Kepercayaan dari konsumen merupakan "nyawa" dari bisnis online.
Memperoleh kepercayaan merupakan tantangan besar bagi para pedagang
untuk dapat terus meningkatkan pelayanan.
Sistem penjualan barang
secara online semakin marak beriring dengan kemajuan tekhnologi.
Kemudahan yang ditawarkan melalui jaringan online berjalan seiring
dengan sejauh mana penjualan barang dipercaya kualitasnya sesuai harga
dan kesesuaian produk yang ditampilkan di layar komputer.
Bagi
pebisnis online yang baru merintis, sistem cash on delivery (COD)
merupakan salah satu cara untuk memperoleh kepercayaan pelanggan.
Mekanisme pembayaran yang satu ini sering dilakukan oleh pelaku bisnis
online. Sebab, konsumen merasa lebih aman jika melakukan pembayaran saat
barang datang.
COD merupakan salah satu alternatif untuk
menghindari banyaknya pengalaman buruk yang dialami pelanggan karena
produk tidak sesuai dengan tampilan atau barang tidak dikirim sama
sekali. Namun, sistem ini mempunyai kelemahan. Biaya transportasi dan
jangkauan pasar bisnis online Anda akan menjadi kendala.
Sistem
COD tidak bisa Anda terapkan terus menerus. Sistem ini hanya dilakukan
pada tahap-tahap awal memulai bisnis online. Selanjutnya, jika
kepercayaan konsumen terbentuk Anda harus lebih mengandalkan sistem
paket barang untuk melayani pelanggan Anda. (as)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar