Kini sudah saatnya meninggalkan metode cold calling
(menelpon calon pelanggan tanpa diminta) dan mengadopsi cara lain yang
lebih beretika dan efisien dalam menarik pelanggan. Berikut adalah 8
cara tersebut:
1.SEO (Optimasi mesin pencari)
Seni
kreatif SEO mencakup integrasi kata kunci dan frase penting ke konten
website bisnis Anda, karena akan memudahkan konsumen untuk menemukan
Anda di web. Lakukan optimasi secara wajar untuk menarik pengunjung
Internet ke situs bisnis. Tetapi hati,hati jangan sampai terlalu
mengandalkan SEO. Banyak yang terlalu mengandalkan SEO hingga mereka
lupa dengan faktor lain: memberikan manfaat bagi pengunjung situs.
2. Iklan
Tujuan
beriklan ialah menjangkau lebih banyak konsumen potensial. Anda harus
bersabar dalam hal ini karena pemasukan setelah beriklan mungkin tidak
seinstan yang lain. Iklan yang sukses memerlukan riset dan strategi yang
sangat fokus. Jangan mencoba menarik semua segmen konsumen. Itu hanya
akan menghancurkan diri Anda. Anda tidak bisa memuaskan semua konsumen.
Bidiklah kelompok yang benar-benar spesifik. Jika yang lain tertarik
juga, itu hanya bonus.
3. Webinar-internet marketing
Sebuah
webinar (seminar di web) adalah versi online seminar yang biasa kita
hadiri. Jika webinar disaksikan oleh banyak orang, peluang produk/
layanan Anda dikenal pasar akan jauh lebih baik.
4. Content marketing
Membuat
konten yang menarik, entah itu artikel, video, foto, infografik, dan
sebagainya akan sangat membantu menarik konsumen potensial dan menarik
Google juga.
5. SEM (Marketing di mesin pencari)
Iklan
pay per click (PPC) merupakan cara efektif untuk menjaring konsumen
saat menjelejahi web dengan mesin pencarian seperti Google dan Yahoo.
Dalam SEM, Anda bisa beriklan dengan memasang kata-kata promosi di
halaman hasil mesin pencarian.
6. Optimasi mobile
Makin
banyak orang mengakses situs dengan perangkat mobile (smartphone dan
tablet). Pastikan situs bisnis Anda sudah mobile friendly (tertampil
baik dan mudah dijelajahi saat diakses dari perangkat mobile).
7. Marketing social media
Prospek
dan konsumen akan lebih mudah dijangkau di jejaring sosial saat ini.
Tingkatkan minat mereka pada brand Anda dengan melibatkan mereka dalam
kampanye digital di social media.
8. Humas
Humas
ibarat kendali perahu sebuah usaha. Kehumasan Anda harus secara detil
mengatur pro kontra yang timbul atas kegiatan usaha dan aliran konten
perusahaan yang disebarkan ke konsumen yang dibidik. (*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar