Anda punya bisnis? Atau baru
mau mulai berbisnis? Bagi yang sudah punya bisnis, jelas Anda sudah menjalani
proses bisnis. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah bisnis Anda sudah mampu menjadi
mesin uang bagi anda? Artinya, anda mendapatkan keuntungan dari bisnis yang
dijalankan. Anda keluar modal sekian, lalu uang yang kembali pada anda jauh
lebih besar dari modal yang telah keluar. Yang lebih bagus lagi, jika mesin
uang tersebut mampu mencetak keuntungan besar, meski dengan campur tangan yang
minim dari anda. Kalau tak mendapatkan untung, rasanya ada yang tidak beres
dengan bisnis yang anda jalankan. Coba lihat dulu bisnis anda. Kalau itu belum
terjadi, sebaiknya anda baca ini. Bagi yang mau mulai bisnis, sebaiknya juga
tak melewatkan.
Bisnis yang baik itu adalah bisnis yang hasil yang
diterima jauh lebih besar dibanding modal yang dikeluarkan. Taruhlah contoh
anda keluar modal Rp 200.000, tapi kembalinya Rp 400.000. Berarti anda mendapatkan
keuntungan Rp 200.000. Dari keuntungan itu anda bisa investasikan ulang untuk
memperbesar bisnis tersebut. Mungkin untuk biaya promosi, untuk pembelian
alat-alat pendukung bisnis, dan sebagainya.
Mesin uang
Apapun bisnis anda, hal penting pertama adalah anda tahu
cara memasarkannya. Banyak produk yang beredar, anda bisa jualan apa saja.
Namun kalau tak paham bagaimana cara memasarkannya, Anda bisa kebingungan
sendiri. Stok produk menumpuk tak laku, cash flowjadi macet.
Bagaimana memasarkannya? Mayoritas orang setelah buka
usaha akan menunggu pembeli datang. Sebagian kecil akan mencoba jemput bola
dengan menggelar berbagai promosi. Menggunakan internet adalah salah satu
caranya. Membentuk jaringan pemasaran baru adalah cara lainnya. Tujuannya
adalah menemukan pasar yang memang membutuhkan atau mungkin membentuk pasar
untuk kebutuhan tersebut.
Cara kedua adalah berinvestasi untuk pertumbuhan bisnis.
Rata-rata orang enggan mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Padahal, dalam
bisnis, investasi wajib hukumnya. Lihat perusahaan-perusahaan besar, mereka
semua berinvestasi. Bukan saja untuk belanja modal, namun juga belanja promosi
dan SDM. Mereka sadar, investasi harus dilakukan untuk melakukan lompatan yang
lebih hebat lagi.
Cara ketiga adalah menganalisa program pemasaran dan
promosi yang anda lakukan. Lihat mana kegiatan pemasaran dan iklan yang memang
memiliki dampak pada bisnis anda. Artinya memang membuat banyak konsumen datang
untuk memiliki produk anda. Cara paling sederhana kalau untuk kegiatan offline
adalah dengan menanyakan dari mana konsumen tahu produk anda. Ini mungkin
sedikit merepotkan, tapi dengan begitu anda tahu kegiatan pemasaran seperti apa
yang memang berdampak pada bisnis anda. Dengan begitu, anda tahu sumber
keuntungan anda berasal. Anda tahu berapa biaya yang diperlukan untuk
mendatangkan mereka dan tahu promo seperti apa yang menarik minat mereka
sehingga mendatangkan banyak keuntungan bagi anda.
Selebihnya, melakukan otomatisasi dan delegasi dalam bisnis tidak boleh dilewatkan jika memang anda ingin membuat bisnis anda menjadi mesin uang. (bn/dari berbagai sumber)
Selebihnya, melakukan otomatisasi dan delegasi dalam bisnis tidak boleh dilewatkan jika memang anda ingin membuat bisnis anda menjadi mesin uang. (bn/dari berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar