Reputasi menjadi salah satu modal penting bagi promosi sebuah usaha.
Reputasi yang baik bukan saja menjadi propaganda
iklan yang efektif namun juga kepercayaan publik dan konsumen kepada
usaha yang dilakukan. Keberlangsungan bisnis yang terus menerus sangat didukung
oleh reputasi perusahaan dan produk yang baik . Konsep Sustainability dilakukan perusahaan dengan menjaga
lingkungan sehingga kebutuhan tersebut bisa dipenuhi bukan hanya dimasa sekarang
, tetapi juga dimasa depan. Sustainability tersebut dilakukan meliputi banyak
faktor antara lain sosial, ekonomi dan lingkungan.
Ada beberapa fakta yang menunjukkan bahwa beberapa pelaksanaan bisnis
justru memberikan kerusakan pada ekosistem dak kehidupan manusia untuk jangka
oanjang. Karena itulah Konsep
Sustainability ditujukan pada pelaksanaan bisnis yang bertanggung jawab
dan ramah lingkungan yang pada akhirnya akan menghasilkan dampak positif
terhadap perusahaan. Reputasi perusahaan akan tetap terjaga.
Kesadaran masyarakat akan perubahan iklim berimplikasi pada permintaan
masyarakat akan produk-produk ramah lingkungan. Lambat laun trend ini akan
semakin meningkat sehingga perlu dilakukan antisipasi jika ingin tetap eksis
dalam bisnis.
Wujud konsep Sustainability pada beberapa perusahaan biasanya dilakukan
dalam kegiatan-kegiatan CSR (Corporate
Social Responsibility). Kegiatan ini misalnya saja memperbaiki kualitas
dan tingkat pendidikan masyarakat yang berada di sekitar lingkungan usaha,
program kemitraan untuk meningkatkan kemampuan perekonomian setempat dan
memperkuat potensi pertumbuhan usaha skala kecil.
Meksi program CSR ini lebih banyak dilakukan oleh perusahaan besar namun
bagi skala Usaha Kecil Dan Menengah perlu mengadopsi substansi dari konsep ini.
Kerjasama dengan lingkingan dan proses bisnis yang ramah lingkungan relatif
bisa menjamin keberlangsungan bisnis.(Galeriukm).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar