Banyak
orang yang ingin memulai berbisnis ecommerce melalui situs web dan
mereka masih kebingungan dengan berbagai aspek yang harus diperhatikan
di dalamnya. Salah satu aspek dalam bisnis ecommerce yang harus Anda
perhatikan ialah keharusan untuk membuat halaman web yang sebanyak
mungkin dengan memberikan kualitas informasi yang tinggi pada
pengunjung/ pengguna Internet.
Jika
Anda tidak bisa menghasilkan, katakanlah, 1000 halaman web dan
memberikan ciri khas atau keunikan di dalam setiap halaman web di situs
ecommerce Anda tersebut, akan sangat sulit bagi Anda untuk memberikan
kualitas informasi yang dibutuhkan para pengunjung situs. Mengapa?
Karena konten yang Anda suguhkan di sana kemungkinan besar sama saja
dengan halaman web di situs lainnya. Keunikan tidak ditemukan dan itu
akan menjadi masalah besar dalam jangka panjang. Misalnya, jika Anda
hanya memuat link afiliasi dalam halaman web Anda, bagaimana Anda bisa
berbeda dari halaman web milik orang lain yang juga menyajikan link
afiliasi yang sama persis?
Karena
itu, sebelum Anda mendirikan sebuah situs ecommerce, tanyakan pada diri
Anda sendiri: Apa yang unik dalam situs ecommerce saya nanti? Konsep
dan informasi menarik dan berbeda apa yang bisa saya sajikan di situs
saya agar orang mau berkunjung terus menerus? Sebagai pebisnis online,
jika Anda tidak mampu memiliki konten yang unik, sudut pandang yang
berbeda dari pesaing lainnya, atau alasan keberadaan yang berbeda dari
yang sudah ada, dan hal-hal menyenangkan lain yang dicari oleh pengguna
Internet (misalnya lebih mudah, lebih nyaman bagi mereka untuk
mengkonsumsi jenis konten yang diinginkan), Anda akan lebih sulit
berkembang maju.
Banyak
orang yang menganggap remeh keunikan konten yang dimuat dalam halaman
web, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa hal itu memperburuk
ekosistem di Internet karena terlalu banyak halaman yang mirip akan
membingungkan pengguna yang hendak mencari informasi yang unik dan
spesifik. (*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar