do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Rabu, 09 Februari 2011

Membangun Keterampilan Dasar Manajemen

Kemampuan manajemen bisnis adalah keterampilan yag harus terus menerus dilatih. Setiap keterampilan dalam manajemen memiliki jenjang yang berupa piramida keterampilan manajemen.Pada level piramida paling tinggi jumlahnya akan semakin sedikit, dibandingkan piramida dibawahnya. Dan untuk mencapai puncak piramida akan semakin sulit dalam menggapainya. Namun jika anda mau, tentu anda bisa memilikinya. Dalam mengelola  bisnis usaha kecil diperlukan pula keterampilan manajemen yang senantiasa harus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Untuk mencapai keterampilan manajemen tingkat tertingi diawali dari keterampilan tingkat dasar terlebih dahulu. Secara garis besar pernah dibahas pada tulisan piramida keterampilan manajemen terdahulu. Berikut keterampilan dasar manajemen yang harus dikuasai untuk menuju level piramida berikutnya:
Plan
Planning atau perencanaan adalah langkah pertama dan paling penting dalam tugas manajemen. Ini paling sering diabaikan atau langkah yang sengaja dilewatkan. Sejumlah perencanaan dan detail pelaksanaan sangat perlu dilakukan dalam mencapai sukses bisnis. Kesuksesan tanpa rencana hanyalah keberuntungan saja, sedangkan keberuntungan porsinya sangat kecil sekali.
Organize
Seorang manajer harus mampu mengatur tim, tugas, dan proyek-proyek dalam rangka untuk mendapatkan pekerjaan tim dilakukan dengan cara yang paling efisien dan efektif. Sebagai manajer awal, Anda mungkin mengatur tim kerja kecil atau tim proyek. Keterampilan yang sama ini akan diperlukan nanti dalam karir Anda ketika Anda harus mengatur departemen atau divisi baru perusahaan.
Bila Anda mengorganisasi pekerjaan, yang perlu anda lakukan adalah :
  • menentukan peran yang dibutuhkan,
  • menetapkan tugas dengan peran,
  • menentukan sumber daya terbaik (orang atau peralatan) untuk peran,
  • memperoleh sumber daya dan mengalokasikan mereka ke peran, dan
  • menetapkan sumber daya untuk mendelegasikan tugas dan wewenang dan tanggung jawab kepada mereka.
Direct/Mengarahkan
Mengarahkan adalah langkah untuk memastikan bahwa rencana sudah dapat dilaksanakan sesuai jalurnya. Selain itu anda juga harus memastikan tim anda mengetahui dengan pasti tujuan bisnis yang akan dijalankan. Dan memastikan semua berperan sesuai fungsinya.
Anda akan lebih efektif memimpin tim menuju tujuan Anda jika Anda memberikan dorongan kepada mereka (memimpin mereka) daripada memberi perintah. Lebih baik Anda memotivasi orang-orang dalam tim Anda dan membantu dan mengilhami mereka terhadap tujuan tim.
Kontrol
Pada langkah di atas, Anda telah merencanakan pekerjaan, mengorganisir sumber daya untuk mewujudkannya paling efisien, dan diarahkan tim untuk mulai bekerja. Pada langkah kontrol, Anda memonitor pekerjaan yang sedang dilakukan. Anda membandingkan kemajuan aktual dengan rencana tersebut. Anda memverifikasi bahwa organisasi bekerja seperti yang Anda dirancang itu.
Hal-hal yang perlu anda kontrol antara lain:
  • Schedule, memastikan semua kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal
  • Keuangan, memonitor alokasi keuangan, pengeluaran dan pemasukan
  • Sumberdaya, memonitor dan memastikan semua sudah menjalankan fungsi seperti yang dikehendaki. Mengukur kinerja personalia dan lain-lain.
Menguasai keterampilan dasar manajemen pada level ini membantu anda bisa melaksanakan tugas sesuai dengan rencana yang ditetapkan. (Galeriukm).

Sumber:
http://management.about.com/od/managementskills/a/level1managementskills.htm

Poskan Komentar