do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 06 Februari 2011

Memilih Investasi Yang Tepat

Mengandalkan pendapatan dari gaji atau pendapatan dari pekerjaan utama bagi sebagian orang mungkin tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan kehidupan. Karena itu selain pemasukan utama dari gaji perlu difikirkan pendapatan sampingan yang tidak menguras waktu dan tenaga yang terbatas. Jalan itu adalah dengan berinvestasi.
Investasi sendiri bermacam-macam bentuknya dan tidak perlu menunggu modal anda besar untuk bisa berinvestasi. Idealnya kita harus melakukan investasi sebesar 20% dari gaji bulanan. Saat ini banyak sarana untuk berinvestasi bagi perorangan.
Tipe investasi sendiri dapat dikategorikan dalam tiga kelompok yaitu investasi jangka pendek, jangka menengah, dan investasi jangka panjang.
Investasi jangka pendek sesuai untuk keluarga baru. Jika berstatus pekerja, investor tipe ini adalah orang-orang yang berada di tengah tangga kariernya. Biasanya pula, mereka masih membutuhkan banyak biaya untuk membesarkan sekaligus menyekolahkan anak. Investasi tipe ini sebaiknya memilih produk investasi dengan resiko yang rendah.
Investasi Jangka Menengah , sesuai untuk  keluarga yang telah memiliki anak usia SMP atau SMA. Keluarga seperti ini sebaiknya mulai berkonsentrasi untuk investasi jangka menengah dan panjang, di luar mencukupi kebutuhan tempat tinggal ataupun mobil.
Fokus keluarga seperti ini tak lagi mencari harta, tapi memperbanyak harta. Porsi pengeluaran rutin mereka tak lagi terlalu besar dibanding penghasilan. Mereka yang masuk kelompok ini adalah orang yang sudah berumur di atas 40 tahun.
Tipe ketiga adalah keluarga yang perlu berinvestasi jangka panjang. Mereka adalah golongan masyarakat yang telah menjelang masa pensiun, dan telah mencapai puncak karier. Ini saat paling tepat untuk melikuidasi timbunan aset.(Galeriukm).

Sumber:
http://personalfinance.kontan.co.id/v2/read/personalfinance/46028/Kiat-memilih-keranjang-investasi-ideal

Posting Komentar