Memilih
font yang tepat untuk mewakili bisnis Anda adalah bagian penting dari
brand Anda, baik online maupun offline. Font digunakan untuk selebaran,
kartu nama, poster atau materi offline lainnya. Caranya mudah - tinggal
memilih font, mencetaknya dan Anda dapatkan hasilnya segera. Online, hal
ini dapat menjadi lebih kompleks, dan layak dipastikan bahwa font Anda
tertampil bagus sesuai harapan jika dibaca di layar komputer dan
perangkat mobile sebelum Anda selesai memilih font.
Memilih
font yang sesuai dengan nuansa bisnis Anda juga tak kalah pentingnya.
Tanyakan pada diri sendiri: "Apakah saya bertujuan untuk menggambarkan
persona online yang segar dan modern, tampilan yang baik mapan dan
formal atau sesuatu yang lain?" Memilih font yang tepat adalah bagian
pekerjaan penting dari bagaimana bisnis Anda dipandang oleh orang lain.
Kebanyakan
website menggunakan 2-3 font - satu untuk tubuh (yaitu teks paragraf
normal), satu untuk judul, dan satu untuk logo. Kadang-kadang judul dan
logo yang sama, dan kadang-kadang judul dan tubuh adalah sama. Ini
berlaku jika font ini dipilih untuk bekerja sama, dan digunakan pada
semua dokumen yang dihasilkan oleh perusahaan - website, segala bentuk
iklan lain, termasuk poster dan selebaran, kartu nama dan dokumentasi
resmi atau surat yang ditulis. Tubuh teks biasanya mudah jelas untuk
membaca huruf yang relatif membosankan, sedangkan header dan logo bisa
lebih mewah. Seringkali font sangat mewah dicocokkan dengan yang lebih
sederhana untuk menjaga hal-hal mudah dibaca.
Lalu
bagaimana cara memilih font lintas platform? Hanya ada sejumlah kecil
font yang tersedia pada Windows, Apple OS X, iOS (bekerja di iPhone,
iPads dan iPod), Android dan Linux. Microsoft merilis satu set inti font
web antara 1996 dan 2002 yang dapat diasumsikan pada sistem apapun.
Jika mereka tidak ditemukan di PC Anda, biasanya ada beberapa font yang
sangat mirip dengan digunakan sebagai pengganti - banyak instalasi Linux
tidak mencakup ini.
Anda mungkin akan
melihat beberapa hal langsung - font ini, yang monospace (Andale Mono
dan Courier New) tidak benar-benar tepat untuk logo atau teks tubuh.
Comic Sans MS sangat sukar dibaca pada ukuran kecil, dan terlalu sering
digunakan. Webdings dirancang untuk memberikan simbol untuk tanda-tanda
dan hal-hal, jadi tidak berguna baik. Hanya ada 6 font serbaguna yang
dapat kita andalkan. Ini adalah dua font serif, Georgia dan Times New
Roman, dan empat font sans-serif, Arial, Arial Black, Trebuchet MS, dan
Verdana.
Pada tahun 2007, Microsoft
merilis "C" font - Calibri, Cambria, Candara, Consolas, Constantia,
Corbel. Meskipun ini cukup umum pada komputer Windows (jenis font-font
ini ditemukan di Windows Vista dan Windows 7, dan termasuk dalam Windows
8), di tempat lain mereka tidak lazim ditemukan. Font-font itu juga
tidak disertakan pada iOS atau Android, hanya pada Mac yang telah
membeli Microsoft Office 2011 dan hanya pada mesin Linux di mana
pengguna telah disalin mereka dari instalasi Windows. Oleh karena itu
kita tidak dapat benar-benar menggunakan font tersebut baik.
Banyak
font terkenal yang diinstal pada Mac dan iOS sangat jarang tersedia
pada Windows: Helvetica, Futura, Gill Sans, Optima, Baskerville dan
banyak lainnya pada sejumlah diabaikan komputer Windows.
Ini
berarti bahwa jika Anda telah memilih font selain enam di atas, tanpa
menggunakan teknik di bawah ini, website Anda tidak akan terlihat sama
pada sistem operasi yang berbeda.
Secara
singkat, tanpa embedding font, hanya ada enam font yang Anda dapat
pastikan akan selalu tersedia di setiap perangkat penampil situs bisnis
Anda. Meskipun Anda dapat memberikan font fallback sehingga hal-hal
dapat terlihat sebagus mungkin, ini sering bukan merupakan solusi ideal.
Memilih font yang memungkinkan embedding di website (sering disebut
sebagai @ font-face) sebelum mencetak apapun adalah ide bagus untuk
memastikan konsistensi.
Pada strategi
fokus, kita selalu berpikir hati-hati tentang apa yang font untuk
digunakan, sementara memastikan bahwa beban situs dengan cepat dan
memiliki konten yang tersedia untuk mesin pencari. (*Akhlis)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar