Bagaimanapun bisnis yang anda jalankan sangat bergantung pada pelanggan(Customer). Dan setiap
pelanggan memiliki karakteristik dan keinginan yang berbeda-beda. Ada pelanggan
yang mudah diajak berkompromi dan bekerjasama dan ada pelanggan yang “sulit” dalam
hal pelayanan. Namun demikian sebagai pengelola bisnis kepuasan pelanggan adalah
yang utama.
Hal utama dan terpenting dalam mengatasi masalah pelanggan yang “sulit”
adalah memikirkan bahwa pelanggan anda “tidak sulit”. Biasanya pelanggan
menjadi sulit karena layanan yang anda berikan tidak sesuai dengan yang mereka
inginkan dalam persepsi mereka. Maka singkirkan terlebih dahulu anggapan bahwa
kita benar dan mulailah memperbaiki service kepada
pelanggan dengan melakukan langkah-langkah berikut:
1. Dengarkan kata-kata mereka, fikirkan dan amati secara cermat
situasinya
2. Berikan pertanyaan secara mendalam untuk lebih memahami yang
dimaksudkan oleh pelanggan.
3. Segera pikirkan Solusi yang bisa menjembatani kesenjangan antara
harapan dan kenyataan.
4. Perhitungkan Langkah-langkah berikutnya.
5. Jangan Lupa berterimakasih kepada pelanggan setelah semua masalah
terselesaikan.
Mengatasi masalah pelanggan yang sulit pada dasarnya memerlukan
kemampuan kita untuk mendengarkan dan memahami apa yang dikeluhkan. Tidak ada
pelanggan yang ingin mempersulit diri, masalah komunikasi menjadi faktor
penting dalam hal ini.(Galeriukm).
Sumber:
http://www.carolroth.com/unsolicited-business-advice/?p=5215
Tidak ada komentar:
Posting Komentar