Website menjadi sarana promosi dan marketing yang
tepat bagi perkembangan industri berskala mikro dan kecil. Praktis, efektif dan
komunikatif merupakan segelintir aspek positif yang mendorong pelaku usaha
untuk meluncurkan website bidang usahanya. Meski demikian, banyak pula usaha
kecil yang gulung tikar dari jagat maya dikarenakan berbagai macam hal, antara
lain website-nya tak memberi feedback serta penjualan yang
sesuai harapan atau dinilai tak mampu memberi informasi yang benar-benar
dibutuhkan customer. Mengapa hal itu terjadi?
Menurut Lisa Barone, Co-Founder and Chief Branding
Officer Outspoken Media, Inc., perusahaan yang fokus menangani manajemen online
dan jasa internet, , seperti yang dikutip dari Small Business
Trends,permasalahan di atas terjadi karena banyak pelaku bisnis yang tak
mencantumkan informasi atau fitur yang bisa dijadikan sumber informasi bagi
konsumen. Untuk mencegah hal tersebut, Barone mengungkapkan 6 hal yang harus
ada dalam website usaha kecil :
Intuitif Navigasi
Kegagalan sering terjadi pada website dengan navigasi
yang sulit diakses oleh user. Oleh karenanya buatlah navigasi yang
intuitif atau mudah dipahami user. Navigasi yang intuitif menurut
Barone adalah navigasi yang :
·
Tidak harus semuanya
dalam bentuk Flash.
·
Menempatkan search
box pada posisi yang mudah dicari dan tidak tersembunyi.
·
Memakai nama fitur
yang lazim diingat seperti shopping cart alih-alih product receptacle, dll.
Konten Berbobot
Cara untuk membedakan website Anda dengan pesaing yang
berusaha menjadi plagiator adalah dengan membuat konten berkualitas. Tunjukkan
bahwa website Anda berkelas dengan menayangkan sejumlah informasi yang dikemas
serta disusun semenarik mungkin, misalnya :
·
Dirancang menyerupai
e-book.
·
Berisi business
checklist yang bisa diunduh atau di-download oleh user.
·
Berisi beberapa
artikel atau karya tulis yang berasal dari blog Anda, dll.
Blog
Menampilkan link blog di website memang bukan hal baru
di dunia maya. Tetapi hal itu ampuh untuk menarik perhatian user.
Bagi usaha kecil, blog bisa dijadikan jati diri perusahaan ataucompany voice.
Blog juga dapat dijadikan media untuk berkomunikasi dengan user serta
wadah berbagi pengalaman, kisah serta informasi secara lebih mendetil. Anda tak
perlu meng-updateblog setiap hari namun buatlah jadwal yang tetap untuk menjaga
jalinan interaksi serta komunikasi dengan user.
Alamat, Telepon dan Kontak Lain
Salah satu cara efektif bagi usaha kecil untuk
meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata useradalah dengan
menampilkan alamat, telepon, e-mail address dan kontak lain
seperti Twitter, Facebook, dll. Aneka macam informasi itu merupakan bukti bahwa
usaha yang sedang Anda kelola benar-benar nyata sehingga memberi kemudahan bagi user untuk
mengadakan kontak dengan Anda.
Ulasan
Ulasan yang berisi rekomendasi dari pihak-pihak
berpengaruh sangat penting untuk ditampilkan di website Anda. Tujuannya untuk
menambah kredibilitas perusahaan serta meningkatkan jumlahuser yang
berkunjung ke website Anda.
Cara Berbelanja
Ketika user puas mengakses website
Anda dan cocok dengan produk yang Anda tawarkan, hal yang akan dilakukan
selanjutnya adalah membeli produk Anda. Agar proses transaksi berjalan lancar,
buatlah fitur cara berbelanja yang mudah dipahami oleh user. Pandu user menuju
ke fitur pembelian itu dengan menggunakan kata-kata yang bisa langsung dicerna
seperti misalnya buy now, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar