuah toko online. Dengan
memfokuskanperhatian pada 11 poin ini, peluang untuk berhasil mendulang rupiah
dengan toko online niscaya akan lebih tinggi.
Poin 1: Foto produk
Bila Anda menjual produk yang bisa
dilihat, sebuah foto (yang asli, bukan direkayasa) menjadi hal wajib. Mengapa?
Karenamanusia sangat memercayai indra penglihatannya. Peluang untuk membeli
akan lebih tinggi jika Anda mengunggah foto disamping deskripsi produk yang
Anda jual. Oleh karena itu gunakan jasa fotografi profesional jika dana
memungkinkan.
Poin 2: Kontak lengkap
Berikan alamat kontak yang jelas dan
bisa didatangi secara fisik karena karakter masyarakat kita yang masih belum
percayasepenuhnya pada toko online yang tidak memberikan alamat yang jelas.
Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Andabisa berikan nomor telepon,
nomor ponsel, PIN BlackBerry, alamat surel, Yahoo Messenger dan sebagainya.
Poin 3: Respon cepat
Saat calon pembeli menghubungi via
telepon, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon.
Segeraberikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk. Dengan mengabaikan
mereka, peluang untuk mereka kembali lagiakan makin kecil.
Poin 4: Balas calon pembeli meski terlambat
Seperti sudah dikemukakan tadi,
kecepatan sangat penting dalam merespon. Dan yang penting, meski terlambat
puncobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Siapa tahu
itu potensi besar? Tak jarang banyak orangyang setia menunggu tanggapan Anda
tetapi sudah lupa karena padatnya aktivitas.
Poin 5: Miliki banyak rekening bank
Berikan banyak alternatif rekening bank
untuk melakukan transfer pembayaran. Jangan sampai Anda mengandalkan hanyasatu
bank saja. Setidaknya miliki satu rekening di bank swasta nasional dan satu
lagi bank pemerintah. Makin banyakalternatif yang memudahkan, makin bagus.
Poin 6: Hindari perang harga
Perang harga memang menyenangkan bagi
konsumen dalam jangka pendek. Anda juga bisa meraup lebih banyakpelanggan.
Tetapi ini bukan hal yang akan membawa kesuksesan dalam jangka panjang apalagi
jika harga yang murahmembuat kualitas produk atau layanan Anda memburuk.
Usahakan kualitas tak terpengaruh secara signifikan oleh patokanharga yang
rendah.
Poin 7: Berikan kepastian dan tepati
Transparansi mengenai stok barang yang
dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan pembeli
merupakansebagian hal yang diinginkan kepastiannya dari seorang penjual di toko
online. Jangan mempermainkan pelanggan denganmemberikan ketidakpastian
informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Reputasi
usaha akan hancurlambat laun. Beri kepastian kapan barang sampai. Bila perlu
berikan nomor resi pengiriman barang agar si pembeli bisa
periksa keberadaan barangnya via kantor
ekspedisi yang dipakai kita.
Poin 8: Petunjuk pembelian yang jelas
Setiap toko online memiliki cara
pembelian yang kadang berbeda. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara
membelidengan sebaik-baiknya. Misalnya setelah tertarik membeli produk
tertentu, calon pembeli bisa mengirimkan SMS denganaturan/ kode tertentu atau
mengirimkan sejumlah dana dengan aturan tertentu. Itu semua terlihat remeh
tetapi cukuprumit di pelaksanaannya.
Poin 9: Perincian harga barang dan ongkos kirim
Berikan rincian harga barang dan ongkos
kirim dengan jelas. Karena kadang ada perbedaan jarak yang menyebabkanperbedaan
tarif pula. Jangan sampai merugikan salah satu pihak. Setelah calon pembeli
pesan produk, berikan konfirmasimengenai harga dan ongkos kirim.
Poin 10: Update terus menerus
Apa yang terpikir saat kita membuka toko
online yang informasinya sudah begitu lama tidak diperbarui. Mungkin satubulan,
dua bulan atau 6 bulan. Makin lama Anda tidak memperbarui situs toko online
Anda dengan sesuatu yang baru,makin rendah minat konsumen untuk datang apalagi
bertransaksi. Adanya pembaruan menandakan adanya denyutkehidupan dalam bisnis
Anda. Setidaknya jika memang stok terbaru belum ada, berikan secara rutin
informasi-informasi
menarik dan ringan bagi pengunjung.
Poin 11: Desain dan navigasi yang ramah
Ramah di sini tentu dimaksudkan untuk
pengunjung. Desain tak perlu ngejreng atau glamor, yang terpenting
adalahfungsionalitasnya. Apakah pengunjung yang gaptek sekalipun bisa
menjelajahi situs toko online Anda dengan baik? Jika iya,selamat. Situs Anda
berpeluang lebih tinggi jaring pembeli. Desain yang digunakan juga tentukan
kecepatan loading laman web toko online. Konsep desain yang sederhana lebih
bermanfaat. Apalagi jika calon pembeli banyak yang mengakses dari ponsel. Anda
perlu menyiapkan pula versi mobile situs toko online Anda. Ini akan membuka
pintu bagi para calon pembeli yang suka menggunakan ponsel untuk mengakses
situs Anda.(*AP)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar