do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 20 Februari 2014

MAKALAH PERMASALAN GURU DAN SOLUSINYA




BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan, keberadaan peran dan fungsi guru merupakan salah satu faktor yang sangat signifikan. Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar, baik di jalur pendidikan formal, informal maupun nonformal. Oleh sebab itu, dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan di tanah air, guru tidak dapat dilepaskan dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi mereka.        
Filosofi sosial budaya dalam pendidikan di Indonesia, telah menempatkan fungsi dan peran guru sedemikian rupa sehingga para guru di Indonesia tidak jarang telah di posisikan mempunyai peran ganda bahkan multi fungsi. Mereka di tuntut tidak hanya sebagai pendidik yang harus mampu mentransformasikan nilai-nilai ilmu pengetahuan, tetapi sekaligus sebagai penjaga moral bagi anak didik. Bahkan tidak jarang, para guru dianggap sebagai orang kedua, setelah orang tua anak didik dalam proses pendidikan secara global.
Saat ini setidak-tidaknya ada empat hal yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi guru di Indonesia, yaitu : pertama, masalah kualitas/mutu guru, kedua, jumlah guru yang dirasakan masih kurang, ketiga, masalah distribusi guru dan masalah kesejahteraan guru.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana permaslahan guru di indonesia?
2.      Bagaimana mengatasi/solusi cerdas penyelesaian malasah guru di indonesia?
C.    Tujan dan Manfaat
a.      Tujuan
1.      Untuk mengetahui permasalahan guru di indonesia.
2.      Untuk mengetahui solusi cerdas dalam menyelesaikan/ mengatasi maslah guru di indonesia.
b.      Manfaat
1.      Sebagai sumber bacaan dan tambahan bagi semua pihak yang ingin mengetahui permasalahan guru di indonesia.
2.      Sebagai bahan perbandingan dengan makalah lain yang mengangkat masalah yang sama





BAB II
PEMBAHASAN

A.    MACAM-MACAM PERMASALAHAN GURU DI INDONESIA
1.      Masalah Kualitas Guru 
Kualitas guru Indonesia, saat ini disinyalir sangat memprihatinkan. Berdasarkan data tahun 2002/2003, dari 1,2 juta guru SD saat ini, hanya 8,3%nya yang berijasah sarjana. Realitas semacam ini, pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas anak didik yang dihasilkan. Belum lagi masalah, dimana seorang guru (khususnya SD), sering mengajar lebih dari satu mata pelajaran (guru kelas) yang tidak jarang, bukan merupakan inti dari pengetahuan yang dimilikinya, hal seperti ini tentu saja dapat mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi
tidak maksimal.
2. Jumlah Guru Yang Masih Kurang        
Jumlah guru di Indonesia saat ini masih dirasakan kurang, apabila dikaitkan dengan jumlah anak didik yang ada. Oleh sebab itu, jumlah murid per kelas dengan jumlah guru yag tersedia saat ini, dirasakan masih kurang proporsional, sehingga tidak jarang satu raung kelas sering di isi lebih dari 30 anak didik. Sebuah angka yang jauh dari ideal untuk sebuah proses belajar dan mengajar yang di anggap efektif. Idealnya, setiap kelas diisi tidak lebih dari 15-20 anak didik untuk menjamin kualitas proses belajar mengajar yang maksimal.     
3.Masalah Distribusi Guru  
Masalah distribusi guru yang kurang merata, merupakan masalah tersendiri dalam dunia pendidikan di Indonesia. Di daerah-daerah terpencil, masing sering kita dengar adanya kekurangan guru dalam suatu wilayah, baik karena alasan keamanan maupun faktor-faktor lain, seperti masalah fasilitas dan kesejahteraan guru yang dianggap masih jauh yang diharapkan.    
4. Masalah Kesejahteraan Guru
Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa tingkat kesejahteraan guru-guru kita sangat memprihatinkan. Penghasilan para guru, dipandang masih jauh dari mencukupi, apalagi bagi mereka yang masih berstatus sebagai guru bantu atau guru honorer. Kondisi seperti ini, telah merangsang sebagian para guru untuk mencari penghasilan tambahan, diluar dari tugas pokok mereka sebagai pengajar, termasuk berbisnis di lingkungan sekolah dimana mereka mengajar. Peningkatan kesejahteaan guru yang wajar, dapat meningkatkan profesinalisme guru, termasuk dapat mencegah para guru melakukan praktek bisnis di sekolah.    





B.     SOLUSI DARI PERMASALAHAN-PERMASALAHAN GURU DI INDONESIA
Untuk mengatasi masalah-masalah di atas, secara garis besar ada dua solusi yang dapat diberikan yaitu:
Pertama, solusi sistemik, yakni solusi dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Seperti diketahui sistem pendidikan sangat berkaitan dengan sistem ekonomi yang diterapkan. Sistem pendidikan di Indonesia sekarang ini, diterapkan dalam konteks sistem ekonomi kapitalisme (mazhab neoliberalisme), yang berprinsip antara lain meminimalkan peran dan tanggung jawab negara dalam urusan publik, termasuk pendanaan pendidikan.
Maka, solusi untuk masalah-masalah yang ada, khususnya yang menyangkut perihal pembiayaan –seperti rendahnya jumlah kurangnya guru, distribusi guru dan kesejahteraan guru – berarti menuntut juga perubahan sistem ekonomi yang ada. Akan sangat kurang efektif kita menerapkan sistem pendidikan Islam dalam atmosfer sistem ekonomi kapitalis yang kejam. Maka sistem kapitalisme saat ini wajib dihentikan dan diganti dengan sistem ekonomi Islam yang menggariskan bahwa pemerintah-lah yang akan menanggung segala pembiayaan pendidikan negara.
Kedua, solusi teknis, yakni solusi yang menyangkut hal-hal teknis yang berkait langsung dengan pendidikan. Solusi ini misalnya untuk menyelesaikan masalah kualitas guru.
Maka, solusi untuk masalah-masalah teknis dikembalikan kepada upaya-upaya praktis untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan. Rendahnya kualitas guru, misalnya, di samping diberi solusi peningkatan kesejahteraan, juga diberi solusi dengan membiayai guru melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas guru. Rendahnya prestasi siswa, misalnya, diberi solusi dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas materi pelajaran, meningkatkan alat-alat peraga dan sarana-sarana pendidikan, dan sebagainya.













BAB III
PENUTUP



A.    KESIMPULAN
Permasalahan guru di Indonesia memang masih sering terjadi di bandingkan dengan permasalahan guru di negara-negara lain. Hal-hal yang menjadi penyebab utamanya yaitu efektifitas, efisiensi, dan standardisasi pendidikan yang masih kurang dioptimalkan. Masalah-masalah lainya yang menjadi penyebabnya yaitu:
1.      Maslah kualitas guru
2.      Masalah jumlah guru masih sedikit
3.      Maslaha distribusi guru
4.      Masalah kesejahtraan guru
Adapun solusi yang dapat diberikan dari permasalahan di atas antara lain dengan mengubah sistem-sistem sosial yang berkaitan dengan sistem pendidikan, dan meningkatkan kualitas guru serta perhatian pemerintah.

B.     SARAN

Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satu cara yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan menyediakan guru y profesional dan kesejahtraan mereka terlebih dahulu.













DAFTAR PUSTAKA


1.      Http: // Warna dunia. Com/ Masalah guru Indonesia.Com
2.      PP No. 19 tahun 2005, Standar Nasional Pendidikan Pasal 29
3.      Http://eduquestion-1993.blogspot.com/2011/12/permasalahan-guru-di-indonesia.html


































KATA  PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puja dan puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan limpahan rahmat-Nya kepada kita semua selaku para hamba-Nya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita menuju terangnya Iman dan Islam, sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah ini dengan sebaik-baiknya.    dengan judul permasalahan guru dan solusinya




Raha,  Januari   2014


                                                                                                                        Penulis
























DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR...............................................................................................            i
DAFTAR ISI............................................................................................................  ii                                                                                              
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................   1                                                                                                 
A.    Latar belakang..................................................................................................    1                                                                                                
B.     Rumusan Masalah......................................................................................           1                                                                                               
C.     Tujuan dan Manfaat......................................................................................       1                                                                                               
BAB II PEMBAHASAN
A.    Macam-Macam Permasalahan Guru di Indonesia........................................        2                                                                                               
1.      Masalah kualitas Guru....................................................................................      2                                                                                                
2.      Jumlah guru yang masih kurang    ..............................................................          2                                                                                               
3.      Masalah distribusi guru......................................................................................   2                                                                                                
4.      Masalah kesejahtraan guru..........................................................................          3                                                                                                
B.     Solusi dari permasalahan-permasalahan guru di indonesia...........................        3                                                                                              
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan.................................................................................................          4                                                                                             
B.     Saran.............................................................................................................        4                                                                                               
DAFTAR PUSTAKA

















MAKALAH
PERMASALAHAN GURU DAN SOLUSINYA



DISUSUN OLEH  :
NAMA : INDITA RANGKASIH RIDWAN
JURUSAN : TIK
NO. STAMBUK  : 212 11 348




UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI
ADMINISTRASI PENDIDIKAN KOSENTRASI TIK
2014
Poskan Komentar