Website menjadi sarana promosi dan marketing yang tepat bagi
perkembangan industri berskala mikro dan kecil. Praktis, efektif dan
komunikatif merupakan segelintir aspek positif yang mendorong pelaku
usaha untuk meluncurkan website bidang usahanya. Meski demikian, banyak
pula usaha kecil yang gulung tikar dari jagat maya dikarenakan berbagai
macam hal, antara lain website-nya tak memberi feedback serta penjualan
yang sesuai harapan atau dinilai tak mampu memberi informasi yang
benar-benar dibutuhkan customer. Mengapa hal itu terjadi?
Menurut
Lisa Barone, Co-Founder and Chief Branding Officer Outspoken Media,
Inc., perusahaan yang fokus menangani manajemen online dan jasa
internet, , seperti yang dikutip dari Small Business Trends,permasalahan
di atas terjadi karena banyak pelaku bisnis yang tak mencantumkan
informasi atau fitur yang bisa dijadikan sumber informasi bagi konsumen.
Untuk mencegah hal tersebut, Barone mengungkapkan 6 hal yang harus ada
dalam website jual beli online milik para pengusaha kecil menengah :
Intuitif Navigasi
Kegagalan
sering terjadi pada website dengan navigasi yang sulit diakses oleh
user. Oleh karenanya buatlah navigasi yang intuitif atau mudah dipahami
user. Navigasi yang intuitif menurut Barone adalah navigasi yang :
Tidak harus semuanya dalam bentuk Flash.
Menempatkan search box pada posisi yang mudah dicari dan tidak tersembunyi.
Memakai nama fitur yang lazim diingat seperti shopping cart alih-alih product receptacle, dll.
Konten Berbobot
Cara
untuk membedakan website Anda dengan pesaing yang berusaha menjadi
plagiator adalah dengan membuat konten berkualitas. Tunjukkan bahwa
website Anda berkelas dengan menayangkan sejumlah informasi yang dikemas
serta disusun semenarik mungkin, misalnya :
Dirancang menyerupai e-book.
Berisi business checklist yang bisa diunduh atau di-download oleh user.
Berisi beberapa artikel atau karya tulis yang berasal dari blog Anda, dll.
Blog
Menampilkan
link blog di website memang bukan hal baru di dunia maya. Tetapi hal
itu ampuh untuk menarik perhatian user. Bagi usaha kecil, blog bisa
dijadikan jati diri perusahaan atau company voice. Blog juga dapat
dijadikan media untuk berkomunikasi dengan user serta wadah berbagi
pengalaman, kisah serta informasi secara lebih mendetil. Anda tak perlu
meng-update blog setiap hari namun buatlah jadwal yang tetap untuk
menjaga jalinan interaksi serta komunikasi dengan user.
Alamat, Telepon dan Kontak Lain
Salah
satu cara efektif bagi usaha kecil untuk meningkatkan kredibilitas
perusahaan di mata user adalah dengan menampilkan alamat, telepon,
e-mail address dan kontak lain seperti Twitter, Facebook, dll. Aneka
macam informasi itu merupakan bukti bahwa usaha yang sedang Anda kelola
benar-benar nyata sehingga memberi kemudahan bagi user untuk mengadakan
kontak dengan Anda.
Ulasan
Ulasan yang
berisi rekomendasi dari pihak-pihak berpengaruh sangat penting untuk
ditampilkan di website Anda. Tujuannya untuk menambah kredibilitas
perusahaan serta meningkatkan jumlah user yang berkunjung ke website
Anda.
Cara Berbelanja
Ketika user puas
mengakses website Anda dan cocok dengan produk yang Anda tawarkan, hal
yang akan dilakukan selanjutnya adalah membeli produk Anda. Agar proses
transaksi berjalan lancar, buatlah fitur cara berbelanja yang mudah
dipahami oleh user. Pandu user menuju ke fitur pembelian itu dengan
menggunakan kata-kata yang bisa langsung dicerna seperti misalnya buy
now, dll. (bn)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar