Persaingan menjadi sesuatu yang tidak terelakkan lagi dalam menjalani
bisnis. Maka yang sering diupayakan pelaku bisnis adalah mengambil
langkah-langkah strategis agar menang dalam persaingan itu. Adagium siapa yang
kuat dia akan menang berlaku dalam persaingan bisnis. Tentu kuat disini bisa
dimaknai dari beberapa sudut pandang, bukan semata-mata kuat modal, tetapi juga
kuat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis. Strategi agar menang dalam persaingan bisnis tidak stagnan seiring
dengan perubahan lingkungan bisnis.
Selayaknya persaingan dalam bidang lain, persaingan bisnis senantiasa
menghasilkan winner dan losser. Persaingan semacam ini sangat menguras energi
dan menyakitkan bagi pihak yang kalah. Karena satu pasar yang sempit
diperebutkan oleh semua pelaku bisnis yang jumlahnya banyak.
Blue Ocean: Memasuki Pasar Tanpa Pesaing
Pendekatan baru dalam strategi
memenangkan bisnis adalah konsep Blue
Ocean. Blue Ocean mendorong pelaku bisnis untuk memasuki pasar baru yang
potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Hal ini berbeda
dengan strategi red ocean, dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur
produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama.
Sehingga terjadi pertarungan yang berdarah-darah, lantaran arena persaingan
diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan
pendekatan. Jika hal ini bisa dihindari mengapa tidak?
Strategi ini kuncinyan adalah menciptakan
ruang pasar tanpa pesaing, dan membiarkan kompetisi tidak lagi
relevan. Yang dituntut untuk menjalankan strategi persaingan ini adalah
kemampuan melakukan
inovasi. Pasar kita adalah pasar baru yang belum dimasuki
orang lain. Pasar yang sudah establish dimasuki orang lain tidak terganggu oleh
kehadiran kita karena segmen pasar, atau fitur yang ditawarkan berbeda.
Strategi ini menjadikan bisnis kita bukan tipe follower tetapi leader dalam
pasar. Selain itu energi kita bisa difokuskan pada kualitas produk bukan
menghabiskan resource menghadapi pesaing.
Contoh sukses dalam menerapkan strategi tanpa pesaing ini pernah
dilakukan oleh Apple dengan iPod-nya.
Saat orang lain ramai-ramai bersaing memperebutkan pasar pemutar CD, Aple
memasuki pasar yang berbeda, alhasil sukses besar diperoleh.
Terobosan Yamaha dengan produk
Skuter Matic Yamaha Mio merupakan contoh lain sukses menciptakan pasar
tanpa pesaing. Saat pasar sepeda motor didominasi Honda, Mio menjadi produk
laris manis karena pada awalnya belum ada pesaing yang merambah pasar skuter
matic.
Nampaknya dalam persaingan bisnis perlu menerapkan strategi blue ocean ini, karena
strategi ini relatif low cost dan menjadikan perusahaan menjadi perusahaan yang
kreatif dan inovatif. Selain itu tidak memunculkan “musuh” meski sama sama
bersaing dalam sebuah produk yang sama.(Galeriukm).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar