Pencarian
lokal merupakan peluang marketing yang terus berkembang untuk UMKM. Hal
ini sangat penting terutama karena perangkat bergerak (mobile devices)
jumlahnya akan melampaui komputer desktop yang lebih mahal dan statis
untuk penggunaan Internet dalam beberapa tahun mendatang dan ini akan
memberikan dampak besar pada perusahaan dalam berbagai skala.
Inilah
5 cara yang menurut David Tully seorang pakar dan trainer SEO Fast
Growth Club dapat memperbesar peluang situs bisnis Anda ditemukan
pengguna Internet di halaman mesin pencari:
1) Perhatikan Google Places!
Apakah bisnis Anda sudah terdaftar di sana? Jika belum, segera
daftarkan. Masukkan pula bisnis Anda ke berbagai daftar (listing) yang
relevan di dunia online. Cantumkan alamat yang jelas, alamat email yang
aktif, nomor telepon dan URL situs bisnis ke daftar tersebut agar makin
bayak pengunjung lokal menyadari keberadaan usaha Anda dan pada akhirnya
membeli produk/ jasa Anda. Peluang pelanggan akan membeli makin tinggi
jika bisnis Anda mudah ditemui di Internet (mesin pencari dan jejaring
sosial).
2) Local SEO berarti bisnis Anda terdaftar dengan detil yang tepat
serta membidik pengguna Internet berdasar lokasi. Ini bisa dilakukan
dengan memasang iklan Facebook berdasarkan lokasi pengguna, usia dan
faktor demografis lain. Pemasaran akan lebih efektif dan efisien. Anda
juga bisa memasang iklan di Google dan Bing dengan membayar agar bisnis
Anda ditunjukkan pada pengguna Internet di bagian atas daftar hasil
pencarian.
3) Cara lain untuk menambah peluang konsumen lokal datang ialah dengan mendorong orang memberikan review
untuk bisnis Anda di berbagai layanan seperti Google Places, Yelp,
Foursquare dan untuk lokal Indonesia, Urbanesia, dan sejenisnya. Makin
banyak review, makin tinggi rate yang didapat, makin tinggi peluang
bisnis Anda ditemukan di hasil pencarian. Setiap Anda menjual, tanyakan
pada pelanggan secara sopan apakah mereka bersedia memberikan review
atau ulasan singkat tentang bisnis Anda untuk meningkatkan skor Anda.
4) Anda juga bisa mulai mempromosikan bisnis Anda melalui kupon, hadiah dan lomba
yang membidik pengguna perangkat bergerak untuk meningkatkan peluang
ditemukan di jejaring sosial dan mesin pencari. Mesin pencari seperti
Google menggunakan percakapan di jejaring sosial untuk menaksir tinggi
tidaknya pengaruh dan kepopuleran sebuah brand dan makin proaktif Anda
seharusnya pada pengguna.
5) Jika memungkinkan, buat aplikasi khusus smartphone untuk bisnis Anda
agar memberikan nilai tambah bagi pengunjung. Itu dapat dilakukan
setelah usaha Anda cukup stabil dan memiliki dana yang relatif memadai.
Anda
tidak perlu menyewa jasa pakar SEO untuk melakukannya jika memiliki
banyak waktu dan cukup familiar dengan Internet. Sebagai entrepreneur,
berpikirlah simpel dengan memahami bahwa orang banyak mencari UMKM lokal
yang dapat memenuhi kebutuhan mereka segera dan bisa dikujungi saat
ingin membeli langsung.(*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar