Dengan kira-kira 150.000 situs baru
dan 7 juta laman baru yang ditambahkan ke Internet setiap harinya, tantangan
terbesar untuk setiap entrepreneur ialah ditemukan, dan mendapatkan
kredibilitas untuk usaha rintisannya. Kita bisa simpulkan dari pengalaman bahwa
publikasi di blog secara teratur untuk menunjukkan penawaran Anda, bahkan
sebelum Anda memilikinya, ialah salah satu pendekatan yang paling hemat biaya
dalam hal waktu dan uang.
Dengan banyaknya blog sekarang ini, tantangannya ialah bagaimana agar Anda ditemukan dan mendapatkan kredibilitas melalui blog Anda.
Kendala terbesar ialah pendiri usaha rintisan sudah terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk membuat produk, strategi pemetaan, menjaring investor, dan sebagainya. Maka dari itu, perlu diperhatikan bagaimana menyisihkan waktu dan menulis konten yang berkualitas di blog tersebut. Namun berikut adalah sejumlah alasan utama mengapa Anda harus memprioritaskan membuat blog untuk usaha rintisan:
Dengan banyaknya blog sekarang ini, tantangannya ialah bagaimana agar Anda ditemukan dan mendapatkan kredibilitas melalui blog Anda.
Kendala terbesar ialah pendiri usaha rintisan sudah terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk membuat produk, strategi pemetaan, menjaring investor, dan sebagainya. Maka dari itu, perlu diperhatikan bagaimana menyisihkan waktu dan menulis konten yang berkualitas di blog tersebut. Namun berikut adalah sejumlah alasan utama mengapa Anda harus memprioritaskan membuat blog untuk usaha rintisan:
1. Anda bisa memvalidasi kebutuhan dan solusi Anda
sebelum membelanjakan uang. Terlalu banyak entrepreneur menghabiskan dana
besar untuk pengembangan padahal solusi yang ditemukan tidak terlalu memuaskan.
Masukan dan umpan balik yang didapat dari blog akan memberitahukan pada Anda
apakah setiap orang sepakat dengan penilaian Anda dan apakah Anda memiliki
basis pelanggan yang menanti dengan setia.
2. Temukan mitra potensial. Sebagian besar orang yang
Anda inginkan sebagai mitra kini membaca berbagai blog untuk menemukan ide yang
relevan dan mitra yang cocok. Karena itulah, memiliki blog adalah sebuah cara
yang efektif untuk menemukan orang-orang yang berpikiran sama dan memulai
dialog yang lebih hangat. Dari sudut pandang jejaring, ini lebih efisien
daripada menghadiri seminar dan acara-acara industri lainnya.
3. Menarik pekerja yang cerdas. Pekerja potensial yang
cerdas juga membaca blog-blog agar tetap mengikuti perkembangan dalam industri
mereka dan menemukan pimpinan baru yang lebih baik. Semakin banyak pegawai
bekerja untuk orang yang mereka hormati daripada perusahaan. Ambillah insiatif
untuk membuat diri Anda dikenal di luar sana. Tentunya, pada akhirnya Anda
menghendaki pegawai yang bisa menulis blog untuk Anda dan perusahaan Anda pula.
4. Bangunlah basis pelanggan sejak dini. Tidak
pernah terlambat untuk memulai sebuah doalog dengan pelanggan sepanjang Anda
tidak menyesatkan mereka mengenai posisi Anda. Bangunlah merek Anda dan jaring
pembeli. Terdapat peluang untuk melakukan konsultasi dengan pelanggan yang
tertarik untuk memberikan pemasukan yang dibutuhkan sementara produk masih
dalam tahap pengembangan.
5. Bangun kredibilitas dengan investor. Sebuah blog
ialah kendaraan yang efektif untuk menemui para investor sebelum Anda siap
untuk mengajukan pendanaan pada mereka. Anda juga akan mempelajari tentang para
pesaing yang merasa minder membaca blog Anda. Begitu Anda mendapatkan perhatian
nyata sebagai seorang pakar atau ahli dalam bidang Anda, para investor akan
memprioritaskan Anda dalam daftar pendanaan mereka.
6. Asah terus ketrampilan komunikasi Anda. Menulis
sebuah blog adalah sebuah upaya komunikasi yang kontinu dan itulah tugas utama
Anda sebagai pendiri usaha. Cobalah untuk menulis pemikiran Anda dalam paparan
singkat yang bisa dimengerti orang lain dengan cepat. Bahkan jika Anda menyewa
jasa penulis, proses penyampaian ide ini akan mengasah ketrampilan komunikasi
Anda.
7. Peringkat Google Anda akan naik drastis. Saat
Google dan mesin pencari lainnya membutuhkan 2-3 minggu untuk memasukkan blog
Anda dalam daftar hasil pencarian mereka, situs blog baru dan entri blog baru
selalu diindeks setiap harinya. Dari komentar, Anda akan mengakumulasi tautan
eksternal ke dan dari situs Anda dan mendapatkan peringkat tambahan dari
Google.
Karena sebuah usaha
baru belum dikenal orang, maka Anda-lah mereknya berdasarkan budaya media
sosial masa kini. Orang berpikir usaha Anda nyata jika mereka melihat orang
yang nyata dan mereka akan memberikan kredibilitas pada usaha baru Anda
berdasarkan pada prestasi Anda dan kualitas informasi yang Anda berikan di
blog.
Jika usaha baru Anda
belum memiliki blog, saatnya Anda mempertimbangkan untuk menulis blog di salah
satu platform blogging besar seperti Wordpress.com, Blogger.com, Tumblr.com,
dan sebagainya. Blog gratis ini lalu bisa dihubungkan langsung dengan sebuah
domain untuk memperkokoh dampak SEO (Search Engine Optimization) secara
keseluruhan. Secara keuangan, biaya untuk hosting juga terpangkas. (*/Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar