Bisnis online menjadi sebuah peluang bisnis tersendiri di era digital ini. Toko online
tampaknya bisa menjadi salah satu lahan bisnis baru bagi Anda. Modalnya
pun relatif tidak terlalu besar, Anda tak perlu menyewa toko dengan
segala biaya operasional serta perawatannya.
Dalam acara Peluncuran E-Commerce dan M-Commerce The Body Shop,
hari Rabu (12/9) lalu, Iim Fahima Jachja, CEO Virtual Consulting
mengungkapkan bahwa Hasil suvei Payment Solution terhadap negara-negara
di seluruh dunia menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara dengan
transaksi online paling tinggi se-asia pasifik.
Melihat
celah itu, tidak ada salahnya untuk berpikir memulai bisnis online
untuk mencari keuntungan atau sebagai pekerjaan sampingan yang
menguntungkan. Atau tak menutup kemungkinan sebagai bisnis utama Anda.
Nah, bagi Anda yang baru saja ingin merintis bisnis online, tak ada salahnya untuk membaca sedikit saran dari beberapa pakar yang sudah ahli di bidang online shoping.
1. Niat berbisnis yang baik
Banyak E-Commerce di Indonesia yang memang dibuat untuk menipu kata Aria Rajasa, Praktisi E-Commerce. Melihat kondisi bisnis online
yang demikian,, pastikan niat utama Anda berbisnis adalah menjaring
keuntungan dan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Jangan membuat toko
online dengan tujuan penipuan, karena akan memberikan dampak
yang buruk dan Anda akan mengalami kesulitan-kesulitan yang lebih banyak
lagi.
2. "Call centre" yang jelas
Berikan nomor kontak yang bisa dihubungi oleh customer.
Hal ini tentunya bertujuan memberikan kenyamanan dan menambah
kepercayaan pelanggan ketika akan berbelanja. Mereka bisa menanyakan
lebih lanjut tentang barang yang akan dibeli dengan mudah. Contohnya
kita saat ini sudah memiliki call centre yang melayani pertanyaan pelangan. Seperti tengat waktu barang sampai, warnanya, walaupun sebenarnya bisa dilihat di website kata Budi Utomo, E-Commerce and Social Selling Manager The Body Shop Indonesia
3. Tampilan web yang menarik
Tampilan website
yang menarik dan dengan sistem navigasi yang mudah juga menjadi salah
satu pertimbangan calon pembeli untuk tetap melanjutkan proses pembelian
atau tidak. Website harus kelihatan enak, user friendly serta navigasinya gampang kata Ardistia, pemilik Ardistia New York, produk fashion yang dipasarkan melalui sistem online.
4. Harga yang relatif murah
Keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi adalah tujuan utama
dalam berbisnis. Namun, jangan tergoda untuk meraih keuntungan cepat
yang tinggi. Selain itu, harga yang murah di awal bisa menjadi sarana
untuk menjaring pelanggan agar tetap bertahan menjadi pelangan setia.
Jangan patok harga yang mahal. Cari dulu pelanggan sebanyak-banyaknya.
Kalao pelanggan sudah banyak, suatu saat jika kita mau menaikan harga,
mereka sudah tahu kualitas kita kata Sesi Idris, kepada Kompas Female
beberapa waktu lalu. Sesi saat ini juga sedang merintis bisnis online
antar teman-temannya.
5.Jangan terpaku pada satu "supplier"
Lebih banyak supplier akan lebih banyak pilihan barang yang bisa kita jual. Jika kita hanya mencari barang dari satu supplier saja, maka pembeli tidak bisa terlalu banyak mendapatkan pilihan dari segi harga dan kualitas. (*/Kompas.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar