do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 27 Mei 2011

Tips merebut hati pelanggan dalam berbisnis


Cara Merebut Hati Pelanggan Tanpa Banting Harga : Berkompetisi untuk mencari pelanggan dengan cara perang harga dengan kompetitor, merupakan hal yang sudah biasa di Dunia Bisnis , yang menjadi tantangan adalah, bagaimana caranya agar pembeli tetap menjadi pasar wirausaha Anda tanpa harus membanting harga. Berikut kiat bagaimana caranya merebut hati pelanggan tanpa harus Membanting Harga ; 

- Berikan pelayanan terbaik pada konsumen agar mereka menjadi pelanggan setia anda, 

Belajar dari bisnis yang sudah besar. Mereka ternyata memfokuskan pelayanan yang baik pada customer-nya. Itu yang membedakan dengan perusahaan atau bisnis lain yang serupa. 


- Promosi besar-besaran bukanlah jaminan banyaknya customer datang ke sebuah tempat usaha, Promosi hanya mengundang customer pertama kali saja, selanjutnya customer akan melakukan penilaian. Kalau pelayanannya tidak bagus, ya mereka akan pergi mencari tempat lain. Jadi promosi besar-besar akan percuma tanpa ada pelayanan yang baik. 

- Layaknya pepatah lama,pengelola usaha harus memperlakukan konsumen sebagai raja. Strategi jadikan konsumen raja' yaitu berhasil mengambil hati konsumen . Meski menetapkan harga lebih tinggi, tetapi tetap dibeli bahkan lebih lama dalam bisnisnya .

- wirausaha yang sukses adalah yang bisa mengambil hati konsumennya . Apalagi esensi bisnis adalah menciptakan konsumen, menjaga konsumen dan menciptaka. 


Berikut poin-poin yang harus dipuaskan oleh para pengelola usaha ; 
ada tujuh service bites yang harus dipenuhi. Diantaranya, akses, kompetensi, keramahtamahan, responsif, kecepatan dan keamanan.



- Akses misalnya, sebuah tempat usaha akan ditinggalkan jika sulit dijangkau oleh konsumen, baik dari letak fisik, telepon atau online. Tempatnya harus mudah dicari dan punya tempat parkir, kalau tidak akan susah. Telepon juga harus selalu bisa dihubungi, kalau tidak, konsumen jadi malas.


- Untuk kompetensi, karyawan di sebuah tempat usaha sudah seharusnya mengetahui info produk dan dapat menjelaskan pada konsumen. Kalau ditanya kenapa batiknya lebih mahal, jangan jawab tidak tahu. Pemilik tempat usaha harus men-training karyawannya untuk ini, 


- Tak hanya info produk, karyawan juga harus memiliki karakter yang ramah, responsif dan mampu memenuhi harapan konsumen. Selamat Mencoba Semoga bisa Menjadi Pengusaha yang Sukses tan haru banting harga.




Poskan Komentar