Salah satu tantangan utama yang dihadapi
pebisnis online sepanjang masa ialah bagaimana agar membuat pengunjung
situs bisnis setia mengunjungi situs secara teratur dan jika perlu,
sesering mungkin. Tujuan utamanya ialah menciptakan sebuah audiens di
sekeliling website bisnis Anda yang nyata-nyata kelak akan menghasilkan
pemasukan bagi perusahaan Anda (dengan syarat dilakukan dengan baik).
Konsep
pertama yang Anda harus tanamkan dalam benak Anda ialah konsep
Interaksi: Bagaimana menciptakan sebuah situs yang interaktif.
Hal
ini dapat dipahami dalam banyak cara. Cara pertama untuk memahaminya
ialah: Menyediakan apa yang dicari oleh audiens yang menjadi sasaran
Anda di situs bisnis yang Anda miliki dan kelola. Berikan mereka dan
terus menerus berikan apa yang meeka inginkan dan Anda akan menyaksikan
bahwa Anda sangat peduli dengan mereka. Ini adalah alat pra-penjualan
yang ampuh. Jangan cuma fokus pada uang - fokuslah pada penciptaan
manfaat bagi pengunjung Anda, inilah titik yang menjadi kelemahan banyak
pebisnis online.
Berikut adalah sejumlah cara lain yang Anda bisa lakukan dalam membuat situs bisnis makin interaktif:
- Konten (berupa teks, gambar, video, slide)
- Langganan newsletter (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik)
- Widget (tombol-tombol yang memudahkan pengunjung dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan)
- Kupon
- Survei
- Wiki
- RSS
- Komentar
- Pengiriman artikel (jika Anda menerima pengiriman artikel)
- Interviu
- Layanan pelanggan terbaik
- Iklan gratis
Intinya,
situs bisnis Anda akan makin berkibar saat para pengunjung Anda
memiliki alasan yang kuat untuk membicarakan mengenai situs bisnis Anda
baik di konteks offline dan online. (*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar