Jika kita memperhatikan sebuah gosip yang tengah hangat entah itu dari
orang-orang sekitar kita maupun artis ternama, begitu cepat informasi itu
menyebar dari mulut ke mulut tanpa ada yang mengkomando. Setiap orang
menyebarkan hal tersebut kepada orang lain secara suka rela. Bagaimana jika
yang dibicarakan tersebut adalah kebaikan produk anda? tentu ini menjadi iklan
gratis bagi produk anda. Pertanyaannya, mungkinkah hal ini didesain agar iklan
produk menyebar dengan sendirinya ke hadapan audience? inilah sesungguhnya
Kekuatan Viral marketing.
Iklan produk menyebar kehadapan target pasar dengan cepat dan efisien dalam
waktu yang singkat dan akhirnya terkonversi menjadi peningkatan penjualan.
Pada dasarnya strategi viral
marketing merupakan upaya mempromosikan produk melalui kekuatan mulut ke mulut dari audience
sendiri. Ketika seseorang suka akan sesuatu maka orang tersebut cenderung akan
menceritakannya kepada orang lain. Orang lainpun akan berlaku sama kepada orang
yang lain lagi begitu seterusnya. Inilah yang menjadi tujuan viral marketing.
Viral marketing memiliki beberapa kekuatan dalam strategi promosi
yaitu:
Dari aspek distribusi,
Viral marketing menyebar dengan sangat cepat laksana virus dan tidak pernah
berhenti.
Keterjangkauan, Viral marketing mampu menjangkau wilayah customer yang
sangat jauh melebihi cara-cara promosi secara konvensional.
Konsumen akan semakin mengenal produk dan perusahaan anda jika viral
marketing telah bekerja. Efek lebih lanjut orang menjadi ingin tahu lebih
lanjut mengenai produk bahkan menjadi pengguna prosuk anda. Dari aspek biaya,
akan lebih banyak cost untuk promosi yang bisa dipangkas. Saat viral marketing
sudah berjalan maka fans produk anda akan menjadi agen pemasaran dengan
sendirinya. Hal ini akan menekan biaya pemasaran yang cukup significant.
Ada banyak cara dilakukan orang untuk membuat kampanye viral marketing.
Salah satu cara adalah dengan membentuk semacam fans page melalui social media
misalnya Facebook, atau menggunakan twitter dengan memanfaatkan figure artis
beken yang sudah memiliki follower yang cukup banyak. Dalam bisnis online,
pemilik konten bisa menggunakan script share this, atau refer this dan lain
sebagainya.
Meski demikian ada beberapa persyaratan dalam mencapai kesuksesan viral
marketing ini antara lain harus memiliki keunikan konsep dan konten. Selain itu
konsep viral marketing harus relevan atau menyentuh langsung kepada orang yang
direferensikan. Kekuatan viral marketing memang luar biasa, namun memerlukan
kekelian dan persiapan yang matang dalam mengelolanya. Sehingga benar-benar
menjadi virus yang menyebar dengan cepat dan esfisien. Selamat Mencoba.(Galeriukm).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar