do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Minggu, 15 Mei 2011

Promosi




Agar barang yang kita produksi cepat dikenal, diketahui, dibutuhkan dan diminta oleh konsumen, maka seorang pengusaha harus segera melakukan usaha-usaha sebagai berikut. 
(1) Informasikan barang dan jasa yang dihasilkan itu kepada konsumen.
(2) Bujuk konsumen agar mau membeli barang dan jasa yang dihasilkan.
(3) Pengaruhi konsumen agar membeli barang dan jasa yang kita hasilkan.
Kegiatan-kegiatan di atas dapat dilakukan dengan periklanan dan promosi. Dengan demikian, promosi merupakan cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang akan ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli. Adapun fungsi promosi adalah:
(1) Menginformasikan;
(2) Membujuk;
(3) Mengingatkan; dan
(4) Mempengaruhi.
Melalui promosi, barang dan jasa mudah dikenal oleh konsumen.



Ada beberapa jenis promosi:
(1) Iklan, bisanya dilakukan melalui media cetak (surat kabar, majalah, buletin) dan media elektronika seperti TV, Radio, Internet dan lain sebagainya.
(2) Promosi penjualan, biasanya dilakukan melalui pameran dagang, kuis berhadiah, hiburan, dan kegiatan atau even lainya. 
(3) Wiraniaga, yaitu dengan mempromosikan langsung barang ke konsumen sasaran dengan membawa produk contoh.

(4) Pemasaran langsung, yaitu dengan langsung menghubungi konsumen.

(5) Humas, yaitu mempublikasikan barang-barang dan jasa melalui bilboard, pamlet, dan lain sebagainya. 



Barang dan jasa yang telah diperkenalkan dengan promosi tersebut perlu dipertahankan agar konsumen tetap membutuhkan. Oleh sebab itu, tugas wiraniaga adalah:
a. Mempertahankan pangsa pasar dan volume penjualan
b. Mengembangkan pangsa pasar dan volume penjualan.


Untuk mempertahankan dan mengembangkan pangsa pasar volume penjualan tentu saja seorang wirausaha perlu:

(a) Menghargai dan memperhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen.
(b) Menganalisis kelebihan dan kekurangan kemampuan pemasaran yang kita miliki maupun yang dimiliki pesaing.
(c) Mencari strategi lain untuk memasuki dan menguasai pangsa pasar.



Wirausaha dapat memilih alat promosi yang tersedia, tergantung pada kemapuan dana
dan jenis produk yang ditawarkan.



Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1947336-promosi/#ixzz1vOtAQkq3
Posting Komentar