Sesuatu yang gratis tentu menarik bagi banyak orang
dan inilah yang sering dilakukan orang untuk memasarkan produknya.
Produk yang diberikan secara gratis tidak selamanya menunjukkan bahwa
produk itu buruk. Justru produk yang diberikan secara gratis bisa
dijadikan acuan untuk menguji kualitas produk tersebut. Apabila produk
atau jasa kita secara kualitas memang sudah layak untuk dipasarkan, tapi
masih sedikit orang yang mengenal atau membeli produk atau jasa kita,
salah satu Strategi Pemasaran untuk produk kita adalah dengan memberikan gratis kepada calon konsumen.
Strategi Pemasaran dengan memberikan gratis, secara umum akan tertarik menarik banyak orang untuk mencoba produk atau jasa kita dan selanjutnya mereka mau mencari dan menggunakannya. Jika memang produk atau jasa kita berkualitas, banyak orang akan mereferensikan hal tersebut kepada orang lain (bisa menjadi program iklan “dari mulut ke mulut”). Dengan demikian produk atau jasa kita yang lainnya pun juga bisa semakin dikenal dan diminati.
Strategi Pemasaran dengan memberikan gratis, secara umum akan tertarik menarik banyak orang untuk mencoba produk atau jasa kita dan selanjutnya mereka mau mencari dan menggunakannya. Jika memang produk atau jasa kita berkualitas, banyak orang akan mereferensikan hal tersebut kepada orang lain (bisa menjadi program iklan “dari mulut ke mulut”). Dengan demikian produk atau jasa kita yang lainnya pun juga bisa semakin dikenal dan diminati.
Jika sudah demikian maka langkah selanjutnya harus kita siapkan
“amunisi” untuk memberikan penawaran lain mengenai produk kita. Produk
yang kita berikan secara gratis memiliki fitur yang lebih baik lagi jika
pelanggan membayar diluar yang gratis tersebut. Apabila pelanggan
sudah nyaman dengan produk gratis dan mengetahui kelebihannya maka tentu
ia akan mau membayar untuk yang selebihnya.
Contoh strategi pemasaran membarikan Gratis adalah, jika kita
memiliki sebuah bengkel maka kita pasang spanduk bertuliskan “GRATIS”
dengan tulisan mencolok. Tentu yang gratis adalah pada hal-hal tertentu
misalnya gratis ongkos ganti oli, gratis ongkos servis radiator, gratis
cuci kendaraan, gratis isi angin untuk ban, gratis ongkos cek rem dan
lain-lain.
Fitur-fitur gratis pada bengkel tersebut tentu menarik bagi banyak
orang selanjutnya tinggal kita menawarkan produk lain diluar produk yang
gratisan tersebut.(Galeriukm).
Sumber:
TUNG DESEM WARINGIN, Okezone.
TUNG DESEM WARINGIN, Okezone.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar