Dalam bisnis, semua orang tampaknya mengagung-agungkan strategi.
Memang penting bagi seorang entrepreneur untuk memiliki strategi khusus dan
menetapkan target tertentu seperti pencapaian target penjualan periode bulan X
sebesar Y persen, atau mencanangkan pertumbuhan perusahaan sebesar Z persen,
atau menerapkan strategi yang Anda yakini akan mempermulus jalan menuju
tujuan-tujuan tersebut.
Sebuah strategi yang jelas dan mudah
dipahami yang memberikan petunjuk proses untuk mencapai tujuan bisa jadi terasa
memberikan sensasi nyaman, namun perlu hati-hati juga agar jangan sampai
menjadi batu sandungan dalam mencapai tujuan. Jagalah agar pikiran Anda tidak
terlalu terfokus pada proses saja sehingga Anda kehilangan orientasi terhadap
tujuan yang jauh lebih besar. Cukuplah menjadikan strategi sebagai rujukan
beberapa kali saja dan ingatkan diri sendiri mengenai apa yang Anda sedang
ingin raih. Pasar berubah, konsumen pun bergerak dinamis, dan bahkan perusahaan
Anda mengalami pergeseran.
Melihat ke atas, ke tujuan yang lebih besar, akan membuat Anda lebih pasti dalam menangkap peluang penting dan baru. (HBR/ *Akhlis)
Melihat ke atas, ke tujuan yang lebih besar, akan membuat Anda lebih pasti dalam menangkap peluang penting dan baru. (HBR/ *Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar