do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 20 Mei 2011

Melakukan Penelitian Pasar


Melakukan Penelitian Pasar

Dalam kegiatan rutin sehari-hari, sadar atau tidak mungkin Anda sering atau pernah terlibat dalam penelitian pasar. Misalnya, sebelum Anda membeli suatu barang, Anda keliling ke toko/pasar swalayan untuk membandingkan barang yang akan Anda beli dengan harga yang paling murah, kualitas yang paling baik dan model yang bagus. Sebagai seorang wirausaha, Anda mungkin akan memeriksa barang yang dikembalikan, untuk mengetahui alasannya mengapa barang dikembalikan pelanggan. Anda mungkin menanyakan kepada pelanggan lama, mengapa mereka berhenti membeli dari toko Anda. Anda mungkin mempelajari iklan dari koran, majalah atau televisi, untuk mengetahui bagaimana mereka menjual produk.
Dari kegiatan-kegiatan tersebut di atas, sebenarnya Anda telah melakukan peneiitian. Penelitian pasar hanya membuat proses kegiatan tersebut menjadi lebih sistematis. Melalui penelitian pasar, Anda dapat membuat suatu kerangka yang memungkinkan Anda menilai arti informasi tentang pasar secara obyektif. Langkah-langkah dalam melakukan penelitian pasar adalah sebagai berikut :
Ø Merumuskan masalah
Ø Melakukan penelitian pendahuluan
Ø Merencanakan peneliti
Ø Menggunakan sumber daya Anda sendiri atau dari luar
Ø Mengolah dan menafsirkan data
Ø Membuat kesimpulan atau keputusan
Ø Menerapkan keputusan dan mengkaji ulang keputusan Anda.

Sumber:http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1944000-melakukan-penelitian-pasar/#ixzz1vOrJfsNw
Poskan Komentar