BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dalam
dunia pendidikan, keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor
yang sangat signifikan. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar
mengajar, baik di jalur pendidikan formal, informal maupun nonformal. Oleh
sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air,
guru tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi
mereka.
Filosofi
sosial budaya dalam pendidikan di Indonesia, telah menempatkan fungsi dan peran
guru sedemikian rupa sehingga para guru di Indonesia tidak jarang telah di
posisikan mempunyai peran ganda bahkan multi fungsi. Mereka di tuntut tidak
hanya sebagai pendidik yang harus mampu mentransformasikan nilai-nilai ilmu
pengetahuan, tetapi sekaligus sebagai penjaga moral bagi anak didik. Bahkan
tidak jarang, para guru dianggap sebagai orang kedua, setelah orang tua anak
didik dalam proses pendidikan secara global.
Saat ini setidak-tidaknya ada empat hal yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi guru di Indonesia, yaitu : pertama, masalah kualitas/mutu guru, kedua, jumlah guru yang dirasakan masih kurang, ketiga, masalah distribusi guru dan masalah kesejahteraan guru.
Saat ini setidak-tidaknya ada empat hal yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi guru di Indonesia, yaitu : pertama, masalah kualitas/mutu guru, kedua, jumlah guru yang dirasakan masih kurang, ketiga, masalah distribusi guru dan masalah kesejahteraan guru.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana
permaslahan guru di indonesia?
2. Bagaimana
mengatasi/solusi cerdas penyelesaian malasah guru di indonesia?
C.
Tujan dan Manfaat
a.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui permasalahan guru di indonesia.
2.
Untuk mengetahui solusi cerdas dalam menyelesaikan/
mengatasi maslah guru di indonesia.
b. Manfaat
1. Sebagai
sumber bacaan dan tambahan bagi semua pihak yang ingin mengetahui permasalahan
guru di indonesia.
2. Sebagai
bahan perbandingan dengan makalah lain yang mengangkat masalah yang sama
BAB II
PEMBAHASAN
A. MACAM-MACAM
PERMASALAHAN GURU DI INDONESIA
1. Masalah Kualitas Guru
Kualitas
guru Indonesia, saat ini disinyalir sangat memprihatinkan. Berdasarkan data
tahun 2002/2003, dari 1,2 juta guru SD saat ini, hanya 8,3%nya yang berijasah
sarjana. Realitas semacam ini, pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas anak
didik yang dihasilkan. Belum lagi masalah, dimana seorang guru (khususnya SD),
sering mengajar lebih dari satu mata pelajaran (guru kelas) yang tidak jarang,
bukan merupakan inti dari pengetahuan yang dimilikinya, hal seperti ini tentu
saja dapat mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi
tidak maksimal.
2. Jumlah Guru Yang Masih Kurang
2. Jumlah Guru Yang Masih Kurang
Jumlah
guru di Indonesia saat ini masih dirasakan kurang, apabila dikaitkan dengan
jumlah anak didik yang ada. Oleh sebab itu, jumlah murid per kelas dengan
jumlah guru yag tersedia saat ini, dirasakan masih kurang proporsional,
sehingga tidak jarang satu raung kelas sering di isi lebih dari 30 anak didik.
Sebuah angka yang jauh dari ideal untuk sebuah proses belajar dan mengajar yang
di anggap efektif. Idealnya, setiap kelas diisi tidak lebih dari 15-20 anak
didik untuk menjamin kualitas proses belajar mengajar yang maksimal.
3.Masalah Distribusi Guru
3.Masalah Distribusi Guru
Masalah
distribusi guru yang kurang merata, merupakan masalah tersendiri dalam dunia
pendidikan di Indonesia. Di daerah-daerah terpencil, masing sering kita dengar
adanya kekurangan guru dalam suatu wilayah, baik karena alasan keamanan maupun
faktor-faktor lain, seperti masalah fasilitas dan kesejahteraan guru yang
dianggap masih jauh yang diharapkan.
4. Masalah Kesejahteraan Guru
4. Masalah Kesejahteraan Guru
Sudah
bukan menjadi rahasia umum, bahwa tingkat kesejahteraan guru-guru kita sangat
memprihatinkan. Penghasilan para guru, dipandang masih jauh dari mencukupi,
apalagi bagi mereka yang masih berstatus sebagai guru bantu atau guru honorer.
Kondisi seperti ini, telah merangsang sebagian para guru untuk mencari
penghasilan tambahan, diluar dari tugas pokok mereka sebagai pengajar, termasuk
berbisnis di lingkungan sekolah dimana mereka mengajar. Peningkatan
kesejahteaan guru yang wajar, dapat meningkatkan profesinalisme guru, termasuk
dapat mencegah para guru melakukan praktek bisnis di sekolah.
B. SOLUSI DARI
PERMASALAHAN-PERMASALAHAN GURU DI INDONESIA
Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, secara garis
besar ada dua solusi yang dapat diberikan yaitu:
Pertama, solusi sistemik, yakni solusi dengan mengubah
sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Seperti diketahui
sistem pendidikan sangat berkaitan dengan sistem ekonomi yang diterapkan.
Sistem pendidikan di Indonesia sekarang ini, diterapkan dalam konteks sistem
ekonomi kapitalisme (mazhab neoliberalisme), yang berprinsip antara lain
meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk
pendanaan pendidikan.
Maka, solusi untuk masalah-masalah yang ada, khususnya
yang menyangkut perihal pembiayaan –seperti rendahnya jumlah kurangnya guru,
distribusi guru dan kesejahteraan guru – berarti menuntut juga perubahan sistem
ekonomi yang ada. Akan sangat kurang efektif kita menerapkan sistem pendidikan
Islam dalam atmosfer sistem ekonomi kapitalis yang kejam. Maka sistem
kapitalisme saat ini wajib dihentikan dan diganti dengan sistem ekonomi Islam yang
menggariskan bahwa pemerintah-lah yang akan menanggung segala pembiayaan
pendidikan negara.
Kedua, solusi teknis, yakni solusi yang menyangkut
hal-hal teknis yang berkait langsung dengan pendidikan. Solusi ini misalnya
untuk menyelesaikan masalah kualitas guru.
Maka, solusi untuk masalah-masalah teknis dikembalikan
kepada upaya-upaya praktis untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan.
Rendahnya kualitas guru, misalnya, di samping diberi solusi peningkatan
kesejahteraan, juga diberi solusi dengan membiayai guru melanjutkan ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi, dan memberikan berbagai pelatihan untuk
meningkatkan kualitas guru. Rendahnya prestasi siswa, misalnya, diberi solusi
dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, meningkatkan alat-alat
peraga dan sarana-sarana pendidikan, dan sebagainya.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Permasalahan guru di Indonesia memang masih sering
terjadi di bandingkan dengan permasalahan guru di negara-negara lain. Hal-hal
yang menjadi penyebab utamanya yaitu efektifitas, efisiensi, dan standardisasi
pendidikan yang masih kurang dioptimalkan. Masalah-masalah lainya yang menjadi
penyebabnya yaitu:
1. Maslah
kualitas guru
2. Masalah
jumlah guru masih sedikit
3. Maslaha
distribusi guru
4. Masalah
kesejahtraan guru
Adapun solusi yang dapat diberikan dari permasalahan
di atas antara lain dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan
sistem pendidikan, dan meningkatkan kualitas guru serta perhatian pemerintah.
B. SARAN
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang
banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta
mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satu cara yang harus di
lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara
lain adalah dengan menyediakan guru y profesional dan kesejahtraan mereka
terlebih dahulu.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Http: // Warna dunia. Com/ Masalah guru Indonesia.Com
2.
PP No. 19 tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan
Pasal 29
3. Http://eduquestion-1993.blogspot.com/2011/12/permasalahan-guru-di-indonesia.html
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puja dan puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan
limpahan rahmat-Nya kepada kita semua selaku para hamba-Nya. Shalawat dan salam
semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita menuju
terangnya Iman dan Islam, sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah ini dengan sebaik-baiknya. dengan judul “permasalahan
guru dan solusinya”
Raha, Januari
2014
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................... i
DAFTAR ISI............................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
A. Latar
belakang.................................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah...................................................................................... 1
C. Tujuan dan Manfaat...................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Macam-Macam Permasalahan Guru di
Indonesia........................................ 2
1. Masalah kualitas Guru.................................................................................... 2
2. Jumlah guru yang masih kurang .............................................................. 2
3. Masalah distribusi guru...................................................................................... 2
4. Masalah kesejahtraan guru.......................................................................... 3
B. Solusi dari permasalahan-permasalahan guru di indonesia........................... 3
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan................................................................................................. 4
B. Saran............................................................................................................. 4
DAFTAR PUSTAKA
MAKALAH
PERMASALAHAN GURU DAN SOLUSINYA
DISUSUN OLEH
:
NAMA : INDITA RANGKASIH RIDWAN
JURUSAN : TIK
NO. STAMBUK : 212 11 348
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
ADMINISTRASI PENDIDIKAN KOSENTRASI
TIK
2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar