do-not-copy { -webkit-user-select:none; -khtml-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; user-select:none;

Jumat, 01 November 2013

pemanfaatan komputer

Tanpa kita sadari selama ini, Komputer ternyata banyak sekali berperan dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Hal ini berlaku ditiap negara, baik itu yang sudah maju dan sedang berkembang termasuk Indonesia. Selain penemuan komputer ada juga penemuan tekhnologi lainnya yang sudah mapan seperti yang pernah kita lihat atau kita alami yaitu kereta api, mobil, pesawat udara dan lain sebagainya. Dari hal semua tekhnologi yang disebutkan ada perbedaan antara komputer dengan produk yang lainnya yaitu kemampuannya untuk bisa diprogram yang berfungsi membantu menyelesaikan tugas dari user atau masyarakat umumnya dengan kecepatan yang tinggi dan ketelitian yang tepat. Selain itu hal yang mebedakan juga karena komputer itu sendiri perkembangannya sangat cepat, dalam hal ini komputer susah untuk disaingi oleh produk lainnya. Bermula dari komputer yang berukuran yang sangat besar puluhan meter kubik dan berat puluhan ton. Sampai menjadi ukuran yang sangat kecil yang memudahkan dalam pemakaiannya. Perkembangan tersebut hanya memerlukan waktu yang singkat, dibandingkan dengan produk lainnya.

     Komputer pada zaman sekarang ini banyak digunakan disekolah, kantor ataupun dirumah. Komputer sering dipergunakan sebagai alat bantu dalam mengolah berbagai jenis data yang berbagai macam jenis keperluannya. Sebagai contoh yang sederhana disekolah komputer digunakan sebagai pengolahan nilai para siswa-siswi untuk membuat daftar nilai. Selain itu komputer juga dipergunakan untuk mencetak kuitansi tagiah listrik, kartu kredit dan lain sebagainya. Pada dasarnya komputer dipergunakan untuk menyimpan, mengolah, mengambil kembali data atau informasi.

Pemanfaatan komputer dalam segala bidang sangat membantu dalam hal berikut ini :
1. Penyiapan surat-menyurat dan arsip yang diperlukan diperkantoran.
2. Pemanfaatan diperpustakaan untuk mempermudah menelusuri indeks subjek dan indeks pengarang.
3. Pemanfaatan dirumah sakit juga semakin berkembang ( layanan administratif).
4. Pemsanan tiket pesawat terbang.
5. Didunia industri berfungsi pengendali proses prodiksi memanfaatkan kemampuan dan ketelitian yang sangat tinggi.
6. Pemanfaatan dalam cek in atau cek out hotel.
7. Didunia broadcasting digunakan untuk mengedit film, suara, dsb.
8. Dapat membuat animasi.
9. Pemanfaatan dibidang pendidikan untuk mengerjakan tugas sekolah, kampus 10. Administrasi negara seperti administrasi data kepegawaian, administrasi data kependudukan, pembuatan KTP, SIM dan lain sebagainya.

      
Kenyataan ini menunjukkan bahwa komputer mulai diterima dimasyarakat, dinegara berkembang seperti Indonesia beberapa lapisan masyarakat tertentu sudah merasakan manfaat dari komputer sedangakan beberapa lapisan masyarakat belum mengenali komputer. Namun keadaan ini akan berubah secara bertahap, cepat ataupun lambat. Adalah tidak bijkasana bila lapisan masyarakat yang seolah terancam dengan masukknya komputer didalam suatu lapisan masyarakat, sebab peran komputer pada akhirnya akan ditentukan oleh masyarakat itu sendiri.

Poskan Komentar