do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 04 Februari 2011

UKM Perlu Membidik Segmen Pasar Khusus

Memilih segmen pasar secara khusus merupakan strategi pemasaran usaha kecil yang penting untuk dilakukan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari persaingan di pasar umum yang terlalu padat. Pada kenyataanya mayoritas UKM masih mengembangkan produk dengan pola pembentukan pasar yang terlalu umum. Ketika produknya masuk pasar langsung berhadapan dengan produk serupa yang telah membanjir baik dari dalam negeri maupun produk impor. Karena itu untuk meningkatkan persaingan produk usaha kecil perlu menghitung segmen pasar yang ada dan menentukan segmen pasar yang akan masuki.

Menurut Raharas Sapta, President Director PT Lestari DIni Tunggal, UKM yang bergerak di bidang garmen, pemilihan segmen pasar itu sangat ditentukan pada pemilihan segmen tersebut untuk memastikan daya tahan usaha dan keberlanjutan bisnisnya bisa berjalan secara berkelanjutan.
Dia menuturkan pemilihan segmen pasar itu sangat ditentukan pada pemilihan segmen tersebut untuk memastikan daya tahan usaha dan keberlanjutan bisnisnya bisa berjalan secara berkelanjutan.
Penempatan pasar itu, katanya, berkaitan juga dengan proses produksi yang berkualitas seperti usaha pakaian jadi sebaiknya membidik pasar di kelas menengah atas dengan volume terbatas dan desain produk yang eksklusif.
Menurut dia, strategi itu dengan sendirinya menempatkan UKM di pasar yang jumlah pesaingnya memang tidak terlalu banyak sehingga memudahkan proses produksi dan pemasaranya.
“Memang untuk bisa melakukan itu diperlukan dukungan tenaga kerja yang memiliki skill dan pengetahuann yang lebih baik, agar inovasi produknya bisa lebih memahami terhadap tren perkembangan pasar.” (Galeriukm).
Sumber:
http://web.bisnis.com/sektor-riil/ritel-ukm/1id204409.html

Posting Komentar