Rencana Pemasaran adalah ibarat sebuah peta jalan. rencana pemasaran Anda
menguraikan tindakan spesifik yang akan Anda ambil untuk pasar produk atau
layanan pelanggan potensial. Tindakan ini bekerja untuk mengajak para pelanggan
potensial untuk membeli produk atau jasa yang anda miliki.
Membuat rencana
pemasaran tidak perlu panjang dan tidak perlu biaya
banyak untuk menyelesaikannya. Rencana Pemasaran dapat menjadi bagian dari
rencana bisnis Anda secara keseluruhan . Jika Anda menganggapnya sebagai “peta
jalan” Anda yang akan memberikan petunjuk rinci tentang cara untuk mencapai
tujuan pemasaran Anda.
Dalam membuat rencana pemasaran sangat
penting untuk melakukan penelitian sebelum memutuskan rencana pemasaran yang
akan dilaksanakan. Sebuah rencana pemasaran yang menyeluruh dan detail tenntang
apa yang ingin Anda capai akan membantu dalam mencapai tujuan Anda.
Sebuah rencana
pemasaran akan mencapai tujuan sebagai berikut:
- Memungkinkan perusahaan untuk melihat secara internal dalam rangka untuk memahami dampak dan hasil keputusan pemasaran masa lalu.
- Melengkapi perusahaan untuk melihat eksternal dalam rangka untuk memahami pasar bahwa target dan kompetisi di ruang tersebut.
- Menetapkan tujuan masa depan dan memberikan arahan untuk inisiatif pemasaran mendatang.
Cakupan yang ada
pada Rencana Pemasaran
1. Ringkasan dan
Pendahuluan
Ringkasan dan pengenalan adalah gambaran
singkat dari pokok-pokok rencana. Ini harus menjadi sinopsis dari apa yang Anda
lakukan, apa yang Anda rencanakan untuk lakukan, dan bagaimana Anda akan ke
sana.
2. Tujuan Pemasaran
Bagian ini akan mendefinisikan tujuan
pemasaran Anda. Tujuan ini harus didasarkan pada pemahaman Anda kekuatan dan
kelemahan, dan lingkungan bisnis di mana Anda beroperasi masuk Mereka juga
harus dikaitkan dengan strategi bisnis Anda secara keseluruhan. Ini tidak biasa
dan sering bermanfaat untuk fokus pada segmen sasaran spesifik yang Anda akan
pemasaran.
3. Analisis Situasi
rincian analisis situasi Anda konteks untuk
upaya pemasaran Anda. Dalam bagian ini anda akan melihat dari dekat faktor
internal dan eksternal yang akan mempengaruhi strategi pemasaran Anda, ini
disebut analisis SWOT. Analisis SWOT menggabungkan analisis eksternal dan internal
untuk meringkas Anda Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.
4.Target Pasar
Konsep pasar target adalah salah satu yang
paling dasar, namun aspek yang paling penting dari pemasaran. Tidak ada hal
seperti “satu pesan” cocok untuk semua pesan pemasaran. Tidak realistis untuk
berpikir bahwa Anda dapat menarik semua orang. Menentukan target pasar atau
segmentasi pasar Anda membantu Anda menentukan tempat untuk mengikat sumber
daya dan apa jenis metode promosi dan pesan untuk digunakan.
5.Strategi
Strategi adalah langkah-langkah tindakan yang
detail bagaimana variabel pemasaran produk, tempat harga, dan promosi digunakan
untuk mencapai tujuan rencana dan strategi pemasaran secara keseluruhan.
6.Pelacakan dan
Evaluasi
Bagian dari rencana Anda harus mencakup
rencana dan prosedur untuk menelusuri setiap jenis kegiatan pemasaran yang Anda
gunakan. Pelacakan membantu memantau efektivitas setiap kegiatan pemasaran dan
terutama membantu dengan evaluasi program secara keseluruhan. Jika Anda tidak
melacak Anda tidak pemasaran.(Galeriukm).
Sumber:
about.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar