Penamaan perusahaan atau produk selalu menjadi tantangan tersendiri.
Dalam era digital, tantangan ini bahkan lebih besar. Sekarang, selain
menjadi unik, mudah diingat, dan relevan, nama harus mudah dicari,
membuat URL yang baik jika nanti digunakan sebagai domain situs bisnis,
dan kebanyakan dari semua, semua nama situs akan tersedia sebagai
dotcom. Berikut adalah beberapa poin yang penting untuk dipertimbangkan
saat Anda mencari nama untuk sebuah perusahaan atau nama merek dalam
dunia web 2.0.
1. Ketersediaan adalah rintangan pertama.
Ketersediaan
nama yang bisa digunakan pada masa dulu kala masih relatif mudah.
Pertimbangkan kata "Delta". Banyak perusahaan bisa mengklaim ini sebagai
merek dagangnya karena mereka menjual produk dan jasa yang berbeda.
Kata "Delta" bisa digunakan sebagai Delta Airlines, kran Delta, Delta
Force, dan sebagainya. Semua bisa mendaftar Delta sebagai merek dagang.
URL tidak bekerja seperti itu. Hanya satu www.Delta.com yang tersedia
dengan ratusan merek dagang Delta yang menginginkannya sebagai domain
bisnis. Delta Airlines memenangkan "murni" dotcom. Delta kran harus puas
www.deltafaucets.com. Tantangan terbesar Anda yakni bagaimana harus
menemukan dotcom yang tersedia. Lebih baik Anda memilih nama yang Anda
dapat dengan pasti miliki daripada Anda memiliki terlalu banyak variasi.
Jika Anda tidak dapat memiliki www.Acme.com, jangan tergoda untuk
memilih www.MyAcme.com atau www.AcmePlus.com. Demikian pula, tanda
hubung dan versi jamak tidak akan memberikan cukup diferensiasi. Jika
Anda memilih www.general- motors.com dengan tanda hubung, Anda tidak
akan membangun merek yang unik dan berbeda dan Anda mungkin akan
mendapatkan masalah merek dagang dengan GM
yang lebih mapan. Dan
jangan tergoda untuk memilih .Tv,. Net,. Info atau nama domain tingkat
atas lain yang 'eksotis' jika .com Anda sudah diambil. Tak seorang pun
akan ingat bahwa Anda menggunakan .net sementara pesaing Anda
menggunakan .com.
2. Apakah lebih pendek lebih baik?
Banyak
orang menyarankan nama yang pendek. Mereka memiliki risiko lebih rendah
untuk salah eja dan mereka bukan tugas seperti mengetik. Tapi jangan
mengorbankan
arti untuk panjang nama yang Anda pilih. Akan lebih baik memilih
www.FarmFreshEggs.com daripada www.FFE.com. Dan makin singkat nama
Anda, semakin kecil kemungkinan URL akan tersedia.
3. Ejaan berperan penting.
Nama
Anda harus mudah dieja. Jangan memilih nama yang sengaja dibuat salah
eja. Orang tidak mungkin mengingat variasi nama itu dengan benar ketika
mereka ingin menemukan Anda di web. Dengan demikian, masuk akal untuk
membeli varian ejaan merek Anda untuk mengarahkan para pencari yang
salah ke situs Anda yang benar. Pastikan untuk membeli versi tunggal dan
jamak dari URL Anda juga.
4. Nama deskriptif adalah pedang bermata dua.
Sebuah
nama yang menarik bagi mesin pencari bisa masuk akal, tetapi sering
nama-nama ini terlalu umum untuk pernah menjadi merek. Nama domain
www.CNN.com URL lebih berharga daripada www.news.com yang generik (yang
bahkan tidak muncul di tiga halaman pertama pencarian Google pada
"berita". Dan Tiger Direct akan selalu menjadi merek yang kuat daripada
Komputer Murah. Dengan demikian, setelah Anda memilih nama merek Anda
dan mendaftarkan URL itu, masuk akal untuk memiliki URL generik yang
relevan dan menunjukkan mereka ke situs utama Anda. Acme Brick memiliki
kedua www.acmebrick.com dan www.brick.com.
5. Ambil dulu, bertanya kemudian.
Jika
Anda menemukan URL yang mungkin bisa digunakan, beli segera. Nama yang
baik akan cepat dibeli orang. (berbagai sumber/*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar