do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Sabtu, 02 November 2013

MAKALAH PENGEMBANGAN SEKOLAH


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah
Untuk mampu berperan dalam persaingan global yang semakin ketat, maka sebagai bangsa indonesia kita harus mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan agar dapat memberikan sumbangan dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia. Oleh karena itu, manajemen peningkatan mutu sumber daya manusia melalui peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terprogram, terarah, intensif, efektif, dan efisien dalam proses pencerdasan bangsa  
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, menegaskan peranan yang amat penting dan strategis dalam rangka upaya peningkatan mutu sumber daya manusia. Oleh karena itu perlu dilakukan manajemen peningkatan mutu pendidikan di dalam upaya pengembangan sekolah. Upaya pengembang ini meliputi 2 hal, yaitu kuantitas yang meliput penambahan pendirian sekolah baru beserta sarana dan prasarana tenaga kependidikan dalam jumlah yang cukup, sedangkan aspek kualitas meliputi peningkatan prestasi siswa dan peningkatan profesiolal tenaga guru  yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan secara keseluruhan.

B.   Rumusan Masalah
berdasarkan uraian pada latar belakang, maka permasalahan pokok dalam pembahasan karya tulis ini adalah “bagaimana manajemen peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah”?

C.   Tujuan Penulisan
tujuan penulisan karya tulis ini adalah mendeskrepsikan secara objektif dan akurat tentang :
a.    konsepsi manajemen peningkatam mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah.
b.    kerangka kerja manajemen peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah.

D.   Manfaat Penulisan
adapun manfaat yang diharapkan dari hasil kajian karya tulis ini adalah dapat bermanfaat bagi pemerintah, lembaga pendidikan (sekolah) dan masyarakat umum.
E.    Metode Penulisan
karya tulis ini di buat dengan menggunakan metode pustaka dan metode pengamatan lapangan.

F.    Sistematika Penulisan
karya tulis ini tersusun dalam empat bab yang terdiri dari :
a.    bab I. pendahuluan, yang berisi latar belakang, rumusan permasalahan, tujuan penulisan, manfaat penulisan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
b.    bab II. Kajian, teori dan analisis masalah yang membahas konsep mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah dan konsep manajemen peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah ke depan.
c.    bab III Pemecahan dan pembahasan masalah, yang menguraikan tentang konsepsi manajemen peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah, kerangka kerja manajemen peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah.
d.    Bab IV yang berisi kesimpulan dan saran.





















BAB II
KAJIAN TEORI DAN ANALISIS MASALAH

A.   Konsep Mutu Pendidikan Dalam Pengembangan Sekolah
secara umum konsep mutu mengandung pengertian derajat keunggulan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. dalam konteks pendidikan pengertian mutu pendidikan mengacu pada dua hal yaitu proses pendidikan dan hasil pendidikan. dalam proses pendidikan yang bermutu terbait berbagai hal sebagai input seperti bahan ajar, metodologi, sarana dan prasarana sekolah, dukung administrasi dan penciptaan suasana yang kondusif.
            adanya manajemen sekolah dan manajemen kelas dalam pengembangan sekolah berperan mensinergikan semua komponen dalam interaksi pembelajaran baik antar guru, siswa dan sarana pendukung di kelas maupun extra kurikuler dalam lingkup substansi akademis maupun non akademis dalam proses pembelajaran. sedangkan dalam konteks hasil mutu pendidikan dalam  pengembangan sekolah mengacu pada prestasi yang di capai oleh sekolah pada setiap kurun waktu satu tahun misalnya :  pada setiap akhir semester dan akhir tahun.
            prestasi yang di capai dalam pengembangan sekolah misalnya berupa hasil kemampuan akademis berupa hasil ulangan umum, EBTA atau EBTANAS, dan prestasi di bidang lain seperti cabang olahraga, seni atau keterampilan jasa tertentu seperti komputer dan berbagai jenis keterampilan jasa.
            berdasarkan uraian di atas, maka dapatlah disimpulkan bahwa dua hasil pendidikan yang bermutu di dalam pengembangan sekolah saling berhubungan erat. oleh karena itu agar proses yang baik dalam pengembangan sekolah tidak salah arah, maka mutu hasil pendidikan harus dirumuskan terlebih dahulu oleh sekolah. perumusan ini menunjukan target yang akan tercapai untuk satu tahun.

B.   Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Pengembangan Sekolah 1 Tahun Ke Depan
kenyataan menunjukan bahwa kebutuhan dunia pendidikan sangat beragam dan berfariasi seperti kebutuhan siswa  akan belajar, kebutuhan guru dan civita akademika dalam pengembangan diri dan profesionalisme. beragamnya  kebutuhan ini berdampak kepada keharusan untuk dapat merespon dan mengespresikan kondisi tersebut dalam proses pengembangan sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dapat dipergunakan berbagai pendekatan atau teori sebagai acuan dengan melibatkan berbagai kelompok masyarakat terutama yang mempunyai kepedulian terhadap peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, sekolah merupakan ujung tombak dalam proses pendidikan yang memberikan konsekuensi logis terhadap upaya peningkatan mutu di dalam pengembangan sekolah ke depan. berdasarkan pendekatan sekolah menjadi bagian utama dalam proses pembuatan keputusan, sedangkan masyarakat dituntut proaktif agar lebih memahami proses pendidikandan membantu mengontrol pengelolaan pendidikan dalam pengembangan sekolah.
            konsepsi tersebut melahirkan suatu fenomena baru dalam manjemen peningkatan mutu pendidikan dengan memberi kemandirian kepada sekolah sehingga dapat membawa ke arah perubahan cara berpikir yang bersifat rasional normatif dalam pengambilan keputusan berdasarkan sistem dan organisasi pendidikan di dalam merumuskan pengembangan sekolah dalam kurun waktu tertentu.

























BAB III
PEMECAHAN DAN PEMBAHASAN MASALAH

A.   Konsep manajemen peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah 1 tahun ke depan.
sekolah sebagai lembaga pendidikan formal berada pada posisi terdepan dalam proses pendidikan. oleh karena itu, sekolah harus menjadi bagian utama dalam proses pengambilan keputusan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. komponen masyarakat yang lain juga tidak kalah pentingnya untuk menopang / mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan dalam rangka pengembangan sekolah kedepan. dalam konteks ini peran Pemerintah Pusat hanya sebagai pendukung dalam hal penataan dan penentuan kerangka dasar kebijaksanaan bidang pendidikan. pemberian kepada kemandirian sekolah ini terjadi karena pihak pemerintah pusat menyadari akan kompleksnya masalah pengambilan keputusan dalam pendidikan sebagai suatu sistem.
      proses pemgambilan keputusan ini perlu memperhatikan berbagai faktor, yaitu :
1.    kebutuhan siswa untuk belajar yang berfariasi
2.    berbagai kebutuhan guru dan tenaga kependidikan lainya dalam pengembangan sekolah menuju profesionalitas.
3.    harapan masyarakat untuk mempeoleh pendidikan yang bermutu bagi peserta didik.
4.    menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.
5.    tuntutan dunia usaha untuk memperoleh tenaga yang bermutu
upaya peningkatan mutu menuju pengembangan sekolah, ini lebih menekankan kepada kemandirian dan aktifitas sekolah. karakter dari manajemen ditunjukan oleh hal-hal sebagai berikut :
1.    lingkungan sekolah yang aman dan tertib
2.    sekolah mempunyai visi, misi, dan target yang ingi di capai
3.    sekolah harus mempunyai kepemimpinan yang kuat
4.    adanya harapan yang tinggi dari personal sekolah ( kepala sekolah, guru, dan staf termaksud siswa) untuk berprestasi
5.    adanya pengembangan staf yang kontinyiu sesuai tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi.
6.    pelaksanaan evaluasi yang kontinyiu terhadap aspek akademik, administratif dan pemanfaatan hasilnya untuk penyempurnaan dan perbaikan mutu.
7.      adanya komunikasi dan dukungan inisiatif dari orang tua / masyarakat
dalam pelaksanaan konsep manajemen peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah ke depan, sekolah harus memiliki tanggung jawab untuk mengelola dirinya, terutama berkaitan dengan pengelolaan administrasi, keuangan dan fungsi setiap personal sekolah dalam rangka kebijakan yang dirumuskan pemerintah. selanjutnya sekolah bersama-sama dengan anggota masyarakat dalam membuat keputusan mengatur skala prioritas. selain itu, pihak sekolah harus menjadi lingkungan kerjanya lebih profesional, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pengajar.
selain itu, kepala sekolah harus terampil sebagai kordinator dari sejumlah orang yang ada di lingkunganya dari berbagai kelompok yang berbeda dalam masyarakat.



























BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.   Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan di atas maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :
a.    Ada penentuan kebijakan dalam peningkatan mutu pendidikan harus memperhatikan pemerataan dan perluasan kesempatan belajar bagi peserta didik dan penciptaan kondisi yang kondunsif, dan peningkatan relevansi pendidikan serta peningkatan evisiensi dan evektifitas pengelolaan pendidikan dalam pengembangan sekolah dalam kurun waktu tertentu.
b.    Misi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah dapat mengatur dirinya sendiri dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang selama ini di pandang kurang efektif meskipun tetap mengacu pada kebijakan sistem pendidikan nasional.
c.    Dalam pengimplementasian konsep peningkatan mutu pendidikan dalam pengembangan sekolah ke depan, sekolah harus mampu bertanggung jawab untuk dirinya sendiri bersama orang tua siswa dan masyarakat untuk merencanakan dan menyusun berbagai kegiatan baik jangka pendek maupun jangka panjang berdasarkan skala prioritas, termaksud pengalokasian anggaran pendidikan yang sasaranya adalah mutu pendidikan dalam pengembanga sekolah ke depan secara optimal
d.    Dalam pengembanga sekolah ke depan, sekolah harus dapat bekerja dengan memperhatikan rambu-rambu keberhasilan pencapaian mutu pendidikan sebagaimana yang telah di atur dalam undang-undang sistem pendidikan nasional
e.    Pengembangan sekolah dilaksanakan dengan berbagai strategi secara bertahap dengan memperhatikan dua  indikator penting yaitu kondisi alamiah total sumber daya yang tersedia dan prioritas untuk melaksanakan program. Kedua program tersebut sangat menentukan keberhasilan program pendidikan di setiap sekolah.








B.   Saran
Untuk menunjang pencapaian peningkatan  mutu dalam pengembangan sekolah satu tahun ke depan perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut :
a.    Perlu dilakukan penelitian / pengkajian yang akurat dan objektif tentang manajemen peningkatan mutu untuk pengembangan sekolah ke depan.
b.    Dalam pelaksanaan pengembangan sekolah ke depan perlu diadakan sosialisasi terhadap segenap lapisan masyarakat berkaintan dengan peningkatan mutu pendidikan guna menumbuhkan peran serta masyarakat.
c.    Dalam pengembangan sekolah ke depan, sekolah-sekolah ujung tombak dalam proses pendidikan perlu terus membangun dirinya sendiri dengan melibatkan masyarakat agar tercipta suasana belajar yang kondunsif sehingga tujuan yang hendak dicapai dapat terwujud.

























DAFTAR PUSTAKA

arikontu, S. 1987.Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Yogyakarta : Bina Aksara.
djaali. 1984. pengaruh kebiasaan belajar sikap dan kemampuan dasar. yogyakarta : usaha nasionaol.
nurkencana, w. 1989. evaluasi pendidikan. surabaya : usaha nasional.
silverius, sunke. 1991. Evaluasi hasil belajar dan unpan bali. jakarta : pt. grasindo
subiono ed. 1982. panduan evaluasi belajar untuk sekolah lanjutan umum. jakarta depdikbud
umeidi. 1999. panduan manajemen sekolah. jakarta : depdikbud
umeidi 1999. panduan pelaksanaan bantuan operasional manajemen mutu pendidikan. jakarta depdikbud

























KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas Limpahan Rahmat, Taufiq dan Hidayah-Nya jualah sehingga Karya Tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu. Dalam penyelesaian ini penulis banyak mengalami keterbatasan, oleh karena itu penulis inipun masih jauh dari kesempurnaan sehingga masukan dan saran dari kalangan pembaca sangat di harapkan demi kesempurnaanya. Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ini dapat mermanfaat bagi semua pihak khususnya yang berkecimbung dalam dunia pendidikan sehingga dapat memberikan kontribusi bagi upaya peningkatan mutu pendidikan.





Raha,    Juni   2013



                                                                                                                    Penyusun

















DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR...........................................................................................................i
DAFTAR ISI.......................................................................................................................ii

BAB I PENDAHULUAN.....................................................................................................1
A.    Latar Belakang Masalah........................................................................................1
B.    Rumusan Masalah.................................................................................................1
C.   Tujuan Penulisan ..................................................................................................1
D.   Manfaat Penulisan.................................................................................................1
E.    Metode Penulisan..................................................................................................2
F.    Sistematika Penulisan............................................................................................2

BAB II KAJIAN TEORI DAN ANALISA MASALAH............................................................3
A.    Konsep Mutu Pendidikan Dan Pengembangan.....................................................3
B.    Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan..............................................3

BAB III UPAYA PEMECAHAN DAN PEMBAHASAN MASALAH....................................5
A.    Konsep Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan..............................................5

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN..................................................................................7
A.    Kesimpulan..............................................................................................................7
B.    Saran......................................................................................................................8


DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................9
Poskan Komentar