Mempopulerkan toko online penting untuk meningkatkan brand awareness
merek bisnis yang Anda miliki. Karena berbisnis di ranah online, Anda
memiliki kompetitor produk sejenis yang jumlahnya banyak dan berasal
dari berbagai penjuru dunia. Yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana
membuat merek bisnis Anda lebih menonjol dibanding merek kompetitor,
salah satunya dengan membuat merek bisnis Anda tersebar di dunia maya.
Penyebaran
merek bisnis di media online dipengaruhi oleh tingkat popularitas
bisnis tersebut di kalangan konsumen online. Semakin populer nama sebuah
toko online, semakin mudah pembeli menemukan merek bisnis dari toko
online tersebut. Apa saja sarana yang dapat digunakan untuk mendongkrak
popularitas sebuah toko online?
Media sosial
Seberapa
sering Anda melakukan posting di Facebook? Apakah Anda menulis tweet
tentang produk secara berkala? Kualitas foto produk seperti apa yang
Anda unggah di Pinterest? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini membantu
Anda dalam menentukan tipe konten di media sosial yang dimiliki oleh
bisnis Anda. Seluruh posting yang Anda tulis di media sosial hendaknya
selalu menceritakan bisnis Anda secara lengkap dan menarik, bahkan dapat
menggiring pembeli untuk berkunjung ke toko online Anda.
Blog
Blog
adalah media di mana Anda bisa mengurangi semangat berjualan Anda dan
mengedepankan konten yang bermanfaat bagi konsumen. Melalui blog, Anda
dapat menuliskan hal-hal yang menarik, unik, menghibur, dan berguna bagi
pembeli. Tulislah hal-hal yang tidak melulu mempromosikan produk Anda,
melainkan mengedukasi pembeli terkait bidang bisnis yang Anda geluti.
Dengan menulis konten yang bermanfaat dalam blog, Anda dipandang sebagai
pemilik toko online yang memang kredibel di bidangnya.
Artikel online
Ulasan
dalam bentuk artikel di media online sangatlah efektif untuk
mempopulerkan nama toko online. Media massa dipandang sebagai pihak yang
independen sehingga akan meliput dan menulis artikel yang memang sesuai
dengan kondisi sebenarnya. Jika Anda mampu membuat toko online Anda
dimuat di media online, dapat dipastikan merek bisnis Anda dikenal luas.
Secara otomatis, popularitas toko online pun akan terangkat.
Video
Seberapa
sering Anda memproduksi video terkait produk Anda untuk diunggah di
YouTube? Jika sering, bagaimana kualitas video yang Anda buat tersebut?
YouTube dapat menjadi sarana pemasaran online yang efektif. Video yang
menggabungkan unsur audio dan visual adalah konten yang paling menarik
perhatian konsumen. Belum lagi banyaknya pengguna aktif YouTube bisa
dipandang sebagai pangsa pasar potensial. Cantumkan alamat toko online
dalam setiap video produk yang Anda unggah di YouTube.
Gambar
Penelitian
membuktikan, sebuah gambar menstimulus otak lebih cepat dibanding
tulisan. Inilah yang mendasari dunia periklanan dan bisnis o-line untuk
lebih banyak melibatkan gambar di media sosial dalam berpromosi. Bagi
banyak pebisnis online, mengunggah gambar produk atau jasanya dirasa
lebih bisa mendatangkan keuntungan, terutama saat mempromosikan toko
onlinenya.
Mobile marketing
Jumlah pengguna
smartphone dan gadget di era digital ini sangatlah banyak. Ini
merupakan pertanda bahwa semua orang kini telah go online. Untuk
mengimbangi fenomena ini, Anda perlu membuat toko online Anda mudah
ditemui pembeli melalui smartphone, salah satunya lewat desain toko
online untuk ponsel atau mobile site, serta pembuatan aplikasi untuk
gadget seandainya merek bisnis Anda sudah go international. (bn)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar