Suatu hal yang dapat membantu Anda dalam menilai
peluang pasar adalah informasi. Informasi yang lengkap dan akurat dapat
membantu Anda dalam pengambilan keputusan, adalah :
a) menemukan pasar yang menguntungkan.
b) memilih produk atau jasa yang dapat dijual.
c) menentukan perubahan dalam perilaku konsumen.
d) meningkatkan teknik-teknik pemasaran.
e) merencanakan sasaran yang realistik.
f) meramalkan untuk masa yang akan datang.
Wirausaha kadang-kadang membuat kesalahan dalam
usahanya karena sering mengambil keputusan berdasarkan perasaan dan pendapatnya
sendiri. Sebagai seorang wirausaha, Anda harus dapat mengambil keputusan
berdasarkan atas informasi terbaik yang dikumpulkan. Informasi pasar akan
membantu untuk menemukan pasar baru yang dapat dimasuki dan menemukan pelanggan
baru dalam pasar yang ada sekarang serta mengetahui produk-produk baru yang
mempunyai potensi untuk dikembangkan pada masa yang akan datang.
Melalui informasi pasar Anda harus dapat
mengetahui alas an dari kesuksesan atau kegagalan usaha yang ada sekarang. Oleh
karena itu, mengumpulkan informasi pasar untuk menemukan jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan berikut akan dapat membantu seorang wirausaha menjadi
lebih berhasil.
a) Produk/jasa apa yang merupakan kebutuhan
sekarang dan
potensial dari pelanggan/calon pelanggan Anda ?
b) Pasar-pasar tambahan mana yang dapat dimasuki
wirausaha yang baru ?
c) Karakteristik khusus apa yang dapat Anda
diamati dari pelanggan ?
Misalnya jenis kelamin, umur, pekerjaan,
pendapatan, status sosial, letak tempat tinggal dll.
Apakah produk/jasa anda mempunyai
keunikan/keistimewaan dibandingkan dengan produk/jasa serupa yang dibuat oleh
orang lain/pesaing ?
Dengan memperhatikan hal tersebut di atas,
wirausaha dapat belajar banyak tentang pelanggan mengenai bagaimana mereka
berpakaian ? Berapa umurnya ? Bagaimana status pernikahan mereka ? Berapa yang
mempunyai anak ? Apa hobi mereka ?
Bagaimana tingkat status sosial mereka ? Serta
apa kebudayaan mereka ? Pertanyaan-pernyataan ini dapat meningkatkan kepekaan
wirausaha tentang pelanggan mereka. Simpanlah catatan itu selama seminggu dan
dari kunci-kunci yang sederhana ini, pelajarilah apa yang akan dapat anda
ketahui tentang pelanggan anda! Informasi pasar juga merupakan seni, karena
berkaitan dengan sikap orang yang selalu berubah-ubah. Dengan cara mengumpulkan
data pemasaran secara teratur dan obyektif, anda akan mampu mengetahui lebih
banyak dan lebih baik tentang pasar-pasar anda.
Bagaimanapun besar atau kecinya usaha anda,
tetap ada kebutuhan untuk menentukan sikap, pendapatan dan kepercayaan dari
pelanggan anda.
Selain itu, informasi pasar juga menyediakan
data yang dibutuhkan pada waktunya untuk :
a) Mengurangi risiko usaha.
b) Mengurangi persoalan dan masalah potensial
pada usaha anda saat ini.
c) Mengenal peluang pasar yang baru.
d) Memperoleh informasi dan fakta tentang usaha
untuk dimanfaatkan dalam membuat keputusan dan rencana tindak yang lebih
realistis.
Sumber:http://id.shvoong.com/business-management/entrepreneurship/1944002-menilai-peluang-pasar/#ixzz1vP04Qd2p
Tidak ada komentar:
Posting Komentar