do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Kamis, 20 Februari 2014

PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN BAIK DAN BIJAKSANA.



PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN BAIK DAN BIJAKSANA.
Makalah ini mempunyai latar belakang masalah tentang pengelolaan sumber daya alam yang baik dan bijaksana. Masalah pokok yang dibahas adalah: bagaimana cara pengelolaan sumber daya alam dan bagaimana cara memelihara sumber daya alam?
Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui bagaimana cara mengelola sumber daya alam yang baik dan cara memelihara sumberber daya alam dengan baik dan bijaksana.
Dalam pembuatan makalah ini penulis menggunakan metode deskriptif, hal ini penulis lakukan setelah memperhitungkan kewajarannya dari segi tujuan. Makalah ini digunakan untuk memaparkan suatu bahasan dengan cara disususn, dijelaskan dan disimpulkan. Dan teknik yang digunakan dalam penyusunan makalah ini yaitu dengan menggunakan teknik studi pustaka, ini merupakan teknik yang paling tepat karena data yang akan disusun pada hakikatnya diambil dari berbagai sumber kepustakaan yaitu dengan cara mencatat data dan fakta melalui buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas.
Hasil pembahasan makalah ini menyimpulkan bahwa sumber daya alam harus dijaga dengan baik dan bijaksana demi kelangsungan hidup manusia.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan kepada para masyarakat khususnya yang bermata pencaharian mengeksploitasi sumber daya alam agar menjaga kelestariannya. Oleh karena itu, kelestarian sumber daya alam dan lingkungan harus tetap diperhatikan.


BAB I
PENDAHULUAN
Sumber daya alam adalah sumber daya yang terkandung dalam bumi, air, dan dirgantara yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan manusia.
Sumber daya alam dibagi menjadi dua yaitu SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui.
         1.         SDA yang dapat diperbaharui meliputi air, tanah, tumbuhan dan hewan. SDA ini harus kita jaga kelestariannya agar tidak merusak keseimbangan ekosistem.
         2.         SDA yang tidak dapat diperbaharui itu contohnya barang tambang yang ada di dalam perut bumi seperti minyak bumi, batu bara, timah dan nikel. Kita harus menggunakan SDA ini seefisien mungkin. Sebab, seperti batu bara, baru akan terbentuk kembali setelah jutaan tahun kemudian.
Sumber daya alam juga bias dibagi menjadi dua yaitu sumber daya alam hayati dan non-hayati.
         1.         SDA hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup (biotik) seperti hasil pertanian, perkebunan, pertambakan, dan perikanan. Sumber daya hayati adalah salah satu sumber daya dapat pulih atau terbarukan (renewable resources) yang terdiri atas flora dan fauna. Sumber daya hayati secara harfiah dapat diartikan sebagai sumberdaya yang mempunyai kehidupan dan dapat mengalami kematian. Jenis-jenis sumber daya hayati di antaranya adalah pohonikanrumput lautplanktonzooplanktonfitoplanktonharimausemutcacingrumput lautterumbu karang,lamun, dan sebagainya.
         2.         SDA non-hayati adalah SDA yang berasal dari makhluk tak hidup (abiotik). Seperti: air, tanah, barang-barang tambang.

BAB II
PEMBAHASAN

Indonesia adalah Negara kepulauan yang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Perlu pemahaman yang kuat bagi warga agara warga Negara Indonesia mampu megendalikan emosi atau keinginan untuk mengeruk sebagian harta yang sangat berlimpah agar tidak merugikan nantinya terutama bagi generasi kedepannya.
Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih makmur dan sejahtera yang ada di sekitar alam lingkungan hidup kita. Sumber daya alam bisa terdapat di mana saja seperti di dalam tanah, air, permukaan tanah, udara, dan lain sebagainya. Kita juga bias mengelola sumber daya alam dengan catatan pengelolaan harus dengan baik dan tidak merusak ekosistem di sekitarnya.
A.    Cara Pengelolaan Sumber daya alam
Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian. Alam mempunyai sifat yang beraneka ragam namun serasi dan seimbang. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan itu.
Oleh karena itu, agar pemanfaatannya dapat berkesinambungan, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengan tindakan perlindungan. Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harusdilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut:
1.      Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, misalnya: air, tanah, dan udara. 
2.      Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).
3.      Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien, serta pendaurulangan (recycling). 
4.      Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.

B.     Cara memelihara dan melestarikan sumber daya alam
Seiring berjalannya waktu, jumlah penduduk semakin bertambah. Jumlah penduduk yang semakin banyak itu mengakibatkan kebutuhan hidup manusia bertambah besar. Misalnya, kebutuhan makan, pakaian, perumahan, dan kendaraan. Usaha pemenuhan kebutuhan manusia menuntut perkembangan teknologi yang semakin maju. Teknologi pun menjadi maju karena manusia mengembangkan ilmu pengetahuan.
Jika tidak dikendalikan penggunaannya maka sumber daya alam akan habis nantinya. Oleh karena itu perlu ada tindakan pelestarian sumber daya alam, adapun usaha-usaha untuk melestarikan alam diantaranya sebagai berikut:
                     1.         Penanaman kembali hutan-hutan yang gundul
                     2.         Menjaga kebersihan lingkungan
                     3.         Membuat terasering pada pertanian di pegunungan.
                     4.         Membatasi pengambilan sumber daya alam yang berlebihan.
Ada beberapa pengelompokan sumber daya alam yang bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengingatnya diantaranya adalah sumber daya alam berdasarkan jenisnya, sumber daya alam berdasarkan perubahannya, sumberdaya alam berdasarkan kegunaannya.



1.         Sumber daya alam berdasarkan jenisnya
a.    Sumber daya alam hayati/biotic
Sumber daya alam yang berasal dari makhuk hidup
Contohnya: tumbuhan, hewan, dll
b.   Sumber daya alam non hayati/abiotik
Sumber daya alam yang berasal dari benda mati
Comtohnya: bahan tambang, udara, air, batuan, dll.
2.         Sumber daya alam berdasarkan sifat perubahannya
a.    Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang dapat dipergunakan berulang-ulang kali dan dapat dilestarikan
Contohnya: tumbuh-tumbuhan, hewan, hutan, dll
b.   Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
Sumber daya alam yang tidak adapat didaur ulang yang hanya bias digunakan hanya sekali saja dan tidak dapat dilestarikan dan dapat punah atau habis.
Contoh: minyak bumi, batu bara, timah, gas alam, dll
c.    Sumberdaya alam yang tidak terbatas jumlahnya
Sumber daya alam yang tidak akan pernah habis meskipun digunakan setiap hari
Contohnya: cahaya mata hari, udara, dll
3.         Sumber daya alam berdasarkan kegunaanya
a.       Sumber daya alam penghasil bahan baku
Sumber daya alam yang dapat digunakan untuk menghasilkan benda atau barang lain sehingga nilai gunanya akan menjadi lebih tinggi
Contohnya: hasil pertanian, hasil hutan, bahan tambang, dll       
b.      Sumber daya alam penghasil eneagi
Sumber daya alam yang dapat menghasilkan atau memproduksi energi demi kepentingan umat manusia di muka bumi
Contoknya: ombak, panas bumi, minyak bumi, dll
Dari ketiga pengelompokan tersebut bisa disimpulkan mana sumber daya alam yang paling rawan habis dan harus kita pelihara dengan baik demi kelangsungan hidup manusia dan generasi yang akan datang.
Berikut ini adalah beberapa sumber daya alam yang sangat pokok dalam kehidupan manusia diantaranya adalah air, tanah, udara, hutan, tumbuhan, hewan, minyak bumi, batu bara, tanah, gas alam, matahari, pertanian, panas bumi. Berikut adalah penjelasannya.
1.         Air
Foto air

Air adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, terdapat di bawah dan di atas permukaan bumi. Kita menggunakan air untuk keperluan sehari-hari sepeti mandi, minum, mencuci dan kegiatan rumah tangga lainnya bahkan pertanian dan industri juga banyak membutuhkan sekali air. Air sangat diperlukan oleh makhluk hidup bahkan bumi sendiri menjadi planet yang lengkap dbandingkan dengan pelanet lain disebabkan karensa adanya air di bumi. Akan tetapi sebagian besar air di bumi ini merupakan air laut dan air yang dapat dipergunakan sehari-hari hanyalah sedikit saja yaitu yang keluar dari permukaan bumi.
Berdasarkan jenisnya air termasuk kedalam sumber daya alam abiotik.
Beberapa manfaat air bagi kehidupan diantaranya:
·      Penghilang dahaga
·      Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi, masak, mencuci
·      Untuk keperluan pertanian, perikanan, perindustrian
·      Sebagai zat pelarut pada makanan dan tumbuhan
·      Sebagai pengangkut zat makanan yang masuk ke dalam tubuh kita
·      Dll.
Ada juga pencemaran air yang tiakibatkan oleh masuknya zat-zat baik yang berbahaya maupun yang tidak berbahaya ke dalam air sehingga terjadi perubahan warna, rasa dan bau. Beberapa bentuk pencemaran air diantaranya:
·      Air yang mengandung zat kimia berbahaya dan beracun berupa logam berat dan zat kimia lain seperti zat mercury, dll. Air seperti ini adalah air yang dihasilkan oleh limbah industry, air limbah pabrik tekstil, dll.
·      Air yang mengandung limbah rumah tangga yang dibuang begitu saja tanpa dijernihkan.
Di kota-kota besar, sebagian besar air sudah tercemar, air bersih merupakan barang yang langka dan mahal, oleh karena itu jalan satu-satunya agar terpenuhinya kebutuhan air bersih yang layak dipakai sehari-hari adalah dengan menjaga kebersihannya.



Selain untuk minum,mandi dan kebutuhan rumah tangga lainnya ternyata air juga bermanfaat sebagai:
·         Sebagai sarana transfortasi
·         Sebagai sarana wisata/rekreasi
·         Sebagai sarana irigasi/pengairan
·         Sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)

2.         Tanah


Foto tanah

Tanah adalah benda alam tiga dimensi (lebar, panjang, dalam) terletak dibagian paling atas kulit bumi dan mempunyai sifat-sifat yang dan bahan di bawahnya sebagai hasil kerja interaksi antara iklim, kegiatan organisme, bahan induk dan relief pada waktu tertentu.
Tanah juga merupakan suatu tempat manusia tinggal dan melakukan segala aktivitas untuk melangsungkan hidupnya. Tanah yang subur sangat baik untuk produktivitas tanaman. Tanah yang tercemar biasanya kandungan kimianya sangat berlebihan, bias sangat asam atau sangat basa bahkan bisa menjadi racun bagi tanaman sehingga tanaman tidak akan tumbuh. Tanah yang sehat dan subur akan tumbuh berbagai tanaman apapun. Agar tanah produktif maka kita harus menjaga jangan sampai tercemar.
Berdasarkan jenisnya tanah termasuk kedalam sumber daya alam abiotik

Upaya untuk menjaga pencemaran tanah:
·         Tidak membuang sampah atau limbah sembarangan ke tanah
·         Tidak mengubur sampah atau limbah di tanah
·         Menutupi tanah dengan tanaman dan tidak membiarkan tanah terbuka begitu saja.

3.         Udara


Foto udara

Udara adalah sumber daya alam berupa gas yang terdiri dari bermacam-macam zat gas seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida dan gas-gas yang lain dalam jumlah yang kecil. Udara sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup di bumi untuk hidup dengan cara bernafas. Tanpa udara semua makhluk tidak akan hidup, akan tetapi udara yang diperlukan adalah udara bersih yaitu udara yang terbebas dari berbagai zat-zat pengotor. Udara yang mengandung zat-zat pengotor disebut udara tercemar.
Berdasarkan jenisnya udara termasuk sumber daya alam abiotik.
Beberapa upaya yang harus dilakukan agar udara tidak kotor diantaranya:
·         Menanam banyak pohon-pohon besar yang dapat hidup lama dan rindang terutama di pusat kota dan di pinggir jalan raya.
·         Kurangi kendaraan bermotor terutama kendaraan yang asapnya berlebihan.
·         Adanya ruangan khusus bagi para maniak rokok agar tidak merokok sembarangan dipinggir jalan raya karena semakin banyak orang merokok maka semakin kotor pula udara yang kita hisap.

4.         Hutan
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRihRbyuYRp_nkeBmWnfOoR_sRKjR_C_YSSE773Z-u06P5VPPyW

Foto  hutan

Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan. Hutan berfungsi sebagai penampung gas karbondioksida, habitat hewan, pelestarian tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer bumi yang paling penting. Maka kita harus benar-benar menjaga hutan dengan baik.
Berdasarkan jenisnya hutan termasuk kedalam sumber daya alam biotik dan berdasarkan berdasarkan sifat perubahannya hutan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui.
Berdasarkan letak geografisnya hutan dibagi menjadi 3 yaitu:
·         Hutan tropika yaitu hutan-hutan didaerah khatulistiwa
·         Hutan temperate yaitu hutan-hutan di daerah empat musim
·         Hutan boreal yaitu hutan-hutan di daerah lingkar kutub

Berdasarkan tujuan pengelolaannya hutan dibagi menjadi 4 yaitu:
·         Hutan produksi yaitu hutan yang dikelola untuk menghasilkan kayu ataupun hasil hutan yang bukan kayu
·         Hutan lindung yaitu hutan yang dikelola untuk melindungi tanah dan air
·         Hutan suaka alam yaitu hutan yang dikelola untuk melindungi keaneka ragaman hayati atau keindahan alam
·         Hutan konservasi yaitu hutan yang dicadangkan untuk penggunaan lain dapat dikonservasi untuk pengelolaan non-kehutanan
Berdasarkan sifat tanahnya jenis hutan di Indonesia mencakup hutan pantai, hutan mangrove, dan hutan rawa.
·         Hutan pantai terdapat di sepanjang pantai yang kering, berpasir, dan tidak landai.
·         Hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di muara sungai dan di daerah pasang surut atau tepi laut
·         Hutan rawa adalah hutan yang berada di daerah berawa dengan tumbuhan nipah tumbuh di hutan rawa.




5.         Tumbuhan


Foto tumbuhan bunga raflesia

Tumbuhan adalah organism benda hidup yang terkandung dalam alam semesta yang tumbuh secara alami.
Berdasarkan jenisnya tumbuhan termasuk kedalam sumber daya alam biotic dan dapat diperbaharui atau diperbanyak jumblahnya.














6.         Hewan


Foto hewan fanda

Hewan adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan hewan (animalia) dan salah satu dari berbagai makhluk hidup yang terdapat di alam semesta.
Hewan di Indonesia dapat digolongkan menjadi hewan liar dan hewan peliharaan. Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam bebas dan bisa mencari makan sendiri. Hewaan peliharaan adalah hewan yang dipelihara atas dasar hobi atau kesenangan semata. Dan beda lagi dengan hewan ternak adalah hewan yang dikembang biakan dan kemudian dimanfaatkan atau diperjual belikan.
Berdasarkan jenisnya hewan termasu kedalam sumber daya alam biotik dan dapat diperbaharui dan diperbanyak jumblah populasinya.
7.         Minyak bumi


Foto pertambangan minyak bumi

Minyak bumi adalah cairan kental yang mudah terbakar yang berada di atas kerak bumi dan jika dikelola dengan baik minyak bumi akan sangat banilai tinggi harganya dan jika terlalu banyak diambil minyak bumi akan habis oleh karena itu kita sebagai manusia harus bias membatasi pertambangan minyak yang ada di Indonesia bahkan di dunia agar tidak kehabisan minyak nantinya dan sekarang perlahan-lahan minyak sudah menjadi barang yang sangat langka dan banyak dicari demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Bedasarkan jenisnya minyak bumi termasuk kedalam sumber daya alam abiotik dan tidak dapat diperbaharui.

8.         Batu bara


Foto batu bara

Batu bara adalah salah satu bahan bakar yang terbuat dari hasil-hasil fosil dan juga batu bara bias diartikan sebagai  batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan.
Berdasarkan jenisnya batu bara termasuk kedalam sumber daya alam abiotik dan tidak dapat diperbaharui karena terbentuk dari fosil.

Tidak ada komentar: