Salah satu hal yang membuat suatu bisnis Usaha kecil maju dan menuai hasil yang baik
adalah pada perencanaan usaha yang
matang. Salah satu kiat sukses bisnis berada pada
perencanaan usaha yang didasarkan pada analisa terhadap beberapa faktor
yang akan berpengaruh pada kelangsungan usaha bisnis yang dijalani.
Analisa bisnis ini memegang peranan yang cukup penting bagi usaha kecil.
Biasanya analisis terhadap faktor-faktor tersebut diabaikan oleh pelaku usaha
kecil. Bisa dimaklumi bisnis usaha kecil biasanya dijalankan menurut “naluri”,
meski banyak yang sukses berbisnis dengan cara tersebut namun alangkah baiknya
jika dilandasi oleh analisa dan perencanaan yang matang, evaluasi perkembangan
bisnis, perbaikan, inovasi, analisa persaingan usaha dan lain sebagainya.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi
kesuksesan sebuah bisnis usaha kecil, faktor tersebut berasal dari internal
usaha kecil dan berasal dari eksternal bisnis. Salah satu pendekatan analisa
yang biasa dipergunakan dalam perencanan dan evaluasi suatu usaha
termasuk bisnis usaha kecil adalah analisa SWOT (Strenght, Weakness, Oportunity, Threats). Dengan menggunakan analisa SWOT
faktor eksternal dan internal sebuah bisnis bisa diidentifikasi dengan baik,
sebagai pedoman untuk menentukan perencanaan strategis.
Analisis SWOT merupakan metode perencanaan
strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman yang terlibat dalam
sebuah bisnis atau usaha. Analisa SWOT adalah alat analisa dalam menentukan
tujuan bisnis usaha dengan mengidentifikasi
faktor internal dan eksternal yang baik dan tidak baik untuk mencapai
tujuan tertentu. Analisa SWOT dapat diterapkan untuk menganalisis kelangsungan
bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sebuah bisnis usaha kecil akan memiliki
landasan yang kokoh untuk menaiki tangga kesuksesan , jika direncanakan dengan
matang melalui beberapa analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi
sebuah usaha.
Sebelum memutuskan untuk membangun bisnis
usaha kecil anda, ada baiknya dipertimbangkan beberapa hal yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar bisnis dan juga sisi internal diri kita. Dengan
pendekatan analisa SWOT ini akan cukup membantu menentukan langkah bisnis
selanjutnya. Kiat sukses bisnis
dengan melakukan analisa bisnis dengan pendekatan Swot ini cukup membantu
suksesnya sebuah bisnis. Analisis ini telah banyak digunakan dan teruji dalam
berbagai bidang bisnis.
Diagram
Analisa SWOT
Analisis SWOT terlebih dahulu harus
dimulai dengan mendefinisikan apa
yang dikehendaki atau tujuan akhir suatu usaha bisnis. Analisis SWOT dapat
dipergunakan sebagai bahan untuk melakukan perencanaan strategis suatu usaha bisnis UKM. Analisis SWOT
didasarkan pada faktor-faktor kekuatan kita, kelemahan kita,peluang yang ada di
luar dan seberapa besar kekuatan pesaing. Dengan mempertimbangkan beberapa hal
berdasarkan analisa SWOT dapat ditentukan dan diprediksikan perkembangan usaha
bisnis. Jika tujuan tidak tercapai harus ditentukan tujuan lain yang lebih
rasional atau proses diulang kembali.
Dalam kelangsungan usaha bisnis , ada dua hal
yang dapat mempengaruhi keberhasilan
usaha. Pertama Faktor Internal dan
Kedua Faktor eksternal. Analisa SWOT dipergunakan untuk mengidentifikasi
faktor internal dan eksternal yang penting dalam mencapai tujuan. Faktor Internal ; kekuatan dan
kelemahan internal organisasi bisnis .
Faktor eksternal ; ancaman dan peluang yang ada pada lingkungan
eksternal organisasi bisnis.
Dengan mengetahui kelemahan-kelemahan yang
kita miliki, segera melakukan antisipasi agar kelemahan tersebut tidak
menimbulkan kegagalan suatu usaha. Setelah dianalisa kelemahan-kelemahan yang
dimiliki oleh bisnis kita, sedapat mungkin kita segera mengambil
langkah-langkah untuk menanggulangi kelemahan tersebut. Contoh sederhana, jika
kelemahan kita adalah pada faktor produksi yang lamban karena alat produksi
yang sudah cukup udzur tentu harus diatasai dengan mengganti alat produksi yang
lebih baru. Atau melakukan modifikasi alat yang lebih efisien dan efektif.
Kekuatan yang kita miliki adalah potensi yang perlu ditonjolkan dan dijadikan modal mencapai
keberhasilan. Misalnya kita memiliki produk yang memiliki kualitas di atas
rata-rata produk sejenis, ini bisa dipergunakan sebagai bahan dalam pendekatan
promosi. Peluang sama halnya dengan Kekuatan merupakan hal positif dari
sisi luar yang perlu ditangkap dan dijadikan landasan untuk menjalankan roda
bisnis. Salah satu contoh, misalkan ada peluang pasar permintaan terhadap suatu
produk sangat besar. Ini adalah peluang yang perlu segera ditangkap untuk
dijadikan ladang bisnis kita.
Banyaknya peluang
suatu usaha sudah pasti akan diikuti dengan banyaknya pesaing yang bergerak dalam
bisnis yang sama. Hal ini memunculkan ancaman
bagi usaha kita. Ancaman pesaing semacam ini perlu diantisipasi dengan
beberapa langkah. Misalnya dengan meningkatkan mutu produk, variasi produk atau
metode pemasaran yang lebih baik. Sedapat mungkin kita meminimalkan kelemahan
dan ancaman tetapi memperkuat kekuatan dan potensi.
Pendekatan analisis SWOT membantu kita
mengetahui potensi diri kita , kekuatan, kelemahan sekaligus peluang dan
ancaman yang ada di sekeliling bisnis kita. Dengan begitu kita bisa melakukan
rencana strategis terhadap bisnis kita. Melakukan analisis SWOT merupakan salah
satu Kiat Sukses Bisnis yang bisa ditempuh.(Galeriukm)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar