Beberapa waktu lalu fitur baru hadir
di Instagram, jejaring sosial berbasis gambar yang dimiliki
Facebook. Dengan berbekal kamera video smartphone, Anda kini bisa
mengunggah video singkat ke akun Instagram untuk sekadar bersenang-senang atau,
jika Anda seorang entrepreneur, Anda bisa menggunakannya sebagai alat
untuk memasarkan produk atau jasa yang Anda miliki. Tak cuma Anda bisa berbagi informasi
produk/ jasa di Instagram tetapi juga sekaligus di jejaring sosial besar lain
seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr. Ini membuat kerja Anda lebih mudah.
Pertama-tama Anda perlu memiliki smartphone
berplatform Android atau iPhone (BlackBerry belum didukung) untuk
bisa mengakses Instagram. Buatlah akun dan Anda siap bereksperimen menyusun
cerita audiovisual mengenai produk/ jasa Anda sebagai sarana berpromosi online.
Sebelum mengunggah video, Anda perlu mengetahui
beberapa poin mengenai fitur video Instagram sebagai berikut:
1. Panjang: Durasi maksimalnya hanya 15 detik
2. Pengeditan: Kita bisa hapus sebuah segmen dari video
3. Filter: Sejumlah filter bisa dipilih untuk membuat
hasil lebih menarik
4. Audiens: Jangkauan Instagram lebih dari 130 juta orang
pengguna
5. Integrasi: Fitur video Instagram menyatu dengan
aplikasi Instagram sehingga mudah diakses semua pengguna
6. Pemilihan gambar cover: Kita bisa memilih
gambar diam dari video yang akan digunakan sebagai cover yang semenarik mungkin
jika dilihat orang lain
7. Akses dari Facebook: Karena bisa dihubungkan dengan
akun Facebook, teman-teman di Facebook juga bisa melihatnya.
Berikut adalah 6 cara yang Anda perlu lakukan dalam
memanfaatkan fitur video di Instagram seperti disarikan dari laman Socialmediaexaminer.com:
1. Rekam video demo produk/ jasa dan tanya
jawab singkat: Video singkat bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan konsumen/
klien mengenai produk/ jasa yang Anda tawarkan. Tanpa banyak kata tetapi lebih
meyakinkan.
2. Buat portofolio visual pengerjaan produk: Dengan kata
lain, Anda bisa memamerkan cara/ prosedur pengerjaan produk yang Anda jual. Ini
akan lebih menarik, terutama produk kuliner. Mereka dapat menyaksikan proses
pembuatannya.
3. Memberitahukan penawaran istimewa dan event
khusus: Promosikan tawaran istimewa di toko Anda di waktu-waktu khusus
atau beritahukan bahwa akan ada acara khusus yang patut dihadiri dan tidak boleh
dilewatkan.
4. Undang fans dan follower (pengikut) dengan hashtag
(#): Anda perlu membuat pengikut atau fans di Instagram merasa diperhatikan dan
diberi ruang untuk berkreasi. Caranya dengan adakan kontes dan mintalah mereka
unggah video dengan hashtag (#) yang sudah Anda tentukan. Misalnya untuk kontes
promosi kreatif produk, Anda dapat menggunakan "#creativepromotion"
sebagai hashtag. Fungsi hashtag ialah untuk memudahkan Anda melacak siapa saja
yang memberikan respon.
5. Membuat brand/ merek menjadi lebih manusiawi:
Bersikaplah apa adanya dan terbuka terhadap pengikut Anda di Instagram. Inilah
yang membuat jarak dengan konsumen menciut dan keakraban akan tercipta. (bn)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar