Bisnis online saat ini marak bak cendawan di musim hujan. Meski
pemainnya telah banyak, bisnis ini tetap menjanjikan peluang tersendiri.
Tentunya, untuk bertahan di bisnis online diperlukan strategi yang
matang. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan:
1. Gali informasi sebanyak-banyaknya
Sebelum
memutuskan untuk membuka bisnis online, ada baiknya Anda menggali
banyak informasi dari senior atau rekanan yang lebih dulu membuka bisnis
online. Gali banyak informasi mengenai bagaimana strategi, keuntungan,
kerugian, kekurangan, serta kelebihannya. Banyak informasi akan membantu
Anda untuk memikirkan strategi yang lebih jitu.
2. Aktif di pameran
Siapa
bilang bisnis online hanya bisa aktif di dunia maya? Justru dengan
aktif mengikuti bazaar, peluang memperkenalkan nama produk Anda jadi
lebih besar. Selain dikenal melalui online, Anda juga dikenal secara
offline. Hal ini juga mengantisipasi kebanyakan orang yang tidak
seluruhnya membuka internet.
3. Gunakan strategi dari mulut ke mulut
Jangan
ragu untuk aktif mempromosikan dagangan dengan cara dari mulut ke mulut
melalui organisasi atau komunitas yang Anda ikuti. Meski terkesan old
school, namun cara ini juga terbilang jitu karena mempermudah pangsa
pasar mengenal produk Anda.
4. Pasang iklan
Merasa
kurang jitu dalam memasang strategi marketing usaha Anda? Coba
sekali-kali Anda memasang iklan di surat kabar, majalah, atau buletin.
Cara ini terbilang kuno, namun hingga kini, tak hanya toko offline yang
bisa meraup sukses, toko online pun demikian.
5. Profesional
Jangan
pernah berpikiran bahwa online shop hanyalah toko yang hanya ada di
balik layar. Dengan memperlakukan usaha dan dagangan Anda secara
profesional, seperti memberikan bonus khusus bagi reseller atau
menjadwalkan beberapa bulan sekali memberikan diskon bagi pelanggan
adalah salah satu contoh bersikap profesional. Jangan lupa juga, pembeli
adalah raja, terlebih lagi ini adalah toko online, jadi kepercayaan
memang sangat dibutuhkan. (as)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar